Advertorial

Dear Wisatawan, Ini 10 Alasan Kamu Harus Berlibur ke Australia Barat

Kompas.com - 14/06/2023, 13:57 WIB

KOMPAS.com - Australia Barat dapat menjadi pilihan destinasi bila kamu hendak berlibur ke Australia. Australia Barat memiliki sejumlah kelebihan, mulai dari kontur alam yang unik, fauna yang khas, hingga cuaca yang hangat.

Untuk bentang alam, Australia Barat memiliki pantai-pantai yang memesona hingga padang gurun yang eksotis. Tak hanya keindahan alam, kamu juga dapat menikmati warisan sejarah yang kaya di museum serta situs arkeologi. Di sana, kamu bisa belajar tentang sejarah dan kehidupan hewan-hewan asli Australia.

Sebagai gambaran, berikut adalah 10 alasan kamu harus berwisata ke Australia Barat.

  1. Pantai-pantai yang memukau

Bagi penyuka wisata pantai, Australia Barat merupakan salah satu destinasi wisata yang direkomendasikan. Pasalnya, kawasan ini memiliki sejumlah pantai indah serta keberagaman satwa air. Di Perth, misalnya, terdapat banyak pantai yang cocok untuk bersantai, seperti Cottesloe dan Scarborough.

Tak hanya di Perth, keindahan pantai di Australia Barat juga dapat ditemui di sekitar Ningaloo Reef. Kawasan ini menawarkan panorama bawah laut yang menakjubkan dengan terumbu karang yang berwarna-warni dan kehidupan laut yang kaya. Kamu dapat melakukan snorkelingatau menyelam untuk menjelajahi keajaiban bawah laut yang menakjubkan.

  1. Bermain bersama hewan liar

Tak hanya pemandangan laut yang indah, Australia Barat juga menawarkan pengalaman berinteraksi dengan hewan liar. Wisatawan dapat bersnorkeling untuk melihat dari dekat paus bungkuk, paus biru, serta paus sikat bermigrasi ke Antartika di Ningaloo Reef.

Kamu juga bisa berenang bersama lumba-lumba di habitat alami mereka di Rockingham. Di sana, wisatawan dapat mengikuti tur khusus untuk memberi lumba-lumba makan atau menikmati kegiatan mereka dari kapal.

  1. Langit yang cerah

Australia Barat memiliki langit yang cerah karena minim polusi. Hal ini membuat negara bagian ini menjadi lokasi ideal untuk mengamati bintang, planet, serta obyek langit lain. Maka tak heran, kawasan ini cocok untuk penggemar astronomi dan wisatawan yang ingin menikmati keindahan langit.

Di Australia Barat, wisatawan dapat mengunjungi tempat observasi bintang yang terkenal, seperti The Pinnacles, Exmouth, dan Perth Hills. Kamu juga bisa menikmati fenomena astronomi yang menakjubkan, seperti Southern Lights atau Aurora Australis yang terjadi di langit selatan Australia.

  1. Pulau tanpa polusi

Bila mencari tempat wisata tanpa polusi, Pulau Rottnest cocok dijadikan pilihan. Di sini, wisatawan dapat menikmati pemandangan alam yang indah serta bebas polusi serta kebisingan dari kendaraan bermotor.

Hewan khas Pulau Rottnest Quokka. DOK. Dwidaya Tour Hewan khas Pulau Rottnest Quokka.

Pulau Rottnest sendiri dikenal dengan pantai-pantainya yang indah, perairan yang jernih, dan pemandangan alam yang menakjubkan. Kamu bisa menikmati pemandangan pantai berpasir putih, tebing batu karang yang dramatis, serta air laut yang transparan tanpa gangguan polusi visual.

Pulau tersebut juga menjadi satu-satunya habitat hewan khas Australia, Quokka. Untuk mengunjungi Pulau Rottnest, kamu bisa naik feri dari Fremantle dengan waktu 25 menit.

  1. Matahari terbenam yang indah

Australia Barat terkenal dengan pemandangan matahari terbenam yang indah dan menakjubkan. Dengan pantai dan batu karang yang indah, wisatawan dapat menyaksikan pemandangan sunset yang dramatis.

Dua spot terbaik untuk menikmati matahari terbenam di Australia Barat adalah Sunset Coast di sekitar Perth dan kota pelabuhan Fremantle. Di tempat itu, wisatawan dapat menikmati pemandangan matahari terbenam yang indah dan spektakuler.

  1. Banyak festival unik

Tak hanya menawarkan keindahan alam, Australia Barat juga memiliki berbagai festival unik yang wajib dihadiri. Bila menyukai festival seni, kamu tidak boleh melewatkan Perth Festival. Di festival seni tahunan terbesar di Australia Barat ini, wisatawan dapat menikmati pertunjukan musik, teater, tari, serta seni visual. Festival ini berlangsung pada Februari hingga Maret.

Jika menyukai kuliner, kamu wajib menghadiri festival Margaret River Gourmet Escape. Margaret River sendiri memang sudah terkenal dengan anggur dan makanan berkualitas tinggi.

Di festival tersebut, kamu bisa menikmati acara memasak, mencicip makanan dan anggur, serta melihat pertunjukan hidangan lezat. Acara ini kerap dihadiri koki terkenal dan penikmat kuliner dari seluruh dunia.

  1. Road trip

Sedang mencari pengalaman berlibur yang tak terlupakan di Australia Barat? Kamu bisa melakukan road trip atau dari kawasan pusat kota ke daerah terpencil dengan mobil. Sebagai permulaan, kamu bisa mencoba rute Perth–Kalbarri.

Pemandangan yang udah pantai di Australia Barat. DOK. Dwidaya Tour Pemandangan yang udah pantai di Australia Barat.

Rute tersebut akan membawa kamu ke pesisir utara Australia Barat. Sepanjang perjalanan, kamu dapat melihat pemandangan tebing yang menjulang tinggi, pantai-pantai berpasir putih, dan sungai-sungai yang memikat. Setibanya di Kalbarri, kamu bisa menjelajahi Kalbarri National Park. Taman nasional ini menawarkan pemandangan alam yang menakjubkan, seperti The Loop, Nature's Window, dan Pink Lake.

  1. Tak perlu mengantre

Berbeda dengan destinasi wisata lain, Australia Barat masih memiliki spot wisata indah yang belum banyak dikunjungi oleh terus. Dengan demikian, wisatawan dapat menikmati keindahan alam dan landmark dengan lebih tenang serta bebas dari kerumunan.

Salah satu destinasi tersebut adalah di The Gap, Albany. The Gap merupakan formasi tebing dramatis yang menawarkan pemandangan laut indah di Albany. Di sini, kamu dapat berjalan di atas jembatan kayu yang menghadap jurang dan mengambil foto indah tanpa harus menunggu antrean.

  1. Kuliner kebun anggur

Jika menyukai produk olahan anggur, wisatawan dapat berkunjung ke Swan Valley dan Margaret River. Kedua tempat ini dikenal sebagai penghasil anggur terbaik.

Kedua spot tersebut juga memiliki sejumlah restoran dengan koki terbaik. Hidangan makanan di sini disajikan bersama minuman olahan anggur. Karena keunggulan tersebut, Swan Valley dan Margaret River kerap menjadi lokasi festival kuliner.

  1. Perth yang menyenangkan

Sebagai ibu kota Australia Barat, Perth dapat menjadi tujuan wisata yang menyenangkan bagi wisatawan. Kota ini memiliki sistem transportasi umum yang baik dan terintegrasi. Dengan demikian, wisatawan dapat menjelajahi kota dengan mudah.

Jika ingin menikmati suasana kota pantai yang cantik sekaligus modern, wisatawan dapat berkunjung ke Elizabeth Quay. Kafe-kafe tepi pantai di kawasan ini berpadu dengan beragam food truck yang menyajikan berbagai jajanan jalanan internasional, seperti craft beer.

Selain Elizabeth Quay, kawasan di sekitar Sungai Swan di bagian timur Perth juga menawarkan banyak tempat untuk bersantap sambil menikmati suasana kota.

Itulah 10 alasan kamu harus berwisata ke Australia Barat. Kamu bisa temukan harga tiket pesawat dan akomodasi selama di Australia Barat dengan harga terbaik hanya di Dwidayatour.

Selama lebih dari 55 tahun, Dwidayatour telah mengakomodasi berbagai kebutuhan tiket pesawat, paket tour hemat, dan hotel ke berbagai tujuan wisata di dunia. Untuk informasi lebih lengkap, kamu dapat mengunjungi laman Dwidayatour.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com