Advertorial

Lewat Aplikasi BRImo, BRI Perkuat Layanan Transaksi Valas bagi Nasabah

Kompas.com - 15/06/2023, 14:19 WIB

KOMPAS.com - Kondisi ekonomi global yang masih diliputi ketidakpastian berpengaruh pada stabilitas nilai tukar mata uang asing. Hal ini menjadi tantangan tersendiri bagi masyarakat yang memerlukan dana untuk berkegiatan di luar negeri ataupun transaksi lain dengan menggunakan mata uang asing.

Di sisi lain, tabungan valuta asing (valas) bisa menjadi salah satu solusi untuk mengantisipasi kondisi kurs yang fluktuatif. Terutama, bagi nasabah yang memiliki kebutuhan untuk melakukan transaksi valas lintas negara.

Merespons hal tersebut, PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BRI) ingin mengakomodasi kebutuhan nasabah untuk bertransaksi valas, baik untuk keperluan transaksi ekspor-impor, persiapan dana keperluan traveling, maupun pendidikan ke luar negeri.

Mulai kini, fasilitas ekosistem layanan valas lengkap bisa didapatkan secara mudah lewat aplikasi SuperAppsmilik bank BRI, yakni BRImo.

Cukup dengan mengakses BRImo, nasabah dapat memanfaatkan sejumlah fitur layanan valas yang terdiri dari Fitur Buka Rekening BRItama Valas, Fitur Konversi Valas untuk jual beli valas, serta Fitur Transfer Internasional untuk pengiriman dana valas ke berbagai negara di seluruh dunia.

Selain itu, melalui tabungan valas, nasabah juga dapat memiliki instrumen investasi alternatif dengan memanfaatkan naik turunnya nilai tukar mata uang asing.

Direktur Jaringan dan Layanan BRI Andrijanto mengatakan, BRI mengedepankan customer experience yang difasilitasi secara terpadu dalam setiap layanan. Salah satunya, dengan memberikan fasilitas one-stop service melalui berbagai fitur pada BRImo.

Hal itu dilakukan agar nasabah dapat mendapatkan layanan optimal sesuai kebutuhan mereka.

“lewat kehadiran BRImo, BRI semakin fokus dalam menjaga availability dan reliability sehingga nasabah tetap nyaman bertransaksi melalui BRImo,” ujar Andrijanto dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Kamis (15/6/2023).

Lebih lanjut, Andrijanto menambahkan, BRImo juga terus melakukan update, baik dari sisi infrastruktur maupun arsitektur informasi teknologi (IT).

“Hal tersebut dilakukan BRI agar BRImo dapat terus mengakomodasi kebutuhan pertumbuhan transaksi nasabah,” tambahnya.

Edukasi layanan transaksi valas

Guna mengedukasi masyarakat terkait layanan transaksi valas, lanjut Andrijanto, BRI menyelenggarakan talkshow bertajuk “Mudah Transaksi Valas Bersama BRImo” melalui kanal YouTube BRI pada Rabu (14/6/2023).

Tujuannya, untuk menginformasikan sejumlah manfaat yang bisa didapatkan nasabah saat bertransaksi valas melalui aplikasi BRImo.

“BRI akan terus memperluas jaringannya di seluruh dunia dengan tujuan membuka akses sekaligus menghadirkan inovasi-inovasi baru bagi nasabah untuk mendapatkan layanan finansial terbaik,” kata Andrijanto.

Secara kinerja, imbuh Andrijanto, layanan transaksi valas di BRImo tumbuh positif sampai Mei 2023. Hal ini ditandai dengan peningkatan volume transfer antarnegara melalui BRImo sebesar 167 persen. Demikian pula dari sisi volume, konversi valas meningkat sebesar 229,88 persen dibandingkan 2022.

Untuk memenuhi kebutuhan transaksi valas nasabah, BRImo menawarkan sejumlah manfaat.

Pertama, nasabah memiliki akses pembukaan rekening valas untuk 10 jenis mata uang pilihan, yakni dollar Amerika Serikat (USD), Euro (EUR), Yuang Tiongkok (CNY), dollar Australia (AUD), dollar Singapura (SGD), Dirham Uni Emirat Arab (AED), poundsterling (GBP), yen (JPY), dollar Hong Kong (HKD), dan riyal (SAR).

Adapun Fitur Buka Rekening Valas memudahkan nasabah membuka rekening untuk melindungi aset valas yang dimilikinya dari dampak depresiasi nilai mata uang.

Kedua, fitur Konversi Valas untuk top-up saldo rekening valas. Fitur ini memudahkan nasabah untuk melakukan jual-beli valas secara real-time dengan menawarkan nilai exchange rate yang kompetitif (BRImo Rate). Bahkan, nasabah dapat melakukan transaksi minimum Rp 200.000.

Ketiga, transfer valas lintas negara juga bisa dilakukan melalui fitur Transfer Internasional. Fitur ini menawarkan layanan transfer dengan tujuan ke lebih dari 100 mata uang asing dilengkapi dengan beberapa opsi jalur pengiriman yang disesuaikan untuk kebutuhan nasabah.

Guna mewujudkan inovasi tersebut, BRI menjalin kerja sama dengan berbagai top foreign bank dan global money service businesses di berbagai negara untuk memudahkan nasabah dalam melakukan transaksi lintas negara.

Melalui layanan terbaru Fitur Transfer Internasional, kini nasabah dapat melakukan transfer uang dengan beberapa metode alternatif, yaitu transfer ke rekening bank di berbagai negara, transfer ke berbagai dompet digital di negara lain, serta pengiriman dengan metode penerimaan secara tunai.

Tak hanya itu, kini, penerima dana (beneficiary) di negara lain dapat mengambil dana kiriman secara tunai tanpa perlu memiliki rekening bank. Penerima hanya perlu mengunjungi gerai milik mitra kerja sama BRI yang tersebar di berbagai negara untuk memproses pencairan tunai.

Dengan beragam inovasi yang dilakukan, BRImo telah digunakan oleh lebih dari 27,2 juta pengguna. Sampai dengan Mei 2023, jumlah transaksi finansial yang dibukukan BRI mencapai 1,1 miliar transaksi, meningkat 87,76 persen dibandingkan dengan periode sama pada 2022.

Sejalan dengan itu, nilai transaksi juga tembus Rp 1.547 triliun dengan peningkatan 76,3 persen year on year (yoy).

Untuk diketahui, BRImo saat ini telah memiliki lebih dari 100 fitur dan terhubung dengan berbagai aggregator atau biller terbaik.

Selain itu, BRI juga memberikan killer features yang tentunya akan memberikan kemudahan dan kenyamanan nasabah dalam bertransaksi.

“BRI terus mengembangkan BRImo dengan menyiapkan beragam fitur menarik yang mengedepankan pada ecosystem transaction di dalam BRImo,” kata Andrijanto.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com