Advertorial

Komitmen Wujudkan Kehidupan Berkelanjutan, ASDP Salurkan Bantuan Motor Gerobak dan Komposter Sampah

Kompas.com - 15/06/2023, 14:23 WIB

KOMPAS.com - PT Angkutan Sungai, Danau, dan Penyeberangan Indonesia Ferry (Persero) atau ASDP menyalurkan bantuan berupa satu unit motor gerobak sampah dan 18 unit komposter ke sekitar lingkungan kantor pusat perseroan.

Kegiatan yang merupakan bagian dari program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) itu dilakukan dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup yang jatuh setiap 5 Juni dan menyambut Hari Ulang Tahun ke-496 DKI Jakarta pada 23 Juni 2023.

Corporate Secretary PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Shelvy Arifin mengatakan, pihaknya senantiasa konsisten dalam mendukung penanganan sampah. Kegiatan itu pun menjadi bentuk komitmen perseroan dalam mewujudkan kehidupan yang berkelanjutan. 

“ASDP akan terus berusaha menjadi bagian dari perusahaan yang berkomitmen kuat terhadap lingkungan berkelanjutan. Tidak hanya lewat pengoperasian kapal berbasis green shipping, upaya ini juga kami wujudkan lewat lingkungan masyarakat sekitar perkantoran ASDP. Sebab, hal besar selalu dimulai dari hal-hal kecil di sekitar kita,” ujar Shelvy dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Kamis (15/6/2023).

Selain itu, Shelvy melanjutkan, permasalahan sampah bukan hanya menjadi tanggung jawab pemerintah dan instansi terkait, melainkan juga masyarakat. Hal ini pun sudah diatur dalam Peraturan Gubernur (Pergub) Provinsi Daerah Khusus Ibukota Jakarta Nomor 77 Tahun 2020 tentang Pengelolaan Sampah Lingkup Rukun Warga.

Adapun pergub itu berbunyi, partisipasi aktif masyarakat diperlukan dalam pengolahan sampah di sumber untuk mencapai target pengurangan dan penanganan sampah rumah tangga dan sampah sejenis sampah rumah tangga.

"Karenanya, kami berkomitmen dalam penanganan sampah sejak dari sumbernya. Kami berharap, dalam menjalankan upaya kebersihan dan kelestarian lingkungan ini, kami dapat bersinergi dengan masyarakat setempat," ujar Shelvy.

Adapun dalam pendistribusian 18 unit komposter, ASDP bekerja sama dengan warga Rukun Warga (RW) 02, Kelurahan Cempaka Putih Timur, Jakarta Pusat. Bantuan kemudian diserahkan untuk masing-masing RT di RW tersebut.

Motor gerobak sampah pemberian ASDP. Dok. ASDP Motor gerobak sampah pemberian ASDP.

Ketua RW 02 Cempaka Putih Timur Panji Purboyo mengapresiasi ASDP atas pemberian bantuan perlengkapan pengelolaan sampah.

Ia berharap, lewat pemberian bantuan itu, akan timbul hubungan timbal balik di antara kedua pihak.

“ASDP memberikan bantuan untuk kemaslahatan masyarakat. Kami, warga RW 02, turut menjaga keamanan dan ketertiban lingkungan sekitar kantor ASDP,” ucapnya.

Terkait penanganan sampah, ASDP juga telah bekerja sama dengan Plastic Pay melalui pengadaan mesin reverse vending machine (RVM) botol plastik di sejumlah lokasi kantor dan pelabuhan.

Sejak 1 Januari hingga 14 Juni 2023, telah terkumpul 253,09 kg sampah botol plastik. Upaya ini pun berhasil mengurangi 933.846 gram jejak karbon.

Secara bertahap, ASDP akan memperluas upaya penanganan sampah melalui kerja sama dengan berbagai pihak. Kemudian, melalui program TJSL, perseroan akan terus menerapkan nilai-nilai keberlanjutan dalam setiap kegiatan operasi dan usahanya guna membantu penanganan dampak emisi karbon dan sampah, serta menjaga kelestarian hayati dan penghijauan.

Saat ini, salah satu permasalahan yang menjadi perhatian dunia adalah keberadaan sampah plastik di laut yang mengancam ekosistem laut.

Dikutip dari National Geographic, pada 2040, jumlah akumulasi sampah plastik di lautan diperkirakan mencapai 600 juta ton. Apabila tidak ditangani dengan serius, masalah ini bakal berdampak pada kerusakan ekosistem laut.

Selain itu, sampah plastik juga akan memengaruhi siklus rantai makanan sehingga menimbulkan dampak sangat buruk pada kesehatan manusia dan ekosistem lainnya.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com