Advertorial

Lebarkan Sayap di Indonesia Timur, Spindo Buka Depo Baru di Makassar

Kompas.com - 16/06/2023, 08:59 WIB

MAKASSAR, KOMPAS.com - PT Steel Pipe Industry of Indonesia Tbk atau Spindo menggelar grand opening Depo Spindo Makassar di Jalan Insinyur Sutami, Kelurahan Parangloe, Kecamatan Tamalanrea, Kota Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel) Kamis (15/6/2023).

Acara tersebut dihadiri langsung oleh Vice President Spindo Tedja Sukmana Hudianto serta beberapa tamu undangan.

Tedja mengatakan, kehadiran Depo Spindo Makassar bertujuan untuk lebih mendekatkan diri dengan para konsumen yang ada di wilayah Indonesia Timur, khususnya di Makassar dan sekitarnya.

"Intinya kita mau lebih mendekatkan diri dengan konsumen, baik konsumen besar maupun menengah dan kecil. Kami juga mau memperkuat branding (perusahaan)," ucapnya.

Selain itu, kata Tedja, kehadiran Depo Spindo Makassar juga bertujuan agar para konsumen lebih mengetahui kelebihan produk-produk Spindo. Dengan begitu, mereka bisa lebih yakin dalam membeli produk Spindo.

"Kadang konsumen tidak terlalu paham mengenai pipa sehingga dengan keberadaan kami di sini, mereka bisa berkunjung dan melihat langsung. Kalau di Surabaya kan tidak bisa, paling sebulan sekali," ujarnya.

Kehadiran Depo Spindo Makassar juga menjadi wujud komitmen perusahaan dalam memberikan pelayanan yang lebih baik dan lebih cepat, khususnya dalam proses pengiriman.

"Kedua, kami bisa melayani pembelian dalam jumlah kecil yang tidak bisa kami suplai dari Surabaya," tuturnya.

Lebih rinci, Tedja mengungkapkan keunggulan produk Spindo. Salah satunya adalah memiliki produk yang lebih kuat karena mengandung titanium.

"Keunggulan bahan produk kami mengandung titanium dan produk hollow kami jauh lebih kuat daripada produk yang di jual oleh kompetitor," ungkapnya.

Oleh karena itu, Tedja berharap, kehadiran Depo Spindo Makassar mampu berkontribusi untuk pembangunan yang ada di Indonesia bagian Timur, khususnya di Makassar.

"Kami berharap bisa memberikan kontribusi lebih untuk wilayah Makassar dan sekitarnya. Apalagi, Makassar saat ini banyak berkembang proyek-proyek baru," tandas dia.

Para konsumen grand opening Depo Spindo MakassarDok. Spindo Para konsumen grand opening Depo Spindo Makassar

Sementara, salah satu konsumen Spindo, Apiu Darmanto, mengaku bahwa pembukaan Depo Spindo Makassar sangat membantu dalam pembelian produk. Apalagi, produk yang dihadirkan lengkap.

"Sebelumnya, kalau kami butuh barangnya, kami harus menunggu dulu atau harus memesan melalui distributornya. Tapi kalau pesan di distributor juga tidak selengkap yang ada di sini (Depo Spindo Makassar)," bebernya.

Dirut PT Jaya Karya Makassar yang sudah menjadi konsumen Spindo selama 5 tahun itu juga mengatakan bahwa selain produknya lengkap, produk Spindo juga memiliki kualitas yang sangat baik

"Sangat lengkap sekali, mulai pipa, hollow yang berkualitas semua ada mulai size kecil hingga besar, semua lengkap dan berkualitas, tidak ada yang abal-abal. Makanya, (produk) Spindo ini cepat terkenal karena kualitasnya memang sangat bagus," pungkasnya.

Spindo saat ini memiliki 6 unit pabrik, di antaranya Unit 1 di Rungkut Surabaya (Spindo Surabaya) memproduksi Pipa Air Galvanis, Pipa Hitam Vernis, dan Pipa Plat; Unit 2 di Rungkut Surabaya (Spindo Surabaya) memproduksi Pipa Hitam Vernis dan Stainless Steel Ornament.

Kemudian, Unit 3 di Warugunung Surabaya (Spindo Surabaya) memproduksi Pipa Air Galvanis dan Pipa Vernis serta Unit 4 Beji Pasuruan (Spindo Pasuruan) memproduksi Pipa Spiral.

Selanjutnya, Unit 5 Karawang (Spindo Karawang) memproduksi Pipa Otomotif dan Unit 6 Sidoarjo (Spindo Sidoarjo) memproduksi Hollow GI.

Kemeriahan grand opening Depo Spindo MakassarDok. Spindo Kemeriahan grand opening Depo Spindo Makassar

Sebagai informasi, Spindo adalah produsen pipa baja dengan kapasitas produksi terbesar di Indonesia dan berpengalaman dalam memproduksi berbagai macam pipa baja atau tabung dan berbagai produk terkait lainnya. Produk perusahaan ini telah memperoleh berbagai standar sertifikasi domestik dan internasional.

Basis pelanggan Spindo meliputi perusahaan domestik Indonesia dan perusahaan-perusahaan multinasional yang beroperasi di Indonesia, seperti Total, Chevron, Honda, dan Yamaha, serta perusahaan internasional, seperti J Steel Australasia Pty, Ltd.

Spindo memberikan jaminan mutu produk dengan menerapkan program sistem evaluasi mutu yang ketat. Hal ini dibuktikan dengan sertifikat internasional Internasional ISO 9002 dan API 5L yang diraih perusahaan ini.

Selain itu, sejumlah pabrik Spindo juga telah mendapatkan sertifikasi, di antaranya SNI 8987 Steel Pipe for Scaffolding untuk Spindo Plant 1; LEAD FREE Certification dan Stainless Steel Pipe untuk Spindo Plant 2; SIRIM Product Certification dan Steel Pipe Malaysian & British Standard (Spindo Plant 3); serta UL Certification Steel Pipe for Fire Protection System dan API Monogram for Oil & Gas Pipeline untuk Spindo Plant 5.

Sesuai dengan persyaratan mutu internasional, Spindo telah memenuhi standar ASTM, BS, JIS, ISO, API, AS, dan SNI.

Jaminan mutu produk PT Spindo Tbk telah dikenal dunia luas, seperti Jepang, Singapora, Taiwan, Amerika, dan Australia.

Standar mutu produk Spindo juga mengharuskan setiap pipa mengalami uji tekanan tinggi untuk menghindari kebocoran.

Spindo selalu menggunakan standar peralatan uji coba yang tinggi, misalnya hydrostatic machine, ultrasonic test dan evaluation machine, holiday detector, dan thickness gauge.

Data dari hasil uji coba tersebut selalu disimpan dalam suatu bank-data yang akan menjadi acuan dalam pencarian segala bentuk informasi dan keputusan di segala tingkatan.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com