Advertorial

5 Destinasi Wisata Pulau di Tanah Air yang Wajib Dieksplorasi

Kompas.com - 16/06/2023, 17:50 WIB

KOMPAS.com - Sebagai negara kepulauan terbesar di dunia, Indonesia memiliki banyak pulau eksotis dengan pemandangan menakjubkan. Oleh karena itu, tak heran jika sejumlah pulau di Indonesia menjadi destinasi impian, baik bagi wisatawan domestik maupun mancanegara.

Salah satu cara terbaik untuk menikmati keindahan dan keunikan nusantara adalah dengan berpetualang menggunakan kapal. Survei Tren Perjalanan Agoda mengungkapkan bahwa petualangan merupakan motivasi utama bagi wisatawan Indonesia (23%) dalam merencanakan perjalanan di tahun 2023.

Dengan berlayar, Anda bisa dengan mudah mengeksplorasi dan menemukan surga tersembunyi di sekitar pulau yang Anda kunjungi. Agoda menyediakan daftar pulau-pulau di Indonesia yang menawarkan pengalaman dan petualangan menarik. Berikut beberapa pulau yang dapat Anda jelajahi.

  1. Kepulauan Raja Ampat

Kepulauan Raja Ampat merupakan gugusan pulau yang terletak di bagian barat Semenanjung Kepala Burung Pulau Papua. Secara administratif, kepulauan ini berada di bawah Kabupaten Raja Ampat dan Kota Sorong, Provinsi Papua Barat Daya.

Raja Ampat terdiri dari empat pulau utama, yaitu Waigeo, Misool, Salawati, dan Batanta. Ada pula puluhan pulau kecil yang tersebar di sekitarnya.

Seperti diketahui, Raja Ampat terkenal akan keindahan alam bawah lautnya. Untuk dapat menikmati keindahan bawah laut dan menyusuri semua pulau yang ada, Anda dapat menyewa kapal tradisional pinisi atau katamaran modern.

Beberapa pulau yang bisa dikunjungi saat berada di Raja Ampat adalah, Pulau Wayag, Pulau Arborek, dan Pulau Friwen. Sementara, untuk menikmati keindahan bawah laut, Anda bisa mengunjungi Blue Magic, Cape Kri, atau Manta Point yang merupakan “surga” bagi para penyelam.

  1. Pulau Lombok

Pulau Lombok terletak di Kepulauan Sunda Kecil atau Nusa Tenggara Barat. Pulau ini merupakan rumah bagi beberapa pulau kecil yang menakjubkan, seperti Gili Trawangan, Gili Air, dan Gili Meno. Semua pulau ini terkenal dengan pantainya yang indah.

Jangan lewatkan Pulau Tangsi yang terkenal dengan pantainya yang memukau berwarna merah muda serta Pulau Gili Nanggu dengan pantai pasir putih yang indah dan air laut yang jernih. Anda dapat memesan  paket tur sehari penuh untuk mengelilingi dan menikmati keindahan pulau tersebut dengan perahu cadik bermotor. Dengan memesan aktivitas melalui aplikasi Agoda, Anda dapat dengan mudah menjelajah di pulau-pulau ini tanpa kesulitan mengatur semuanya sendiri.

  1. Kepulauan Seribu

Kepulauan Seribu adalah gugusan pulau yang terletak di sebelah utara Jakarta. Anda dapat menyewa kapal perahu tradisional atau kapal motor untuk menjelajahi pulau-pulau di Kepulauan Seribu. Beberapa pulau yang populer di kalangan wisatawan adalah Pulau Pramuka, Pulau Tidung, Pulau Pari, dan Pulau Harapan. Di sana, Anda dapat menikmati kegiatan seperti snorkeling, menyelam, berenang, dan bersantai di pantai.

  1. Pulau Sumba

Pulau Sumba berada di Provinsi Nusa Tenggara Timur. Pulau ini memiliki sejumlah pantai yang indah dengan ombak yang cukup kencang, cocok untuk berselancar. Anda dapat menyewa kapal untuk menjelajahi pantai-pantai yang menakjubkan seperti Pantai Marosi yang memiliki ombak yang tinggi, Pantai Weekuri yang terkenal dengan air asin dan tawar yang bersebelahan, serta Pantai Tarimbang yang memiliki pemandangan eksotis.

  1. Labuan Bajo dan Taman Nasional Komodo

Labuan Bajo adalah pintu gerbang untuk menjelajahi Taman Nasional Komodo yang terkenal dengan hewan purba Komodo. Bagi yang ingin berkunjung ke sana, Anda dapat memesan paket aktivitas Pulau Komodo ataupun Pulau Rinca melalui aplikasi Agoda.

Selain itu, Anda juga dapat mengunjungi Pulau Padar untuk menikmati panorama alam yang memukau, Pulau Pink untuk berlibur di pantai berpasir merah muda, dan Pulau Kanawa untuk snorkeling.

Itulah lima destinasi pulau di Tanah Air yang bisa Anda nikmati keindahannya. Sebagai catatan, agar eksplorasi menggunakan kapal lebih lancar, pastikan Anda sudah memeriksa rute kapal yang tersedia. Anda juga perlu mengetahui secara detail terkait informasi penyedia kapal, harga sewa, dan fasilitas yang disediakan.

Agoda, platform perjalanan digital terkemuka, memahami betapa pentingnya mendapatkan pengalaman perjalanan dengan harga terjangkau. Dengan aplikasi Agoda, Anda dapat memanfaatkan diskon ekstra dan fitur keren seperti 'price freeze’ dan 'secret deal’ untuk memaksimalkan bujet Anda.

Jangan khawatir tentang transportasi, makan siang, perlengkapan snorkeling, dan tour guide selama perjalanan Anda—cukup pesan paket aktivitas melalui Agoda dan nikmati penawaran yang lebih baik. Ini adalah cara bebas repot untuk menghemat dan bersenang-senang!

Tunggu apa lagi? Segera siapkan kebutuhan perjalanan melalui Agoda dan nikmati petualangan berlayar Anda.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com