Advertorial

BP Batam Sabet Dua Penghargaan Sekaligus di Indonesia IGA 2023

Kompas.com - 17/06/2023, 19:32 WIB

KOMPAS.com - Kepala Badan Pengusahaan (BP) Batam Muhammad Rudi dinobatkan sebagai salah satu Pemimpin Terpopuler di media digital pada kategori Kepala Lembaga dalam gelaran puncak The 1st Indonesia GPR Awards (IGA) 2023.

Anugerah tersebut diberikan oleh Founder sekaligus Chief Executive Officer (CEO) Humas Indonesia Asmono Wikan kepada Anggota Bidang Pengelolaan Kawasan dan Investasi BP Batam Sudirman Saad di Ballroom Hotel Claro, Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel), Jumat (16/6/2023).

Penghargaan yang didapat Rudi itu pun semakin menambah deretan penghargaan lain yang telah diraihnya sepanjang 2023. Sebelumnya, Rudi juga dinobatkan sebagai Visioner Leader of Indonesia dari Seven Media Asia di Bali pada Februari 2023.

Selain Rudi, Humas BP Batam juga berhasil meraih penghargaan pada kategori Lembaga Humas Pemerintah Terbaik pada The 1st IGA 2023.

IGA 2023 sendiri merupakan barometer terhadap pencapaian tertinggi kinerja kehumasan pemerintah sepanjang 1 Februari 2022 hingga 31 Januari 2023.

Kehadiran kompetisi tersebut diharapkan dapat mendorong terciptanya hubungan masyarakat (humas) yang strategis dan kontributif bagi reputasi positif Indonesia.

Sudirman mengatakan, penghargaan yang didapat pihaknya merupakan hasil kerja keras semua pihak, khususnya unit humas.

Menurutnya, humas memiliki peran penting dalam menyuguhkan informasi program dan kebijakan pimpinan, seperti kemudahan investasi serta pembangunan infrastruktur.

"BP Batam memiliki key performance indicator (KPI), salah satunya adalah investasi. Jadi, tentu saja humas menjadi bagian vital yang berlaku sebagai instrumen untuk mengomunikasikan semua kegiatan agar Batam dikenal luas oleh investor, baik dari dalam maupun luar negeri," ujar Sudirman dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Sabtu (17/6/2023).

Sudirman berharap, capaian yang diraih oleh BP Batam semakin memacu pihaknya untuk terus berinovasi dan mampu beradaptasi terhadap dinamika transformasi komunikasi di era digital. Dengan begitu, BP Batam dapat membentuk persepsi publik bagi reputasi organisasi.

"Humas menjadi posisi strategis bagi kami. Pasalnya, tiada hari tanpa komunikasi publik," kata Sudirman.

Sementara itu, Asmono mengatakan, gelaran The 1st IGA merupakan hasil kerja sama dengan perusahaan bernama NoLimit.

NoLimit adalah perusahaan teknologi yang fokus untuk memonitor dan melakukan analisis terhadap media online dengan menggunakan teknologi big data.

Adapun penilaian pada setiap kategori diambil dengan memonitor lebih dari 15.000 pemberitaan dari media online selama rentang waktu 1 Januari hingga 31 Desember 2022.

“Dalam penilaian, IGA menekankan pada aspek kinerja humas yang mengacu pada indikator ilmiah, seperti paid media, earned media, shared media and owned media (PESO), serta pengukuran AMEC Integrated Evaluation Framework. Kami ingin humas pemerintah betul-betul berdampak untuk masyarakat,” jelas Asmono.

Tak lupa, Asmono juga memberikan selamat dan mengapresiasi pencapaian yang telah didapatkan oleh sejumlah pihak pada ajang The 1st IGA 2023, termasuk BP Batam.

"Selamat kepada pemenang IGA 2023, teruntuk para pemenang terpopuler pemberitaan media digital, itu adalah hasil kerja sama kami dengan NoLimit," ungkapnya.

Sebagai informasi, selain Kepala BP Batam, anugerah Pemimpin Terpopuler untuk kategori lembaga negara juga diraih Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo.

Sementara itu, Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) dan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan juga terpilih pada kategori lembaga Humas Pemerintah.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com