Advertorial

Hadirkan Solusi TIK, Ini 3 Produk Andalan PLN Icon Plus

Kompas.com - 19/06/2023, 09:00 WIB

KOMPAS.com – Subholding PT Perusahaan Listrik Negara (Persero), PLN Icon Plus, memperluas konektivitas jaringan telekomunikasi ke berbagai wilayah di Tanah Air. Dengan jumlah lebih dari 37 kantor yang tersebar di seluruh Indonesia, PLN Icon Plus menyediakan jaringan telekomunikasi yang ekstensif serta andal.

Perluasan jaringan telekomunikasi dilakukan dengan memaksimalkan pendayagunaan hak jaringan ketenagalistrikan milik PLN atau “Right of Ways” (RoW) dengan jaringan kabel fiber optic lebih dari

262.000 km memiliki cakupan wilayah di seluruh Indonesia.

Dengan memanfaatkan RoW PLN, PLN Icon Plus dapat menghadirkan layanan internet fiber optic yang andal bagi korporat atau pemerintahan di seluruh wilayah Indonesia. Bahkan, layanan internet PLN Icon Plus dapat menjangkau pelosok yang berada di area blank spot atau belum terjamah mobile broadband.

Selain layanan internet fixed broadband, PLN Icon Plus juga menghadirkan solusi teknologi informasi dan komunikasi (TIK) serta layanan transisi energi – green lifestyle kepada perusahaan atau pemerintahan.

Penyediaan solusi tersebut merupakan bagian komitmen perusahaan dalam mengembangkan bidang TIK nasional dan menghadirkan layanan sesuai semangat aspirasi Transformasi PLN, yakni “Green, Lean, Innovative, and Customer Focused.”

Untuk diketahui, PLN Icon Plus saat ini telah melayani lebih dari 5.500 instansi, mulai dari perbankan, layanan finansial, edukasi, pemerintahan, hingga telekomunikasi.

Adapun untuk segmen perbankan, PLN Icon Plus sudah melayani seluruh Bank Himbara serta 154 instansi perbankan lain. Sebanyak 300 titik anjungan tunai mandiri (ATM) di Indonesia telah

menggunakan produk solusi TIK dari PLN Icon Plus.

Lantas, apa saja produk solusi TIK andal yang ditawarkan PLN Icon Plus di segmen perbankan? Berikut adalah ulasannya.

1. i-SEE CCTV

PLN Icon Plus menghadirkan produk andal closed circuit television (CCTV) PLN Icon Plus Surveillance for Energy and Enterprise (i-SEE). i-SEE yang dikembangkan sejak 2015 merupakan salah satu solusi canggih dalam pemenuhan kebutuhan surveillance system.

Sebagai surveillance system, i-SEE CCTV tidak hanya dilengkapi fitur standar untuk menampilkan visual secara real-time, tetapi juga mampu melakukan deteksi suhu (thermal detection).

Perangkat tersebut dibekali teknologi, new ACC software analytics, HD IP cameras,

lenses/enclosures, analog encoders, network switches, NVRs workstations, high definition (HD) stream management, serta support spesial Ultra HD Camera.

Adapun CCTV digunakan pada lingkungan area ATM untuk sejumlah tujuan. Salah satunya, guna menjamin keamanan pelanggan.

Untuk diketahui, CCTV pada ATM membantu mengamankan pelanggan yang menggunakan mesin ATM tersebut. Dengan kamera yang terpasang di sekitar ATM, tindakan pelanggan saat melakukan transaksi dapat terlihat dan terekam.

Hal itu membantu dalam memantau dan mengidentifikasi tindakan yang mencurigakan atau kejahatan, seperti pencurian identitas, pencurian PIN, atau pemakaian paksa.

Tujuan berikutnya adalah pencegahan aksi kriminal di area ATM. Keberadaan kamera keamanan dapat menjadi penghalang bagi para pelaku kejahatan karena oknum tersebut sadar bahwa tindakan mereka dapat terdeteksi serta terekam oleh kamera tersebut.

Dengan demikian, CCTV dapat membantu mencegah perampokan, pencurian, atau kerusakan pada mesin ATM

Berkat teknologi yang disematkan pada i-SEE CCTV, biaya operasional perusahaan dapat ditekan sehingga perusahaan dapat meningkatkan efektivitas serta kinerja perusahaan.

2. SD-WAN

Software-Defined Wide Area Network (SD-WAN) adalah teknologi jaringan yang dapat memberikan manfaat penting bagi sektor perbankan.

Sedikitnya, ada dua fungsi SD-WAN yang dapat bermanfaat bagi sektor perbankan. Pertama, keamanan dan pemantauan. Dalam hal ini, SD-WAN menyediakan lapisan keamanan tambahan bagi jaringan bank.

Lewat sejumlah fitur keamanan, seperti enkripsi lalu lintas, virtual private network (VPN), dan firewall, bank dapat melindungi data sensitif mereka dari ancaman keamanan, seperti serangan malware, DDoS, dan pencurian data.

Selain itu, SD-WAN juga memungkinkan pemantauan jaringan secara real-time sehingga memungkinkan bank untuk mendeteksi dan merespons ancaman dengan cepat.

Kedua, pengelolaan jaringan yang terpusat. Seperti diketahui, SD-WAN memungkinkan bank untuk mengelola jaringan mereka dengan lebih efisien melalui kontrol sentral.

Dengan menggunakan platform SD-WAN, bank dapat mengatur dan mengendalikan jaringan dari satu lokasi, termasuk konfigurasi jaringan, kebijakan keamanan, dan manajemen lalu lintas data.

Singkatnya, SD-WAN membantu perbankan meningkatkan efisiensi, keamanan, dan fleksibilitas jaringan mereka.

Dengan penggunaan yang tepat, teknologi tersebut dapat memberikan manfaat penting dalam hal pengelolaan jaringan, keamanan data, penghematan biaya, dan peningkatan pengalaman pelanggan.

3. Data Center Colocation

Layanan Data Center Colocation dari PLN Icon Plus dapat digunakan oleh perusahaan yang belum memiliki infrastruktur data center tersendiri.

Produk tersebut juga diperuntukkan bagi perusahaan yang ingin memiliki penempatan rak server untuk kebutuhan data recovery center.

Adapun layanan Data Center Colocation dari PLN Icon Plus memiliki tiga keunggulan. Pertama, PLN Icon Plus menjamin 99,982 persen tingkat ketersediaan layanan per tahun dengan didukung oleh data center tier 3.

Kedua, PLN Icon Plus menyediakan tim operasional dan support yang memiliki keahlian teknis tinggi.

Ketiga, PLN Icon Plus menjamin kepastian dan kelancaran konektivitas dari dan ke data center.

Perusahaan dapat memilih tiga layanan Data Center Colocation, yakni caging/dedicated/suite/private room, share room, dan share space. Layanan caging/dedicated/suite/private

room merupakan rack colocation dalam ukuran tertentu yang digunakan khusus pelanggan.

Kemudian, share room merupakan fasilitas sewa full rack colocation 19 inci 45 RU bersama.

Selanjutnya, share space merupakan layanan ruangan bersama dalam ukuran tertentu atau half rack.

Adapun ketiga layanan tersebut dapat digunakan untuk penempatan server atau perangkat lain milik pelanggan. Selain itu, ketiga layanan tersebut juga sudah dilengkapi fasilitas satu daya (power).

Data center memiliki peran krusial bagi industri perbankan. Salah satu manfaat utama data center untuk sektor perbankan adalah menjamin keamanan.

Terkait hal itu, data center menyediakan lapisan keamanan yang tinggi untuk melindungi data sensitif perbankan, seperti informasi pribadi pelanggan, rekening bank, serta transaksi.

Keamanan fisik dan logis yang ketat, termasuk pengamanan fisik, firewall, enkripsi data, dan kontrol akses, membantu mencegah ancaman keamanan, seperti serangan siber, pencurian identitas, dan penyalahgunaan data.

Manfaat data center berikutnya adalah mendukung efisiensi operasional perusahaan perbankan. Dengan konsolidasi data ke dalam satu pusat, bank dapat mengurangi biaya infrastruktur serta mengoptimalkan penggunaan sumber daya IT.

Adapun data center modern menggunakan teknologi virtualisasi dan konsolidasi server untuk mengurangi kebutuhan akan perangkat keras fisik, menghemat ruang, dan energi.

Selain itu, konsolidasi data juga memungkinkan integrasi sistem yang lebih baik, berbagi data secara real- time antar-aplikasi bank, dan mengurangi redundansi.

Itulah tiga produk andal dari puluhan produk dan layanan yang dimiliki PLN Icon Plus sebagai solusi TIK untuk memenuhi kebutuhan perusahaan.

Untuk mendapatkan informasi terkait produk-produk PLN Icon Plus, Anda dapat menghubungi nomor atau chat bot yang tertera pada website resmi plniconplus.co.id.

Guna memudahkan konsumen untuk menyampaikan keluhan atau kendala, PLN Icon Plus memiliki layanan call center 24 jam.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com