Advertorial

Lebih Rewel Ketimbang Tipe Kulit Lain, Begini Cara Rawat Kulit Sensitif

Kompas.com - 19/06/2023, 15:08 WIB

KOMPAS.com – Gampang perih, gatal, ruam, atau memerah ketika terpapar suatu zat atau faktor eksternal lainnya merupakan tanda kulit sensitif.

Bagi orang dengan tipe kulit sensitif, reaksi-reaksi tersebut otomatis menimbulkan ketidaknyamanan. Bahkan, kulit sensitif kerap mempengaruhi kualitas hidup pemiliknya.

Kulit sensitif adalah istilah untuk menggambarkan kondisi kulit yang mudah bereaksi dan teriritasi usai terkena faktor pemicunya. Reaksinya berupa beruntusan, kering atau bersisik, pecah-pecah, hingga mengelupas.

Secara umum, kulit sensitif terbagi menjadi sensitized skin dan sensitive skin.

Adapun sensitized skin disebabkan faktor eksternal, seperti paparan zat pada produk pembersih atau perawatan kulit, serta sinar matahari, udara kering atau dingin. Sementara itu, sensitive skin dipicu faktor internal, seperti kerusakan skin barrier dan kondisi kulit bawaan sejak lahir yang bersifat permanen. Contohnya, eksem, rosacea, dan psoriasis.

Merawat kulit sensitif

Mengingat kulit sensitif lebih “rewel” ketimbang tipe kulit lain, maka perawatannya harus ekstra hati-hati agar tidak mudah teriritasi.

Sebisa mungkin, pemilik kulit sensitif harus menghindari pemicu kulit bereaksi. Misalnya, ketika harus melakukan tugas domestik, seperti mencuci baju atau piring dan mengepel, ada baiknya gunakan sarung tangan. Tujuannya, agar kulit tidak terkena cairan kimia dari produk pembersih yang dipakai.

Agar lebih aman, pilihlah sabun atau detergen yang berlabel hypoallergenic. Label ini menandakan bahwa produk aman bagi kulit sensitif.

Begitu pula dengan pemilihan produk body care dan skin care. Selain memilih produk yang bertanda hypoallergenic, pastikan juga produk yang digunakan bebas kandungan iritan. Contohnya, alkohol, parfum, dan pewarna.

Selain itu, hindari mandi dengan air panas, apalagi berlama-lama. Meski memberikan efek relaks, aktivitas ini dapat mengurangi kelembapan kulit. Usahakan untuk mandi tidak lebih dari 10 menit.

Seperti diketahui, kulit sensitif rentan kering dan pecah-pecah. Karena itu, penggunaan losion atau pelembap diperlukan untuk menghindari hal tersebut. Selain itu, beberapa jenis minyak, seperti shea butter, memberikan efektivitas serupa bagi beberapa orang.

Salah satu pelembap khusus kulit sensitif yang bisa dipilih adalah ERHA Skinsitive UltracalmPRO Multipurpose Calming Cream.

ERHA Skinsitive UltracalmPRO Multipurpose Calming Cream merupakan krim pelembap multifungsi. Dok. ERHA ERHA Skinsitive UltracalmPRO Multipurpose Calming Cream merupakan krim pelembap multifungsi.

Dengan label hypoallergenic, serta bebas iritan dan pewangi, krim pelembap tersebut aman digunakan setiap hari. Pengaplikasiannya pun bisa berkali-kali tergantung kebutuhan kulit yang teriritasi.

Itulah cara merawat kulit sensitif. Jika kulit terlanjur iritasi dan belum mereda dengan perawatan mandiri, segera konsultasikan masalah tersebut ke dokter ahli kulit agar mendapatkan penanganan yang tepat.

Sebagai informasi, ERHA Skinsitive UltracalmPRO Multipurpose Calming Cream hadir dalam kemasan jar 28 gram yang bisa di dapatkan di Shopee

Untuk mendapatkannya, kamu bisa mengunjungi toko offline terdekat atau toko resmi di sejumlah platform e-commerce, seperti Tokopedia dan Shopee.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com