Advertorial

Berencana Museum Date? Berikut 5 Museum Estetik Instagrammable di Jakarta

Kompas.com - 21/06/2023, 14:21 WIB

KOMPAS.com – Sebagai pusat pemerintahan dan ekonomi di Indonesia, Jakarta berhasil tumbuh menjadi kota metropolitan yang identik dengan gedung-gedung pencakar langit. Tidak hanya difungsikan sebagai area perkantoran, bangunan megah tersebut juga diperuntukkan bagi beragam hotel di Jakarta.

Saking megah, pemandangan gedung-gedung tersebut berhasil membangkitkan rasa takjub tersendiri bagi siapa pun yang bertandang ke Jakarta.

Di antara gedung-gedung menjulang tinggi itu, kamu juga bisa menemukan berbagai museum yang cocok dijadikan tempat berlibur bersama teman atau pasangan. Beberapa museum tersebut menawarkan nuansa estetiksehingga dapat dijadikan spotfoto yang instagrammable.

Berencana pelesiran ke museum saat akhir pekan nanti? Berikut adalah lima destinasi yang bisa kamu kunjungi.

  1. Museum MACAN

Berbeda dari museum pada umumnya, Museum MACAN hadir dengan nuansa modern yang tidak membosankan. Dibuka perdana pada 2017, nama museum ini diambil berdasarkan singkatan dari Museum of Modern and Contemporary Art in Nusantara (MACAN).

Lantas, apa yang membuat museum tersebut populer di kalangan wisatawan?

Pertama, Museum MACAN merupakan museum pertama di Indonesia yang memamerkan seni modern, kontemporer, dan internasional.

Kedua, Museum MACAN memiliki sudut-sudut yang instagramable sehingga cocok untuk berfoto. Ketiga, memiliki berbagai koleksi yang dipamerkan secara berkala sesuai tema. Ini berarti, karya seni yang dipajang di Museum MACAN berubah setiap waktu.

Bagi penikmat seni lukisan, Museum MACAN juga memamerkan sejumlah mahakarya dari pelukis ternama Tanah Air, seperti Affandi, Raden Saleh, Dullah, dan Henk Ngantung.

Hingga Oktober 2023, Museum MACAN menyelenggarakan dua pameran, yakni “di sini, d.l.l” serta “Pameran Isabel and Alfredo Aquilizan: Somewhere, Elsewhere, Nowhere”.

Adapun tiket masuk Museum MACAN dapat dibeli melalui Traveloka dengan harga Rp 25.000. Harga ini dapat berubah sewaktu-waktu tergantung pameran yang berlangsung.

  1. Galeria Sophilia

Rekomendasi museum kedua adalah Galeria Sophilia. Bisa dibilang, museum ini termasuk hidden gem di Jakarta. Apalagi, jam operasional galeri ini hanya setiap Minggu mulai pukul 12.00 hingga 15.00 WIB.

Dengan harga tiket sebesar Rp 100.000, kamu dapat menyaksikan bagian dalam museum yang terlihat mewah nan klasik layaknya museum-museum di Eropa.

Untuk diketahui, Galeria Sophilia dipenuhi berbagai lukisan karya seniman terkenal, seperti Leonardo Da Vinci, Goya, Claude Monet, Pablo Picasso, dan Vincent van Gogh. Selain itu, ada pula koleksi patung serta peninggalan Kekaisaran China, seperti keramik dan perunggu.

Guna memberikan kenyamanan kepada pengunjung, Galeria Sophilia menyiapkan pemandu untuk menemani pencinta seni menilik deretan lukisan di sana.

Pemandu tersebut akan menjelaskan kepada setiap pengunjung tentang koleksi yang ada museum tersebut.

Jadi, buat kamu yang tidak begitu paham soal seni, tidak perlu khawatir, ya!

  1. 2madison Gallery

Pada dasarnya, 2madison Gallery merupakan sebuah kafe. Namun, di dalam kafe tersebut, kamu dapat menemukan art gallery.

Bangunan 2madison Gallery terdiri dari tiga lantai. Adapun lantai pertama digunakan sebagai kafe, sedangkan lantai dua difungsikan untuk koleksi seni. Sementara, lantai tiga sebagai kantor pengelola.

Di lantai dua, 2madison Gallery memajang beragam lukisan serta pernak-pernik yang dipajang untuk dijual. Adapun lukisan yang ditawarkan dibanderol mulai dari ratusan ribu sampai jutaan rupiah.

Jenis pernak-pernik yang tersedia mulai dari totebag, scarf, tas, hingga jaket. Buat kamu yang ingin museum date sekaligus nongkrong di kafe, 2madison Gallery bisa menjadi pilihan tepat.

  1. Art: 1 New Museum

Dibangun di lahan seluas 4.000 meter persegi, Art:1 New Museum merupakan galeri seni yang dihadirkan untuk mengedukasi masyarakat soal dunia seni.

Saat bertandang ke museum tersebut, pengunjung dapat menikmati sejumlah karya seni bersejarah dari seniman kontemporer dan modern asal luar serta dalam negeri.

Di salah satu bagian museum, terdapat sebuah art space untuk menampilkan karya seniman muda selama 2-4 minggu. Oleh karena itu, koleksi yang ada di area ini dapat berganti sewaktu-waktu.

Selain itu, ada pula sejumlah karya yang selalu dipajang di sana, seperti lukisan berjudul “Balik Making Choices”, “Jogja Contemporary Artist”, dan “Metal Drama”. Tidak hanya itu, koleksi yang berkaitan dengan agama serta karya seniman Jepang bernama Osamu Watanabe juga ada di sana.

Untuk memasuki Art:1 New Museum, kamu cukup merogoh kocek sebesar Rp 75.000. Jika ingin membawa kamera selain handphone (HP), kamu harus membayar biaya ekstra sebesar Rp 30.000.

  1. MOJA Museum

Tempat terakhir yang pas untuk museum date di Jakarta adalah MOJA Museum. Berlokasi di dekat Gelora Bung Karno (GBK), MOJA Museum dikunjungi banyak wisatawan karena mengusung konsep keren dan instagrammable.

Di museum tersebut, kamu dapat menemukan 14 ruangan dengan tema yang berbeda. Salah satu tema yang ditawarkan MOJA Museum adalah Charlie and The Millennial Pink Candy Cotton yang identik dengan bola-bola kuning dan putih.

Uniknya lagi, MOJA Museum menyediakan roller skate yang dapat digunakan untuk berkeliling area museum. Kamu yang belum mahir memakai roller skate tak perlu khawatir karena ada instruktur kompeten yang siap mengajarimu.

Itulah lima museum di Jakarta yang patut disambangi saat libur di akhir pekan. Dari kelima museum tersebut, sudah tahu mana yang paling ingin kamu kunjungi?

Bagi wisatawan yang datang dari luar kota, kamu pun tak perlu khawatir kesulitan mendapatkan tiket kelima museum tersebut. Lewat Traveloka, kamu bisa membeli berbagai tiket masuk atraksi wisata yang ada di Jakarta.

Tidak hanya itu, Traveloka juga menyediakan berbagai pilihan penginapan di Jakarta hingga apartemen di Tangerang.

Segera atur rencana liburan bersama keluarga tanpa ragu karena di Traveloka tersedia diskon sampai dengan 50 persen plus kupon diskon hingga Rp 1.000.000 untuk menginap di hotel, vila, dan resor. Stay now, not never!

Kamu juga bisa mendapatkan kemudahan saat menginap di berbagai pilihan penginapan Bayar saat Check-in dan Easy Reschedule.

Dengan Traveloka, liburan makin nyaman. Yuk, pesan sekarang! #HolidayNowNotNever

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com