Advertorial

Tingkatkan Kualitas dan Kapabilitas SDM, PLN UP3 Sumbawa Adakan Workshop Digital Marketing Bersama KG Media

Kompas.com - 21/06/2023, 15:48 WIB

KOMPAS.com – PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) Unit Pelaksanaan Pelayanan Pelanggan (UP3) Sumbawa melaksanakan workshop digital marketing bersama KG Media pada Selasa (13/6/2023) hingga Rabu (14/6/2023).

Manager PLN UP3 Sumbawa Gamal Rizal Kambey mengatakan, workshop tersebut bertujuan untuk meningkatkan kualitas dan kapabilitas Insan PLN, terutama dalam meningkatkan kualitas pelayanan terhadap pelanggan dan masyarakat di wilayah tersebut.

“Pengetahuan yang kami dapatkan pada pelatihan ini diharapkan dapat diterapkan dan diimplementasikan pada pekerjaan sehari-hari di PLN UP3 Sumbawa,” ujar Gamal saat memberi sambutan pada pelatihan tersebut.

Ilmu tersebut juga diharapkan dapat membantu Insan PLN UP3 Sumbawa dalam mencapai target perseroan. Terlebih, perseroan mematok target tinggi pada tahun ini.

“Secara keseluruhan, penjualan kita memang mencapai target. Namun, masih banyak sektor yang belum. Untuk menjangkau mereka, kita harus melakukan promosi dengan gencar,” tutur Gamal kepada Insan PLN UP3 Sumbawa yang mengikuti pelatihan.

Dengan pelatihan tersebut, imbuh Gamal, Insan PLN UP3 Sumbawa dapat memaksimalkan pemasaran menggunakan teknologi digital. Sebab, pemasaran secara konvensional sudah tidak begitu efektif menjangkau konsumen.

“Dengan teknologi digital, meski tak bertemu secara fisik, kita tetap bisa berinteraksi dengan konsumen melalui platform media sosial (medsos), seperti TikTok dan Facebook. Semoga, kita bisa memanfaatkan ilmu yang diberikan oleh teman-teman dari KG Media untuk mencapai target pada sisa waktu yang ada di 2023,” kata Gamal.

Manager PLN UP3 Sumbawa Gamal Rizal Kambey. Dok. PLN Manager PLN UP3 Sumbawa Gamal Rizal Kambey.

Pada pelatihan PLN UP3 Sumbawa, salah satu topik pembelajaran yang diberikan adalah digital marketing dan customer research. Topik tersebut dibawakan oleh Manager Marketing Research and Analytics Department KG Media Bagas Adi Prihantoro.

Bagas menjelaskan bahwa topik tersebut diberikan agar para tim marketing di PLN UP3 Sumbawa dapat lebih memahami kebutuhan pelanggan, khususnya dari kalangan rumah tangga.

“Jadi, sebelum berusaha menjangkau pasar, penting bagi mereka (PLN) untuk mengetahui kebutuhan pelanggan. Kami membantu mereka agar dapat melakukan riset yang tepat terkait hal tersebut. Salah satunya, dengan mencari akar permasalahan yang dihadapi,” ujar Bagas.

Lewat cara tersebut, lanjut Bagas, tim marketing PLN UP3 Sumbawa dapat lebih mengenal tentang karakteristik pelanggannya. Dengan begitu, mereka dapat menyusun langkah atau strategi yang tepat untuk mencapai target yang ditentukan sekaligus meningkatkan kepuasan pelanggan.

Selain diberikan pelatihan terkait pemasaran dan riset konsumen, para Insan PLN UP3 Sumbawa juga mendapatkan materi pelatihan tentang cara mengoptimalkan medsos, baik untuk branding maupun pemasaran.

Materi tersebut diberikan oleh Assistant Manager Content Marketing Lative Ads KG Media Luthfi Kurniawan.

Lutfhi mengatakan, materi yang ia sampaikan bertujuan untuk membantu PLN UP3 Sumbawa dalam meningkatkan performa penggunaan kanal medsos.

“Intinya, lewat materi tersebut, kami ingin membantu PLN UP3 Sumbawa agar konten yang mereka buat itu bisa ada di mana-mana. Kami juga menganjurkan kepada mereka untuk lebih aktif dalam berinteraksi kepada masyarakat pada sejumlah platform. Sebab, selama ini mereka cenderung menggunakan medsos sebagai sarana komunikasi satu arah. Jadi, tidak ada interaksi di situ,” kata Luthfi.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com