Advertorial

Pelindo Multi Terminal Lakukan Transformasi di Pelabuhan Tanjung Wangi

Kompas.com - 21/06/2023, 16:24 WIB

KOMPAS.com - PT Pelindo Multi Terminal (SPMT) Branch Tanjung Wangi selaku Subholding PT Pelabuhan Indonesia (Persero) atau Pelindo melakukan go-live pada sistem Pelindo Terminal Operation System – Multipurpose (PTOS-M), Rabu (21/6/2023).

Kegiatan tersebut dilakukan selepas apel pagi yang diikuti oleh seluruh tim operasional SPMT Branch Tanjung Wangi.

Go-live PTOS-M merupakan implementasi dari inisiatif strategis Pelindo Group dalam melakukan transformasi dan standardisasi operasi pelabuhan yang berpegang pada enam pilar, yakni proses bisnis, teknologi, peralatan, sumber daya manusia (SDM), infrastruktur, dan health safety security and environment (HSSE).

Sekretaris Perusahaan Pelindo Multi Terminal Fiona Sari Utami mengatakan, peralihan sistem Go-live PTOS-M menjadi bagian dari standardisasi operasional SPMT untuk meningkatkan kualitas layanan bagi para pengguna jasa SPMT Branch Tanjung Wangi.

“Sistem tersebut mulai dioperasikan pukul 10.00 WIB dan bertepatan dengan pelayanan perdana kapal Oceanic 5 yang memiliki muatan komoditas clinker sebesar 7.500 ton,” ujar Fiona dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Rabu (21/6/2023).

Sebagai informasi, selain pengoperasian Go-live PTOS-M, SPMT Branch Tanjung Wangi juga melakukan penanaman 30 batang pohon trembesi di area Pelabuhan Tanjung Wangi.

Kegiatan tersebut mereka lakukan bersama pemangku kepentingan kepelabuhanan Branch Tanjung Wangi.

Adapun kegiatan penanaman pohon merupakan wujud komitmen SPMT dalam menjaga kualitas udara di lingkungan wilayah pelabuhan.

Selain itu, upaya tersebut juga bertujuan untuk menjaga kelestarian dan keseimbangan ekosistem pesisir, khususnya di sekitar area Pelabuhan Tanjung Wangi.

“Aksi penanaman pohon sejalan dengan momentum transformasi operasional yang dilakukan di Tanjung Wangi. Transformasi dari SPMT Branch Terminal Tanjung Wangi adalah sebuah upaya untuk menghadirkan layanan operasional yang lebih baik dan meningkatkan kepuasan para pengguna jasa," kata Fiona.

Selain terapkan Go-live PTOS-M, SPMT Branch Tanjung Wangi juga lakukan kegiatan penanaman pohon. Dok. Pelindo Selain terapkan Go-live PTOS-M, SPMT Branch Tanjung Wangi juga lakukan kegiatan penanaman pohon.

Sebelum melakukan transformasi di Branch Tanjung Wangi, lanjut Fiona, SPMT juga telah melakukan hal serupa pada Branch Jamrud Nilam Mirah, Surabaya, Jawa Timur.

“Kami juga melakukan transformasi operasional di terminal lain di seluruh Indonesia. Hal ini dilakukan agar tercipta standardisasi layanan operasional multipurpose untuk mendukung kinerja dan konektivitas Indonesia sesuai dengan visi SPMT, yaitu Indonesia’s Connectivity Champion," terang Fiona.

Setelah semua agenda selesai, acara yang digelar oleh SPMT Branch Terminal Tanjung Wangi pun ditutup dengan pemberian bantuan kepada anak yatim serta doa bersama demi kelancaran operasional.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com