Advertorial

Indonesia GPR Award 2023, Gubernur Sulsel Andi Sudirman Terpilih Jadi Pemimpin Terpopuler di Media Pemberitaan Online

Kompas.com - 22/06/2023, 13:44 WIB

KOMPAS.com - Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel) Andi Sudirman Sulaiman terpilih sebagai Pemimpin Terpopuler di Media Pemberitaan Online 2023 pada ajang The 1st Indonesia GPR Awards (IGA) 2023 yang dilaksanakan Humas Indonesia di Hotel Claro, Makassar, Sulsel, Jumat (16/6/2023)

Penghargaan tersebut merupakan bagian dari hasil komunikasi publik kepala daerah yang dilakukan untuk pembangunan dan peradaban bangsa dengan menyampaikan kebijakan, program, serta kinerja pemerintah daerah (pemda).

Sebagai informasi, terdapat tiga kategori penghargaan pada IGA 2023, yakni Humas Pemerintah Terbaik, Lembaga Humas Terbaik, dan Program Kehumasan Pemerintah Terbaik.

Adapun pemilihan pada kategori Pemimpin Terpopuler di Media Pemberitaan Online dilakukan melalui proses media monitoring dengan menggandeng perusahaan media monitoring terkemuka, NoLimit. Monitoring sendiri dilakukan secara kuantitatif dan melalui analisis kualitatif.

Andi mengatakan, ia sangat berterima kasih kepada pihak yang telah membantu mempublikasikan dirinya sebagai gubernur sehingga kinerjanya dapat tersampaikan dengan baik.

"Terima kasih kepada seluruh organisasi perangkat daerah (OPD) atas dukungannya dalam hal program dan publikasi, khususnya Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Sulsel serta pejabat pengelola informasi dan dokumentasi," ujar Andi dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Sabtu (17/6/2023).

Selain itu, Andi juga tak lupa untuk berterima kasih kepada sejumlah media yang dinilainya telah membantu mengomunikasikan dan menyampaikan informasi.

"Media memiliki peranan besar dalam menyampaikan informasi akurat dan menyongsong nilai-nilai peradaban," kata Andi.

Sementara itu, Chief Executive Officer (CEO) Center for Public Relations, Outreach, and Communication (CPROCOM) Emilia Bassar Emilia Bassar menjelaskan, penghargaan kepada Andi diberikan bukan hanya persoalan populer saja, tetapi performa dari kerja nyatanya yang dilakukan untuk masyarakat.

Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman. Dok. Pemprov Sulsel Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman.

"Bukan hanya populer, tetapi Andi melakukan kerja nyata untuk masyarakat Sulsel. Kemudian, kita lihat Andi ada dalam pemberitaan dengan tone (nada) positif. Ini juga memberikan nilai tambah. Tone positif itu pada kinerjanya yang dipublikasikan dengan baik," jelas Emilia.

Atas penghargaan yang didapat, Emilia pun tak lupa untuk mengucapkan selamat kepada Gubernur Sulsel tersebut.

"Selamat kepada Andi. Semoga menginspirasi dan bisa terus bermanfaat bagi Sulsel melalui karya-karyanya. Ini juga merupakan kerja nyata beliau sebagai pimpinan yang dicintai oleh warganya," katanya.

Untuk diketahui, juri The 1st IGA terdiri dari Founder dan CEO Public Relation (PR) Indonesia Group Asmono Wikan, CEO CPROCOM Emilia Bassar, Ketua Umum Asosiasi Perusahaan Public Relations (APPRI) Jojo Suharjo Nugroho, PR Consultant Mario Wongsonagoro, dan Wakil Rektor 1 London School Public Relation (LSPR) Janette Maria Pinariya.

Selain Andi, Gubernur lain yang mendapatkan penghargaan adalah Ridwan Kamil (Jawa Barat), Kofifah Indar Parawansa (Jawa Timur), dan Irsan Noor (Kalimantan Timur).

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com