Advertorial

Jangan Sampai Anak Sakit Selama Liburan, Berikut 3 Cara Jaga Kekebalan Tubuh Buah Hati

Kompas.com - 22/06/2023, 15:00 WIB

 

KOMPAS.com - Momen liburan sekolah merupakan waktu yang dinantikan oleh anak-anak. Di momen ini, anak-anak dapat menikmati berbagai aktivitas bersama sahabat atau berekreasi bersama orangtua.

Selama masa libur sekolah, orangtua tetap perlu memperhatikan kesehatan anak-anak. Apalagi jika keasyikan beraktivitas, anak kerap lupa dengan jadwal makan mereka. Akibatnya, pola makan menjadi tidak teratur dan bisa memengaruhi kondisi tubuhnya.

Ditambah lagi dengan peningkatan aktivitas bermain di luar rumah, hal tersebut dapat meningkatkan risiko terpapar penyakit pada anak.

Oleh karena itu, orangtua perlu memperhatikan kondisi anak agar tetap dapat menikmati liburan. Orangtua dapat meningkatkan sistem imun anak dengan menerapkan tiga tip berikut.

  1. Aktivitas fisik teratur

Selama libur sekolah, orangtua perlu mengajak dan menemani anak melakukan berbagai aktivitas fisik di luar ruangan sesuai kesukaannya. Misalnya bersepeda, berenang, atau berpartisipasi dalam olahraga yang mereka sukai.

Seperti diketahui, aktivitas fisik membantu meningkatkan sirkulasi darah, meningkatkan kinerja sendi dan otot, memperbaiki postur tubuh, serta meningkatkan sistem kekebalan tubuh anak-anak. 

Selain itu, aktivitas fisik juga membantu mengurangi stres, meningkatkan mood, dan memberikan energi positif.

  1. Istirahat cukup

Lantaran perubahan aktivitas, liburan sekolah dapat memengaruhi pola tidur anak-anak. Oleh karena itu, orangtua harus memastikan anak-anak mendapatkan istirahat cukup agar sistem kekebalan anak dapat terjaga.

Orangtua juga perlu menerapkan jadwal tidur yang konsisten dan batasi paparan terhadap perangkat elektronik menjelang waktu tidur selama libur sekolah.

Orangtua bisa pula menciptakan lingkungan tidur yang nyaman dan tenang. Misalnya, mematikan atau mengurangi kebisingan di sekitar tempat tidur anak. 

  1. Berikan nutrisi berkualitas dan seimbang

Orangtua dapat memberikan menu makanan harian yang dapat memenuhi kebutuhan nutrisi makro dan mikro. Adapun nutrisi makro terdiri dari karbohidrat, protein, serta lemak baik. Sementara, nutrisi mikro terdiri dari vitamin dan mineral.

Bunda bisa mengikuti panduan piring makan dalam menyajikan makanan. Panduannya adalah sebagai berikut.

Pertama, setengah piring makan berisi sayur dan buah-buahan dengan beragam jenis dan warna. 

Kedua, seperempat piring makan berisi makanan sumber protein dan lemak sehat, seperti ikan, ayam, serta kacang-kacangan. 

Ketiga, seperempat piring makan berisi makanan sumber karbohidrat kompleks, seperti biji-bijian utuh, nasi cokelat, gandum utuh, serta pasta.

Sebagai tambahan, Bunda bisa pula memberikan susu kepada anak untuk menunjang daya tahan tubuh. Pasalnya, susu merupakan sumber protein dan kalsium yang penting untuk pertumbuhan dan perkembangan anak-anak.

Adapun asupan protein dalam susu dapat membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh, meningkatkan produksi antibodi, dan melawan infeksi. Sementara itu, kalsium dapat membantu memperkuat tulang dan gigi, serta menjaga kepadatan tulang.

Untuk susu, ibu bisa memberikan Morinaga Chil Go kepada buah hati. Morinaga Chil Go mengandung protein dan asam amino esensial untuk kebutuhan protein harian. Susu ini juga dibekali serat pangan inulin yang mendukung kesehatan saluran cerna sebagai salah satu sistem pertahanan tubuh. 

Sebagai informasi, saluran pencernaan merupakan organ terbesar dalam tubuh. Dalam organ ini, terdapat 70 hingga 80 persen sel imun. Oleh karena itu, keseimbangan bakteri baik dalam saluran cerna harus dijaga agar anak terlindung dari penyakit. 

Tak hanya inulin, susu Morinaga Chil Go dalam bentuk bubuk juga mengandung vitamin A, C, dan E serta zinc. Masing-masing nutrien ini berperan dalam pembentukan sel imun, perlindungan pada saluran cerna dan tubuh dari patogen, serta membantu anak untuk kembali sehat.

Selain susu bubuk, Morinaga Chil Go juga memiliki varian cair yang bisa dibawa ke mana-mana dan menjadi camilan enak bernutrisi setiap hari untuk anak. Susu cair Morinaga Chil Go hadir dalam 5 varian rasa, yaitu stroberi, melon, cokelat, vanila, dan original yang lebih rendah gula. Susu cair steril siap minum ini mengandung serat pangan inulin, sembilan vitamin, serta lima mineral untuk mendukung daya tahan fisik anak.

Dengan kandungan tersebut, Morinaga Chil Go mendukung daya tahan tubuh anak dan tumbuh kembangnya. 

Yuk isi waktu liburan dengan anak tanpa khawatir daya tahan tubuhnya menurun. Penuhi nutrisi hariannya sembari lengkapi dengan susu dari Morinaga Chil Go. 

Untuk mendapatkan produk Morinaga Chil Go, Bunda bisa klik tautan ini.

Baca tentang
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com