Advertorial

Tingkatkan Kesadaran Masyarakat akan Kesehatan Bayi dan Anak, Makuku Gelar Penyuluhan lewat Sejumlah Posyandu dan Rumah Sakit di Jabodetabek

Kompas.com - 23/06/2023, 00:12 WIB

KOMPAS.com – Guna meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap kesehatan bayi dan anak, Makuku menggelar penyuluhan gratis pada bulan Juni 2023 di sejumlah posyandu di kawasan Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek). Tepatnya di Kramat Jati, Pondok Pinang, Ciputat, Sawangan, Limo, Ciparigi, dan Kedung Halang.

Adapun kegiatan itu diisi oleh serangkaian pemeriksaan tumbuh kembang oleh tenaga kesehatan, seperti pengukuran berat, tinggi badan, dan lingkar kepala anak, serta pemberian edukasi tentang cara memilih popok bayi yang aman bagi kulit si kecil.

Sebanyak 9 dari 10 ibu yang hadir pun mengaku penyuluhan dan edukasi yang digelar oleh Makuku bermanfaat, terutama bagi anak yang sedang dalam masa pertumbuhan.

Chief Executive Officer (CEO) Makuku Indonesia Jason Lee mengatakan, pelibatan rumah sakit untuk memberikan edukasi kesehatan di posyandu menjadi langkah tepat dalam meningkatkan pengetahuan dan kesadaran masyarakat tentang kesehatan. Begitu juga dalam memperluas sebaran edukasi tentang teknologi popok bayi super absorbent polymer (SAP).

“Edukasi ini bertujuan agar para orangtua mengenal dan mengetahui manfaat baik dari penggunaan inti struktur SAP pada popok terhadap kesehatan kulit anak,” ujarnya dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Kamis (22/6/2023).

Sebagai informasi, dalam setiap penyuluhan, Makuku mengadakan demo produk agar orangtua dapat merasakan langsung perbedaan kualitas Makuku dengan produk popok lain. Sebab, selain supertipis, popok Makuku juga punya kemampuan supermenyerap dan antigumpal.

Hingga saat ini, Makuku telah berkontribusi dengan memberikan popok bayi di 20 posyandu sekitar Jabodetabek. Produk popok ini juga telah bekerja sama dengan Rumah Sakit Restu Kasih dan Rumah Sakit Sari Asih Ciputat untuk mengedukasi bahaya ruam popok bagi kesehatan si kecil.

Keunggulan popok Makuku pun diakui oleh salah satu peserta penyuluhan di Posyandu Ciputat, Puji (28), yang sudah lama menggunakan produk tersebut.

Ibu dari balita berusia dua tahun itu mengatakan, popok Makuku unik karena memiliki tekstur tipis, tapi dapat menahan bocor dan tidak mudah menggembung atau menggumpal meski sudah penuh.

Ia pun mengaku sempat mencoba popok lain, tapi kualitasnya tidak seunggul Makuku.

“Selama menggunakan Makuku, saya sangat terbantu karena popok tidak bocor. Maka dari itu, waktu tahu Makuku datang ke posyandu dekat rumah, saya senang banget. Jadi, langsung saja datang sekalian jadwal anak untuk cek kesehatan,” tuturnya.

Sementara itu, dokter dari Rumah Sakit Sari Asih Ciputat Dr dr Fitriyati Irviana, MM, mengatakan bahwa menjaga kebersihan pada kulit bayi penting. Upaya ini bisa dilakukan dengan penggunaan diapers yang tepat agar bayi terhindar dari infeksi, termasuk ruam popok.

“Untuk itu, penting memberikan edukasi sejak dini pada orangtua tentang bahaya ruam popok dan dampak buruknya pada kesehatan si kecil. Senang sekali acara bisa dihadiri oleh banyak ibu di posyandu. Begitu juga dengan dukungan yang diberikan Makuku. Harapannya, semoga program ini berkesan dan bermanfaat bagi semua,” ujarnya.

Investasi kesehatan anak

Kesehatan si kecil adalah investasi masa depan yang sangat berharga. Karena itu, orangtua perlu memperhatikan perkembangan dan pertumbuhannya mulai dari sekarang.

Hal itu bisa dilakukan dengan memberikan perawatan kesehatan yang memadai, seperti pemilihan popok bayi berkualitas.

Sebagai pelopor popok anti gumpal pertama di Indonesia yang menggunakan SAP Core Technology tanpa campuran pulp (kapas atau serat kayu), Makuku mampu memberikan solusi atas kebutuhan tersebut.

Untuk diketahui, SAP Core Technology merupakan butiran serbuk yang berubah menjadi gel ketika terkena cairan. Cairan tersebut akan terkunci dan diikat dengan baik sehingga tidak akan merembes ke permukaan meski si kecil duduk atau popok dalam kondisi tertekan.

Risiko kebocoran pada popok berteknologi SAP Core Technology juga kecil. Pasalnya, komponen SAP pada popok tersebut tetap stabil berada di tempatnya dan tidak berisiko menggumpal.

Berbeda dengan popok lain, bergesernya komponen penyerap bisa menimbulkan ruangan kosong. Akibatnya, popok tidak mampu menahan cairan si kecil dan berujung pada kebocoran.

Bahan penyerap SAP juga membuat popok lebih tipis meski telah banyak menyerap cairan si kecil. Penyerapan cairan pun jadi lebih cepat dan merata ke seluruh permukaan popok atau tidak menumpuk di satu sisi saja.

Kemampuan tersebut tidak ditemukan pada popok tradisional yang masih menggunakan bahan penyerap SAP yang dicampur dengan pulp. Kombinasi keduanya berakibat pada penyerapan cairan yang tidak menyebar dan membuat popok mudah menggumpal. Jika sudah begini, si kecil akan merasa tidak nyaman karena popok menjadi berat dan menggumpal akibat guncangan saat si kecil bergerak.

Makuku SAP Diapers Slim efektif kurangi risiko ruam popok

Inovasi produk Makuku dengan teknologi baru SAP diharapkan dapat membantu mengurangi kecemasan orangtua terhadap ruam popok. Makuku SAP Diapers Slim Care menjadi solusi yang terbukti efektif mengurangi ruam popok.

Berikut adalah deretan keunggulan Makuku SAP Diapers Slim Care.

  1. Antigumpal

Kemampuan ini lantaran Makuku SAP Diapers Slim Care memiliki daya serap tinggi. Jika penyerapan popok lain tidak menyebar, berbeda dengan produk ini. Sebab, popoknya dapat menyerap secara merata hingga ke seluruh permukaan.

Artinya, penyerapan cairan tidak di satu titik saja. Biasanya, popok jadi mudah menggumpal, terutama saat si kecil banyak bergerak, karena penyerapan cairan hanya terjadi di satu titik.

  1. Supertipis dan supermenyerap

Penyerapan cairan yang baik tidak hanya terjadi pada popok tebal. Pasalnya, Makuku SAP Diapers Slim Care mampu bekerja maksimal meski didesain tipis. Penyerapan cairan oleh produk tersebut pun cepat dan merata sehingga bayi bisa merasa nyaman.

  1. Belly button U-shape

Perawatan bayi lahir memang harus sangat hati-hati, apalagi terkait dengan kesehatannya. Salah satu hal yang harus diperhatikan adalah kebersihan dan kesehatan tali pusar bayi baru lahir.

Untuk melindungi tali pusar bayi baru lahir yang belum lepas, Makuku SAP Diapers Slim Care dilengkapi fitur belly button U-shape. Fitur ini memberikan lengkungan berbentuk U pada bagian karet depan popok yang dapat membantu menghindari gesekan antara popok dengan tali pusar.

Dengan begitu, orangtua tidak perlu repot menggulung atau menggunting bagian depan popok.

  1. Fitur pendukung lainnya

Selain keunggulan tersebut, Makuku SAP Diapers Slim Care juga dilengkapi dengan fitur yang mempermudah tugas para ibu.

Fitur tersebut di antaranya struktur 3D, yakni lapisan permukaan didesain heksagonal sehingga dapat mengurangi kontak dengan kulit.

Kemudian, ketersediaan permukaan rongga udara untuk pertukaran udara bagian bawah dan memungkinkan udara segar masuk. Dengan demikian, kelembapan kulit bayi tetap terjaga.

Selain itu, produk tersebut juga memiliki bahan inti samping sehingga popok punya lebih banyak area penyerapan dan mengurangi risiko kebocoran samping.

Ada pula indikator urine berupa perubahan warna dari kuning ke biru yang memudahkan para ibu untuk mengetahui keterisian popok.

Lalu, tape pembuang yang memudahkan para ibu ketika membuang popok. Caranya, cukup dengan cara menggulung popok tersebut dan direkatkan agar kotoran tidak berantakan sehingga lingkungan tetap terjaga kebersihannya.

Makuku SAP Diapers Slim Care hadir dalam tipe perekat dan celana dengan harga mulai dari Rp 64.900 untuk size NB - S dan size M - XXL mulai dari Rp 82.900.

Produk tersebut pun dapat dengan mudah ditemukan di Superindo, Hypermart, Hero, Transmart, Diamond Supermarket, serta Raja Susu, Clandys, Suzanna, Balonku, Yogya, dan Susuku. Selain itu, tersedia juga di toko online resmi Makuku Indonesia Official di sejumlah platform e-commerce, seperti Lazada, Shopee, Tiktok Shop, dan Tokopedia

Untuk mengetahui informasi lebih lengkap tentang Makuku SAP Diapers varian lainnya, silakan ikuti akun instagram Makuku Indonesia Official dan kunjungi website makuku.co.id.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com