Advertorial

Bupati Klaten Berikan Sejumlah Bantuan Saat Menyambangi Warga Desa Bengking

Kompas.com - 23/06/2023, 17:33 WIB

KOMPAS.com – Bupati Klaten Sri Mulyani mengikuti kegiatan Sambang Warga putaran kedua di Balai Desa Bengking, Kecamatan Jatinom, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah (Jateng), Jumat (23/6/2023). 

Kegiatan tersebut juga dihadiri Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Klaten, asisten, kepala organisasi perangkat daerah (OPD), camat, kepala desa se-Kecamatan Jatinom, tokoh agama, dan tokoh masyarakat.

Sri Mulyani menjelaskan, kegiatan Sambang Warga diselenggarakan guna menampung semua usulan dan masukan terkait permasalahan yang terjadi di tengah masyarakat untuk segera diselesaikan.

“Kami (pemerintah daerah/pemda) hadir di sini memberikan pelayanan. Dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Klaten kami bawa ke Jatinom, mulai dari layananan perpustakaan, dinas kependudukan dan pencatatan sipil, hingga kesehatan, dibawa ke Jatinom,” jelas Sri Mulyani dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Jumat. 

Pada kesempatan tersebut, ia juga memberikan sejumlah bantuan secara langsung kepada masyarakat, yakni bantuan dari Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) untuk 15 orang muazin dan marbut masjid sejumlah Rp 3 juta serta bantuan dua jambanisasi dengan total Rp 5 juta.

Kemudian, bantuan pendidikan untuk 10 orang sejumlah Rp 4 juta, bantuan jaminan hidup dari Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (DINSOSP3AKB) Kabupaten Klaten untuk 6 orang senilai Rp 1 juta, dan alat bantu disabilitas berupa kursi roda untuk warga bernama Joko Susilo.

Selanjutnya, Sri Mulyani memberikan bantuan Tabungan Simpanan Pelajar (Simpel) Ayah kepada 10 anak yatim dengan total Rp 2,5 juta, bantuan dari Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) berupa sembako untuk 10 orang sejumlah Rp 2 juta, dan bantuan 25 ekor kambing dari Dewan Kehormatan Penyelenggaraan Pemilu (DKPP) Jateng untuk aktivitas Desa Mandiri Pangan Sarana Makmur.

Ia juga menyalurkan bantuan dari DKPP Klaten sejumlah 305 pohon lengkeng dan satu kendaraan bermotor roda tiga, serta bantuan kecamatan sejumlah 64 paket sembako untuk desa miskin ekstrem di Jatinom senilai Rp 6,4 juta. 

“Kami menggandeng Baznas, PDAM, dan Bank Jateng, sebagai rasa kepedulian kepada masyarakat,” ujarnya.

Pelaksana Tugas (Plt) Camat Jatinom Agus Sunyata menyampaikan bahwa saat ini, situasi Kecamatan Jatinom kondusif, aman, tentram, dan damai. Pembangunan dan pertumbuhan ekonomi di kecamatan ini juga lebih terasa karena kehadiran investor dalam waktu dekat.

“Kami berharap perusahaan yang hadir akan meningkatkan taraf ekonomi dan membuka lapangan kerja,” kata Agus.

Pada kesempatan tersebut, Agus juga meminta kepada Sri Mulyani untuk membangun jalan simpang lima atau jalur alternatif di Pasar Legen agar tidak terjadi penumpukan kendaraan.

“Ke depan, mohon dukungan Pemkab Klaten karena (juga) akan ada pembangunan ikon apem atau Prasasti Tradisi Yaqowiyu,” terang Agus.

Setelah acara Sambang Warga, Sri Mulyani didampingi Sekda Kabupaten Klaten, Camat Jatinom, dan Kepala Desa Bengking menandatangani prasasti sebagai simbol peresmian sarana prasarana yang dibangun menggunakan dana Desa Bengking. Sarana prasarana ini terdiri dari satu unit sumur dan bank air.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com