Advertorial

Perhatikan Dulu 3 Hal Ini Sebelum Membeli Motor Listrik

Kompas.com - 26/06/2023, 08:00 WIB

KOMPAS.com – Kehadiran motor listrik semakin diminati masyarakat Indonesia. Sebab, kendaraan ini menawarkan alternatif mobilitas. Selain itu, motor listrik juga mudah digunakan dan ramah lingkungan karena tidak menghasilkan polusi.

Para produsen pun berlomba-lomba menghadirkan berbagai merek dan model motor listrik. Meski begitu, kehadiran motor listrik masih tergolong baru sehingga belum banyak orang memahami cara memilihnya sesuai kebutuhan.

Buat Anda yang tertarik membeli motor listrik, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Dengan begitu, motor listrik yang dibeli dapat digunakan dalam waktu yang lama. Berikut adalah ulasannya.

  1. Spesifikasi motor listrik

Sama seperti membeli kendaraan konvensional, sebaiknya pelajari dulu spesifikasi motor listrik yang hendak di beli. Apalagi, setiap motor listrik menawarkan fitur dan keunggulan yang berbeda sehingga bisa dipilih sesuai kebutuhan.

Ada beberapa aspek yang perlu diketahui dari motor listrik. Pertama, jenis baterai, kapasitas penggerak dan baterai, dan cara pengisiannya. Sebagai contoh, motor listrik Viar New Q1 dibekali baterai lithium ion 60 volt dengan kapasitas 23 Ah.

Kedua, kecepatan maksimal dan jarak tempuh. Kapasitas penggerak dan baterai dapat menentukan kecepatan maksimal dan jarak tempuh motor listrik.

Ketiga, daya angkut maksimal. Setiap motor listrik punya daya angkut bervariasi, misalnya 120 kg, 200 kg, dan 225 kg. Keempat, komponen motor listrik, seperti ban, rantai, sistem pengereman, sistem penggerak, dan kerangka.

Kelima, fitur tambahan. Tak hanya fitur standar, beberapa jenis motor listrik juga dilengkapi fitur tambahan untuk menunjang pengalaman berkendara. Sebagai contoh, fitur GPS, mode berkendara, koneksi Bluetooth, dan peta atau navigasi.

  1. Jenis dan kualitas baterai

Baterai pada motor listrik merupakan sumber utama daya penggerak motor. Terdapat dua jenis baterai yang umum dijumpai pada motor listrik di Indonesia, yakni sealed lead acid (SLA) dan lithium. Lithium sendiri dibagi menjadi 2 jenis, yakni lithium ion (Li-Ion) dan lithium polymer (Li-Po),

Meskipun berfungsi sama, kedua jenis baterai tersebut memiliki beberapa perbedaan. Baterai SLA punya harga yang lebih murah dengan bobot lebih berat. Baterai ini sering dijumpai pada motor listrik dengan harga menengah ke bawah. Baterai ini punya karakteristik tangguh, kuat, dan tahan lama.

Sementara itu, baterai lithium umum dijumpai pada motor listrik menengah ke atas. Baterai ini punya bentuk kecil dan dipasang menggunakan konfigurasi rangkaian paralel. Satu rangkaiannya bisa mengandung puluhan hingga ratusan baterai.

“Baterai lithium lebih bagus dan lebih kompak jika dibandingkan baterai SLA. Umur pemakaiannya panjang dan bisa menyimpan daya listrik lebih besar. Baterai jenis ini juga dipakai di Tesla,” ucap pemilik Bengkel Spesialis Motor Listrik EV Centrum, Adyta, sebagaimana diberitakan Kompas.com, Kamis (16/3/2023).

  1. Kondisi jalan di sekitar rumah

Kontur jalan dan area yang akan dilewati motor listrik ternyata bisa memengaruhi umur pakai motor listrik. Technical Manager GoEasy Electric Motorcycle Didien mengatakan, optimalnya, motor listrik digunakan di jalan beraspal mulus, seperti perkotaan. Jika dikendarai di jalan penuh lubang atau belum beraspal, penggerak hub-drive yang biasanya digunakan motor listrik berisiko rusak.

Untuk diketahui, penggerak hub-drive menyimpan berbagai komponen penting pada roda belakang, seperti dinamo, kumparan, dan magnet.

“Kalau lewat jalan yang kurang rata, geronjalan, hub-drive motor bisa peyang. Kalau sudah rusak, biaya servisnya cukup mahal karena melibatkan satu komponen besar,” kata Didien seperti diberitakan Kompas.com, Sabtu (29/5/2023).

Jika tetap ingin membeli motor listrik, Didien menyarankan untuk memilih motor dengan penggerak mid-drive karena komponen penting di tempatkan di bagian tengah motor. Dengan demikian, motor lebih kuat melewati jalan berlubang.

Itulah tiga hal yang patut diperhatikan sebelum membeli motor listrik. Kini, motor listrik bisa didapatkan dengan mudah, baik secara offline dengan mengunjungi dealer maupun online.

Salah satu platform marketplace yang menjual motor listrik adalah Tokopedia. Harga motor listrik yang ditawarkan pun beragam. Motor listrik Viar New Q1, misalnya, dibanderol dengan harga mulai dari Rp 21 juta. Kemudian, ada motor listrik Uwinfly T3S dengan harga sekitar Rp 9,5 juta.

Yuk, segera miliki motor listrik impian Anda dengan berbelanja di Tokopedia!

Baca tentang
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com