Advertorial

7 Hot Spot Wisata Mancanegara yang Bisa Dikunjungi Gratis

Kompas.com - 26/06/2023, 15:36 WIB

KOMPAS.com – Banyak orang bermimpi untuk bisa bepergian ke luar negeri. Bahkan, tak sedikit yang menjadikan salah satu negara di luar negeri sebagai tujuan wisata impian.

Namun, wisata keluar luar negeri identik dengan bujet yang mahal. Pasalnya, selain tiket transportasi dan akomodasi, wisatawan juga harus menyiapkan biaya untuk makan, berbelanja, hingga tiket masuk ke destinasi wisata dalam mata uang negara yang dituju.

Survei terbaru yang dilakukan salah satu platform perjalanan digital terkemuka, Agoda, bertajuk Travel Trend Survey menemukan bahwa banyak wisatawan, termasuk Indonesia, telah menetapkan anggaran liburan mereka tahun ini.

Adapun kisaran bujet yang dialokasikan sekitar 201-500 dollar AS atau sekitar IDR 3-7,5 juta per orang untuk perjalanan dan akomodasi. Sebagai informasi, survei itu membahas tren perjalanan di wilayah Asia-Pasifik.

Agoda pun memahami pentingnya pengalaman perjalanan yang terjangkau. Untuk memenuhi anggaran yang diharapkan para wisatawan, Agoda merekomendasikan tujuh hot spot wisata di luar negeri yang dapat dikunjungi tanpa mengeluarkan uang alias gratis. Berikut adalah ulasannya.

  1. Santorini

Salah satu pulau paling terkenal di Yunani ini terkenal sebagai kota serbaputih dengan pemandangan laut biru yang menyejukkan mata. Selain itu, Santorini juga menyuguhkan berbagai atraksi wisata yang tidak kalah menarik.

Di sana kamu bisa menjelajahi desa-desa tradisional seperti Pyrgos, mengunjungi berbagai pantai indah seperti Red Beach, dan menikmati pemandangan menakjubkan dari Oia. Kamu bisa menikmati berbagai keindahan pulau ini tanpa biaya masuk.

  1. Sisi Timur Tembok Berlin (Berlin Wall East Side Gallery)

Destinasi wisata ini merupakan galeri seni jalanan terpanjang di dunia yang terletak di bekas tembok Berlin, Jerman. Di sini kamu bisa menikmati ratusan lukisan menarik yang menggambarkan sejarah di tembok sepanjang 1.316 meter.

Tanpa perlu membayar tiket masuk, di Berlin Wall East Side Gallery, kamu bisa menyaksikan karya-karya legendaris, seperti lukisan berjudul Fraternal Kiss karya Dmitri Vrubel dan lukisan bertajuk Trabant karya Birgit Kinders.

  1. Tembok Besar China (The Great Wall of China)

Tembok Besar China merupakan salah satu landmark di China yang dinobatkan sebagai keajaiban dunia. Meskipun beberapa bagian dari destinasi wisata ini memberlakukan tiket masuk bagi pengunjung, terdapat bagian lain yang bisa diakses wisatawan secara gratis.

Salah satunya adalah lintasan Juyongguan atau Mutianyu yang menawarkan pemandangan spektakuler. Juyongguan sendiri terletak di lembah yang dikelilingi oleh dua gunung. Pemandangan di lintasan ini semakin indah karena terdapat banyak bangunan tua, seperti menara dan kuil, di sekitarnya.

  1. Kanal-kanal Amsterdam

Kanal-kanal di Kota Amsterdam, Belanda, menjadi salah satu tujuan wisata menarik dan gratis yang mencerminkan pesona dan sejarah kota ini. Jalur air yang dibangun selama zaman emas Belanda itu mengalir di tengah-tengah kota dan menawarkan pemandangan indah dari bangunan bersejarah, jembatan-jembatan cantik, dan rumah-rumah perahu.

Kamu bisa menikmati keindahan berbagai kanal Kota Amsterdam lewat beragam cara. Sebagai contoh, berjalan menyusuri tepi kanal, menyewa sepeda untuk menjelajahi kota, atau naik feri gratis.

Kamu pun akan dibawa tenggelam dalam atmosfer yang memukau dan keindahan arsitektur yang ditawarkan oleh kanal-kanaI tersebut.

  1. Air mancur di Roma

Kota Roma, Italia, punya banyak air mancur indah yang tersebar di seluruh penjuru kota. Berbagai air mancur ini menjadi tujuan destinasi wisata menarik dan mudah dijangkau tanpa perlu mengeluarkan biaya. Air mancur yang tersebar di seluruh kota ini pun merupakan bukti warisan budaya dan kemampuan seni yang kaya di Roma.

Mulai dari keagungan Trevi Fountain hingga keindahan yang menenangkan dari Fountain of the Four Rivers di Piazza Navona, setiap air mancur punya kisah sendiri dan menambah sentuhan kemegahan pada lanskap kota.

Untuk menikmati keindahannya, kamu bisa memilih untuk berjalan-jalan di kota atau duduk di samping air mancur, mengagumi kerajinan tangan yang rumit di tubuh air mancur, bermain air, atau menikmati suasana tenang yang tercipta dari air mancur tersebut.

  1. Hyde Park

Hyde Park atau Taman Hyde merupakan taman terbesar di London, Inggris. Kawasan ini menawarkan area terbuka hijau seluas kurang lebih 142 hektare (ha) yang bisa dimanfaatkan untuk berbagai kegiatan, seperti bersantai, piknik, dan berolahraga.

Sebagai salah satu dari delapan Royal Park di London, Hyde Park memiliki banyak atraksi wisata. Sebut saja Triumphal Screen, Wellington Arch, 7 July Memorial, dan Hyde Park Speakers Corner.

Sebagian besar area taman itu gratis untuk dikunjungi. Namun, ada beberapa atraksi di dalam taman yang mungkin dikenakan biaya masuk, seperti Serpentine Galleries dan Diana Memorial Playground.

  1. Washington DC

Washington DC, Amerika Serikat, merupakan tujuan wisata menarik serta gratis yang menawarkan beragam pengalaman budaya dan pendidikan. Kota ini terkenal dengan Smithsonian Institution, kumpulan museum, dan galeri yang dapat dikunjungi tanpa biaya masuk.

Kamu dapat menjelajahi berbagai topik di Washington DC, mulai dari seni dan sejarah hingga sains dan eksplorasi luar angkasa yang dikemas dalam pameran dan tampilan interaktif kelas dunia.

Tidak hanya itu, Washington DC juga menjadi rumah bagi National Zoo yang memberikan kesempatan fantastis untuk mengamati berbagai spesies hewan secara gratis.

Itulah tujuh hot spot wisata mancanegara yang bisa kamu kunjungi secara cuma-cuma. Bagi kamu yang sedang merencanakan liburan, tidak ada salahnya untuk menyertakan salah satu dari hot spot tersebut dalam itinerari perjalanan.

Untuk mengoptimalkan anggaran perjalanan, pertimbangkan untuk menggabungkan akomodasi dan penerbangan sambil memanfaatkan diskon tambahan yang tersedia di aplikasi Agoda. Berbagai fitur, seperti Price Freeze dan Secret Deals dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan penghematan.

Yuk, jelajahi halaman agoda.com/deals untuk menemukan berbagai kemungkinan itinerari yang dapat dipilih sesuai dengan anggaran. Dengan Agoda, kamu dapat mengoptimalkan pengeluaran kamu dan menikmati pengalaman perjalanan yang luar biasa.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com