Advertorial

Mampu Bertahan Selama Tujuh Tahun, Ini Rahasia News Aggregator Caping

Kompas.com - 26/06/2023, 15:50 WIB

KOMPAS.com - Salah satu perusahaan news aggregator, Caping, terus bertahan di kala aplikasi sejenis berguguran. Saat ini, Caping sudah eksis selama tujuh tahun menemani pembaca setia Indonesia.

News Director Caping Vinna Melwanti di Jakarta mengatakan, Caping dapat bertahan karena bekerja sama dengan berbagai brand smartphone ternama, seperti Vivo, Oppo, dan Transsion Holding.

Ekosistem pembaca Caping juga tetap terjaga seiring dengan banyaknya jumlah pengguna gawai di Indonesia. Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), 67,88 persen penduduk Indonesia berusia di atas 5 tahun telah memiliki telepon genggam.

“Caping juga konsisten memberikan berbagai program menarik untuk pembaca. Kami memakai sistem poin bagi para user yang membaca, share, atau hanya sekadar like artikel. Poin itu bisa di-reedem atau ditukar dengan pulsa,” kata Vinna dalam siaran pers yang diterima Kompas,com, Jumat (23/6/2023).

Caping, lanjut Vinna, ingin menjadikan aktivitas membaca menjadi lebih berharga untuk pembaca. News aggregator ini ingin menciptakan keakraban di antara pengguna. Salah satunya, melalui konten original, “Ngobrol”.

Melalui konten tersebut, Caping dapat menjadi platform untuk berbagi informasi, berdiskusi, dan mendukung literasi masyarakat Indonesia.

“Pengguna dapat menjalin percakapan yang positif seputar hal-hal baik di sekitar mereka melalui Caping," tuturnya.

Sebagai aplikasi aggregator berita, Caping menyajikan berbagai informasi dari berbagai sumber tepercaya. Caping bekerja sama dengan media yang sudah terakreditasi untuk mengurasi berita.

"Caping memiliki lebih dari 200 media partner. Kami tak menayangkan konten dari media abal-abal atau hoaks,” kata Vinna.

Selain berfungsi sebagai wadah untuk berbagi informasi, Caping juga mendorong pengguna untuk menyumbangkan ide dan kontribusi mereka. 

Di Play Store, Caping yang masuk dalam kategori berita dan majalah. Aplikasi ini mempunyai 10 juta pengguna aktif bulanan dan 500.000 pengguna aktif harian.

Caping sudah eksis selama tujuh tahun menemani pembaca setia Indonesia. DOK. Kompas.com Caping sudah eksis selama tujuh tahun menemani pembaca setia Indonesia.

Dengan pencapaian tersebut, Caping berhasil mengadakan acara Caping Talks Pertama pada 26 Mei 2023. Acara ini dapat membantu calon mitra dalam melakukan penelitian lokalisasi peluncuran aplikasi novel digital.

"Kami bersyukur, acara tersebut dihadiri belasan pencinta novel yang memberikan saran bagaimana membaca novel dalam genggaman HP," tuturnya.

Caping, lanjut Vinna, akan terus bekerja sama dengan mitra aplikasi novel pada masa mendatang, seperti memberi para kreator konten novel atau komik berhak cipta, mendistribusikan ke mitra browser, serta layanan promosi.

"Kami berterima kasih pada pembaca dan mitra atas kehadirannya. Semoga Caping terus bertahan dan beradaptasi dengan perkembangan zaman," ujar Vinna.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com