Advertorial

Rekomendasi Tiga Printer EPSON Terbaik, Mana yang Paling Cocok untuk Anda?

Kompas.com - 27/06/2023, 17:47 WIB

KOMPAS.com – Bagi pekerja atau pelajar yang kerap mencetak berbagai dokumen, kehadiran printer terasa begitu berarti. Sebab, urusan pencetakan menjadi kian mudah dan cepat.

Namun, tidak semua printer memiliki kualitas dan fitur yang sama. Ada beberapa faktor yang perlu dipertimbangkan sebelum membeli printer, seperti kecepatan cetak, resolusi cetak, kapasitas tinta, dan biaya operasional.

Nah, bagi Anda yang sedang mencari printer, Epson bisa menjadi pertimbangan. Selain namanya mendunia, printer dari jenama ini juga terkenal akan kualitas dan kecepatan cetaknya, serta harganya yang hemat.

Salah satu seri printer Epson populer adalah EcoTank, yaitu printer dengan sistem tangki tinta (ink tank system) yang terintegrasi dengan bodi perangkat. Dengan sistem ini, pengguna tidak perlu mengganti cartridge tinta yang mahal dan sering habis. Sebaliknya, cukup isi ulang tangki tinta dengan botol tinta Epson yang murah dan awet.

Dari sekian banyak model printer EcoTank dari Epson, ada tiga model yang bisa dipilih, yaitu Epson L3210, Epson L3110, dan Epson L120. Ketiga model ini memiliki spesifikasi dan keunggulan masing-masing yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan.

Berikut adalah perbandingan antara ketiga model printer Epson tersebut.

  1. Epson L3210

Printer Epson L3210 terbilang multifungsi karena bisa digunakan untuk mencetak, memindai, dan menyalin dokumen atau foto. Desainnya yang kompak dan elegan dapat menampung tinta hingga 65 ml untuk warna hitam dan 70 ml untuk warna cyan, magenta, dan kuning.

Selain itu, perangkat tersebut juga mampu mencetak dengan kecepatan hingga 10 image per minute (ipm) untuk tinta hitam saja dan 5 ipm untuk warna. Dengan resolusi cetak mencapai 5.760 x 1.440 dpi, hasil cetak Epson L3210 pun terlihat sangat tajam dan detail. Printer ini bisa mencetak foto tanpa bingkai (borderless) hingga ukuran 4R.

Salah satu keunggulan printer tersebut adalah kemampuan mencetak dengan jumlah halaman yang banyak dengan biaya yang rendah. Dengan satu set botol tinta Epson 003, printer ini bisa mencetak hingga 4.500 halaman untuk warna hitam saja dan 7.500 halaman untuk warna. Botol tinta Epson 003 juga memiliki desain nozzle unik yang memudahkan pengisian tinta tanpa tumpah atau salah masuk.

Selain itu, printer ini juga dilengkapi dengan fitur scan beresolusi optik hingga 600 x 1.200 dpi dan copy yang bisa menghasilkan hingga 20 salinan dalam satu kali proses. Printer ini juga mendukung berbagai jenis kertas, mulai dari A4, A5, A6, B5, letter, legal, hingga amplop.

  1. Epson L3110

Printer Epson L3110 adalah salah satu model terlaris dari seri EcoTank L Series yang memiliki fungsi print, scan, dan copy. Printer ini menggunakan sistem tangki tinta yang hemat biaya dan ramah lingkungan. Dengan satu set botol tinta, Anda bisa mencetak hingga 4.500 halaman untuk warna hitam saja dan 7.500 halaman untuk warna.

Printer Epson L3110 juga memiliki desain yang kompak dan elegan. Tangki tinta diletakkan di samping bodi perangkat sehingga tidak mengganggu estetika. Nozzle botol tinta juga dibuat dengan presisi agar tidak ada tumpahan atau kesalahan saat mengisi ulang.

Printer Epson L3110 juga menawarkan kualitas dan kecepatan cetak yang baik. Printer ini menggunakan metode cetak on-demand inkjet (piezoelectric) dengan resolusi maksimum 5.760 x 1.440 dpi. Kecepatan cetaknya mencapai 10 ipm untuk warna hitam dan 5 ipm untuk warna.

  1. Epson L120

Berbeda dari dua seri di atas, Epson L120 hanya bisa digunakan untuk mencetak dokumen atau foto. Resolusi cetak yang diberikan mencapai 720 x 720 dpi dengan kecepatan cetak hingga 8 ipm untuk hitam putih dan 4 ipm untuk warna.

Tangki tinta yang disediakan besar sehingga mampu mencetak hingga 4.000 halaman hitam putih dan 6.500 halaman warna. Sementara, dari segi desain, L120 masih terbilang minimalis dan kompak sehingga tidak memakan banyak ruang.

Kekurangan printer tersebut hanya ketidaktersediaan fitur wireless sehingga harus menggunakan kabel USB untuk menghubungkannya dengan laptop atau komputer.

Printer tersebut juga tidak memiliki fitur duplex atau cetak bolak balik secara otomatis sehingga harus membalik kertas secara manual bila ingin mencetak bolak balik.

Berdasarkan perbandingan tersebut, dapat disimpulkan bahwa ketiga model printer Epson tersebut memiliki spesifikasi dan fitur yang hampir sama.

Namun, ada beberapa perbedaan yang bisa menjadi pertimbangan Anda dalam memilih printer Epson. Salah satunya adalah fungsi.

Jika membutuhkan printer multifungsi yang bisa mencetak, memindai, dan menyalin dokumen atau foto dengan kualitas tinggi, pilihlah Epson L3210 atau L3110. Pasalnya, L120 hanya bisa mencetak dokumen atau foto.

Printer Epson L3210 dan L3110 memiliki tangki tinta yang diintegrasikan ke dalam bodi perangkat, sedangkan tangki tinta Epson L120 terletak di samping bodi perangkat. Hal ini dapat berpengaruh pada preferensi Anda terhadap estetika atau ruang kerja.

Jika tertarik membeli salah satu dari printer Epson terbaik itu, Anda dapat dengan mudah memperolehnya melalui Tokopedia.

Baca tentang
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com