Advertorial

Nyaman dan Mudah Ditiru, Ini Inspirasi Bentuk Rumah Minimalis Modern 2023

Kompas.com - 28/06/2023, 11:59 WIB

KOMPAS.com - Bentuk rumah minimalis modern kian digandrungi banyak orang. Selain bentuknya simpel, gaya minimalis juga memberikan kesan ruangan yang tampak lebih lega sehingga memberikan kesan nyaman dan rapi pada hunian.

Sejatinya, gaya minimalis dapat diterapkan untuk berbagai ukuran rumah, baik lahan besar maupun kecil. Gaya ini lebih mengutamakan fungsionalitas tanpa menggunakan dekorasi berlebih. 

Meski menonjolkan kesederhanaan, gaya minimalis tetap menawan. Hal ini berkat desainnya yang fungsional sehingga mampu menyesuaikan diri dengan perkembangan zaman.

Berikut sejumlah gambar rumah minimalis yang bisa menjadi inspirasi!

Inspirasi bentuk rumah minimalis modern

Sejatinya, membangun rumah minimalis yang modern bukan perkara sulit. Kuncinya, kamu harus mengetahui terlebih dahulu desain rumah yang ingin diterapkan. Selanjutnya, sesuaikan desain dengan kebutuhan.

Agar bisa mendapatkan gambaran rumah minimalis fungsional, berikut sejumlah inspirasinya seperti dilansir dari artikel.rumah123.com.

  1. Rumah bergaya minimalis modern satu lantai

Rumah bergaya minimalis modern satu lantai menjadi model yang cocok bagi penghuni yang ingin memiliki rumah minimalis, tapi memiliki lahan terbatas. Pasalnya, desain ini berfokus untuk mengefisienkan ruang.

Rumah bergaya minimalis modern satu lantai. Dok. Istimewa Rumah bergaya minimalis modern satu lantai.

Meski hanya memiliki satu lantai, penghuni dapat memaksimalkan luas tanah yang terbatas tanpa membuang ruang.

Selain itu, gaya minimalis modern biasanya memiliki garis-garis yang bersih, bentuk sederhana, dan detail yang minim. Desain ini membantu menciptakan kesan ruang yang lebih luas dan teratur. Oleh karena itu, desain ini cocok untuk lahan sempit.

  1. Rumah minimalis modern dua lantai

Memiliki lahan yang luas membuat penghuni dapat mendesain rumah dengan lebih bebas. Kamu bisa mencoba menerapkan desain rumah minimalis modern dua lantai. Untuk menerapkan gaya arsitektur ini, kamu harus membagi ruangan dengan tepat.

Rumah minimalis modern dua lantai.Dok. Istimewa Rumah minimalis modern dua lantai.

Misalnya, lantai satu digunakan untuk dapur, kamar mandi utama, dan ruang tamu. Sementara, lantai dua digunakan khusus untuk kamar tidur.

Dengan penataan tersebut, kamu bisa mendapatkan banyak ruang gerak yang fungsional. Ruang pada hunian pun tidak terasa sempit.

  1. Rumah minimalis sederhana dua kamar

Desain alternatif selanjutnya adalah rumah minimalis sederhana dua kamar. Desain ini cocok kamu pilih jika memiliki lahan terbatas. Seperti diketahui, rumah berukuran kecil biasanya terdiri dari dua kamar. Agar tidak terasa sempit, penataan ruangan yang tepat sangat diperlukan. 

Rumah minimalis sederhana dua kamar.Dok. Istimewa Rumah minimalis sederhana dua kamar.

Adapun tips menata desain rumah minimalis modern dua kamar adalah dengan memanfaatkan ruangan terluas untuk dibagi menjadi dua kamar. Kamu bisa membagi ukurannya sama luas atau berbeda, tergantung dari kebutuhan.

  1. Hunian minimalis tiga kamar

Hunian minimalis dengan tiga kamar tidur bisa jadi pilihan jika kamu membutuhkan ruang ekstra untuk keluarga atau keperluan lain.

Hunian minimalis tiga kamar.Dok. Istimewa Hunian minimalis tiga kamar.

Pada prinsipnya, penataan desain ini hampir sama dengan rumah minimalis sederhana dua kamar. Kamu harus memperhatikan penataan yang baik dan memanfaatkan ruangan terluas. Agar rumah terlihat lebih rapi dan tidak terkesan sempit, sebaiknya kamar tidur selalu diletakkan di sisi rumah. 

Posisi kamar tidur dapat saling berdekatan atau berjauhan. Penghuni bisa memanfaatkan ruang di sebelah kamar untuk ruang tamu atau keluarga, dapur, serta kamar mandi.

  1. Rumah tipe 21 desain minimalis modern

Ingin memiliki rumah berukuran kecil, tapi tetap menonjolkan estetika modern? Kamu bisa mempertimbangkan rumah tipe 21. Rumah tipe 21 biasanya memiliki lahan berukuran 21 meter persegi (3x7 m).

Rumah tipe 21 desain minimalis modern. Dok. Istimewa Rumah tipe 21 desain minimalis modern.

Hunian tipe dapat dipilih bagi keluarga kecil atau pasangan yang baru menikah. Jika dibandingkan dengan hunian tipe lain, rumah tipe 21 memang berukuran lebih kecil.

Meski demikian, gaya rumah itu dapat memenuhi berbagai kebutuhan penghuninya. Penghuni tetap dapat menemukan berbagai bagian rumah di dalamnya, seperti dua kamar tidur, ruang tamu, dapur, serta toilet.

Untuk bagian luar, penghuni bisa memanfaatkannya untuk garasi atau taman minimalis. 

  1. Rumah tipe 36 sederhana

Rumah tipe 36 dapat menjadi pilihan jika kamu menginginkan desain rumah minimalis yang lebih besar ketimbang tipe 21. Rumah tipe ini memiliki luas 36 meter persegi (6x6 m).

Rumah tipe 36 sederhana. Dok. Istimewa Rumah tipe 36 sederhana.

Konsep minimalis modern sendiri memang cocok diterapkan pada rumah mungil. Pasalnya desain memberikan kesan lega karena seluruh ruangan dapat dimanfaatkan dengan baik.

Rumah tipe 36 sendiri dapat diisi dengan dua kamar tidur, ruang tamu, ruang keluarga, toilet, dapur, carport, serta halaman depan.

  1. Rumah minimalis modern sentuhan industrial

Ingin memiliki bentuk rumah minimalis modern anti-mainstream? Kamu bisa mencoba menambah sentuhan industrial pada desain rumah minimalis. Rumah minimalis modern dengan sentuhan industrial menggabungkan elemen-elemen desain minimalis yang bersih dan elemen industrial yang kasar dan keren.

Rumah minimalis modern sentuhan industrial.Dok. Istimewa Rumah minimalis modern sentuhan industrial.

Jika ingin menggabungkan kedua konsep tersebut, kamu bisa menggunakan tata ruang sederhana dengan meminimalkan penggunaan sekat di dalam hunian. Kemudian, dindingnya bisa menggunakan bata ekspos untuk menonjolkan kesan industrial. Jangan lupa untuk menggunakan kayu sebagai material utama pada furnitur rumah.

  1. Rumah minimalis modern bergaya Skandinavia

Selain sentuhan industrial, rumah minimalis modern bergaya Skandinavia juga dapat dijadikan pilihan. Pasalnya, gaya ini menekankan keindahan dalam kesederhanaan dan menciptakan ruang yang harmonis dan santai. Hal ini ditandai dengan garis-garis yang bersih, pencahayaan alami, dan palet warna netral. Dengan demikian, gaya ini dapat menciptakan suasana yang elegan dan tenang.

Rumah minimalis modern bergaya Skandinavia.Dok. Istimewa Rumah minimalis modern bergaya Skandinavia.

Jika ingin menerapkan gaya Skandinavia, kamu bisa menggunakan jendela besar, pintu kaca, dan langit-langit tinggi. Ini untuk memaksimalkan masuknya cahaya matahari ke dalam rumah. Pencahayaan alami memberikan kesan ruangan yang lebih terang, luas, dan menyegarkan.

Selain itu, kamu juga bisa menggunakan berbagai material yang dapat memberikan sentuhan kehangatan, seperti kayu alami, tekstil lembut, dan elemen alam lainnya.

  1. Bentuk Rumah minimalis modern gaya Japandi 

Rumah minimalis modern bergaya Japandi merupakan perpaduan antara desain minimalis Jepang (Japanese) dan desain minimalis Skandinavia (Scandinavian). Gaya ini menggabungkan keindahan sederhana dan keteraturan Jepang dengan estetika yang tenang dan natural dari Skandinavia.

Bentuk Rumah minimalis modern gaya Japandi.Dok. Istimewa Bentuk Rumah minimalis modern gaya Japandi.

Untuk menerapkan gaya itu, kamu bisa mengedepankan tampilan minimalis dengan penggunaan material alami, seperti kayu pada bagian perabot. Pertimbangkan juga penggunaan material alami seperti kayu, batu, dan serat alami dalam desain rumah.

Saat ini, gaya Japandi kian popular karena membuat penghuni tidak perlu repot memberikan banyak dekorasi di ruangan. Cukup dengan dekorasi yang minim, rumah dapat terlihat menarik. 

Itulah berbagai bentuk rumah minimalis modern yang bisa menjadi inspirasi. Jadi, sudah tahu ingin menggunakan desain yang mana?

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com