Advertorial

Libur Panjang Idul Adha, Tiket Kapal Ferry Bisa Dibeli via Ferizy

Kompas.com - 28/06/2023, 20:52 WIB

KOMPAS.com – PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) meningkatkan kesiapannya dalam melayani lonjakan arus penumpang dan kendaraan selama periode libur panjang (long weekend) Hari Raya Idul Adha 1444 H mulai Rabu (28/6/2023) hingga Minggu (2/7/2023). 

Corporate Secretary PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Shelvy Arifin mengatakan, libur Hari Raya Idul Adha bertepatan dengan momen libur anak sekolah. Hal ini memicu kenaikan arus penyeberangan, khususnya di lintasan tersibuk Merak-Bakauheni.

Cabang Utama Merak dan Bakauheni memperkirakan terjadi peningkatan angkutan penumpang dan kendaraan sebesar 5-10 persen selama libur panjang Idul Adha 1444 H.

Berdasarkan data Posko Merak, peningkatan arus terjadi pada Selasa (27/6/2023). Dari total 28 armada kapal yang dioperasikan, sebanyak 11.329 unit kendaraan telah diseberangkan. Rinciannya, 5.475 unit kendaraan pribadi, 2.456 unit roda dua, 373 unit bus, dan 3.025 truk.

Adapun total jumlah penumpang yang diseberangkan pada Selasa mencapai 47.494 penumpang. Rinciannya, 4.037 orang penumpang pejalan kaki dan 43.457 orang penumpang dalam kendaraan.

Jumlah itu meningkat secara signifikan jika dibandingkan dengan jumlah kendaraan pada hari biasa yang hanya berkisar 5.000 hingga 8.000 unit kendaraan.

"ASDP berkomitmen untuk memberikan pelayanan terbaik kepada para pemudik selama masa libur panjang Idul Adha 1444 H,” jelas Shelvy dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Rabu (28/6/2023).

Demi memberikan pelayanan terbaik bagi pengguna jasa, Shelvy meminta pengguna jasa kapal ferry, khususnya di lintas Merak-Bakauheni dan Ketapang-Gilimamuk, untuk melakukan pemesanan tiket feri secara online melalui aplikasi Ferizy.

Ferizy sendiri merupakan aplikasi resmi yang disediakan oleh ASDP untuk mempermudah pengguna dalam memilih jadwal keberangkatan, membeli tiket, dan melihat informasi terkait rute penyeberangan.

Pemesanan tiket secara online dapat menghindari antrean panjang di pelabuhan sekaligus membuat perjalanan pengguna jasa lebih lancar dan nyaman.

Pada kesempatan itu, dia juga mengingatkan pentingnya kerja sama dan perhatian pengguna jasa untuk mengikuti aturan yang berlaku dan menyeberang sesuai tanggal dan waktu yang tertera di tiket.

Adapun ASDP membuka penjualan tiket ferry sejak 60 hari sebelum keberangkatan. Masyarakat diimbau untuk melakukan pemesanan sejak jauh hari.

“Pastikan sudah memiliki tiket pada H-1 keberangkatan karena tak ada lagi penjualan tiket di pelabuhan,” ujar Shelvy.

Pengguna jasa juga disarankan melakukan check-in dua jam sebelumnya. Pasalnya, tiket yang telah melewati waktu jadwal masuk pelabuhan tidak berlaku. Selain itu, pemudik yang tidak memiliki tiket akan diputar balik keluar pelabuhan.

Liburan seru di Krakatau Park

Pada momen libur anak sekolah, ASDP telah menyiapkan Kawasan Bakauheni Harbour City (BHC), termasuk taman rekreasi Krakatau Park.

Wisatawan dapat menikmati pengalaman liburan dengan paket hemat serta akses transportasi yang nyaman dari Pelabuhan Merak ke Bakauheni.

Selama periode libur panjang, Krakatau Park mengalami peningkatan jumlah pengunjung sebesar 50 persen dan diproyeksikan terus meningkat hingga mencapai 70 hingga 80 persen.

“Peningkatan itu menandakan antusiasme masyarakat yang tinggi,” kata Shelvy.

Selama momen libur lebaran, lanjut dia, Krakatau Park memberikan penawaran promo hemat yang menarik.

“Dengan harga tiket masuk (HTM) khusus, pengunjung dapat merasakan sensasi liburan yang lengkap dan mengunjungi wahana-wahana pilihan sesuai dengan preferensi. Terdapat total 21 wahana yang telah beroperasi, mulai dari permainan seru yang menantang, wahana air yang menyegarkan, hingga edutainment yang memberikan wawasan baru kepada pengunjung,” jelas Shelvy.

Adapun pengunjung dapat memilih paket hemat dengan harga Rp 60.000 per pax yang berlaku pada hari biasa (weekdays) dan Rp 65.000 per pax untuk akhir pekan (weekend).

Paket hemat itu memungkinkan pengunjung untuk menikmati lima wahana pilihan, yakni Galeri Sains, Taman TikTok, Istana Anak, Istana Air, dan Kebun Bermain.

Pengunjung juga dapat upgrade paket dengan harga spesial, yaitu Rp 50.000 pada weekdays dan Rp 60.000 pada weekend.

Untuk pembelian di lokasi (on the spot), pengunjung akan dikenakan harga Rp 100.000 untuk pembayaran tunai dan Rp 90.000 untuk pembayaran nontunai (cashless).

Saat melakukan soft launching pada Hari Raya Idul Fitri lalu, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir menyatakan, kehadiran Krakatau Park merupakan bentuk adaptasi taman rekreasi yang dapat meningkatkan sektor pariwisata Lampung Selatan.

“Krakatau Park memiliki potensi untuk menarik minat wisatawan dan investor, serta menjadi pintu gerbang masuk utama ke Pulau Sumatera dengan letak geografis yang strategis,” ujarnya.

Informasi lebih lanjut tentang layanan Krakatau Park dapat diakses melalui website resmi https://bakauheniharbourcity.com/ dan akun Instagram @bakauheni.harbour.city.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com