Advertorial

PT ASDP Tingkatkan Fasilitas Terminal dan Kapasitas Dermaga Eksekutif di Pelabuhan Merak-Bakauheni

Kompas.com - 29/06/2023, 19:59 WIB

KOMPAS.com - Dalam rangka optimalisasi layanan pelabuhan, PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) terus menambah fasilitas penunjang bagi pengguna jasa di Pelabuhan Merak, Provinsi Banten dan Bakauheni, Provinsi Lampung.

Corporate Secretary PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Shelvy Arifin mengatakan, terdapat sejumlah fasilitas yang akan ditambahkan, yakni access bridge atau penghubung terminal eksekutif, pengadaan garbarata dermaga eksekutif II, penambahan kapasitas, dan renovasi ruang tunggu layanan eksekutif II dengan total investasi lebih dari Rp 27 miliar.

"Upaya peningkatan fasilitas penunjang pelabuhan ini sejalan dengan salah satu misi ASDP, yaitu menekankan keunggulan operasional melalui fasilitas pelabuhan terintegrasi, armada, dan infrastruktur yang handal. ASDP juga terus melakukan inovasi-inovasi yang akan menambah kenyamanan pengguna jasa selama perjalanan melalui pelabuhan ASDP, " ujar Shelvy dikutip dari rilis yang diterima Kompas.com, Kamis (29/6/2023).

Tak hanya fasilitas, Shelvy juga menegaskan bahwa manajemen ASDP akan terus mengutamakan keamanan dan kenyamanan pengguna jasa. Hal ini penting dilakukan mengingat jumlah pengguna jasa yang melintas di Merak-Bakauheni terus meningkat tiap tahunnya.

"Dengan begitu pengguna jasa mendapatkan layanan prima dan experience lebih ketika berada di pelabuhan dan saat menikmati perjalanan menggunakan kapal ferry" ujar Shelvy.

Terkait pembangunan access bridge, General Manager ASDP Cabang Bakauheni Rudi Sunarko mengatakan, fasilitas tersebut nantinya akan menghubungkan terminal eksekutif 1, 2, serta reguler. Ia berharap, fasilitas ini mampu memberikan safety and service kepada konsumen, baik pejalan kaki maupun pengguna kendaraan bermotor.

"Kehadiran access bridge diharapkan dapat meningkatkan keselamatan penumpang karena jalur yang digunakan antara pejalan kaki dan kendaraan berbeda," ujarnya.

Menurut data PT ASDP, hingga tahun 2022 terdapat 481.690 pejalan kaki dan 2.694.885 kendaraan yang menyeberang melalui Pelabuhan Merak. Jumlah yang hampir serupa juga tercatat di Pelabuhan Bakauheni dengan 454.456 pejalan kaki dan 2.515.589 kendaraan.

Fasilitas baru access bridge di Pelabuhan Merak memiliki spesifikasi dengan panjang 441,2 meter dan tinggi 8,788 meter. Sedangkan access bridge di Bakauheni memiliki panjang 70,5 meter dan tinggi 9,596 meter.

Ruang pejalan kaki pada kedua access bridge memiliki lebar 4 meter. Konstruksi dari kedua bridge ini menggunakan baja kokoh dan telah dipastikan aman bagi pengguna jasa.

Di samping itu, Pelabuhan Merak juga melakukan peningkatan kapasitas dermaga II melalui pengerukan kolam dermaga, pembongkaran moveable bridge, serta pemasangan tiang pancang dan pile cap.

Pelabuhan Merak dan Bakauheni juga telah menyediakan garbarata Dermaga Eksekutif II yang telah terpasang di masing-masing pelabuhan. Selain itu, renovasi ruang tunggu terminal eksekutif Merak dan Bakauheni telah mencapai progres 100 persen saat ini.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com