Advertorial

Ingin Liburan Hemat ke Negara Bebas Visa? Berikut Rekomendasinya!

Kompas.com - 30/06/2023, 16:01 WIB

KOMPAS.com - Banyak orang bermimpi liburan ke luar negeri. Namun, biaya yang mahal kerap memupuskan impian ini. Apalagi, jika harus mengatur visa, penerbangan, dan akomodasi yang biasanya menjadi beban terberat dalam rencana perjalanan.

Solusi untuk masalah tersebut ada. Kamu bisa menjadikan Thailand, Vietnam, dan Kamboja sebagai tujuan liburan dengan biaya hemat ketimbang harus ke Amerika atau Eropa.

Perlu diketahui, ketiga negara itu merupakan destinasi wisata favorit di Asia Tenggara. Masing-masing negara pun menawarkan banyak pengalaman liburan menarik tanpa menguras kantong.

Selain itu, kamu juga tidak perlu repot soal pengurusan visa karena Thailand, Vietnam, dan Kamboja hanya membutuhkan paspor untuk masuk. Begitu pula dengan akomodasi, kamu bisa mengurusnya lewat platform perjalanan digital terkemuka, Agoda.

Lantas, apa saja yang menarik dari masing-masing negara tersebut? Berikut adalah ulasannya. 

Thailand

Thailand tidak hanya terkenal akan kekayaan budayanya dan ragam kuliner yang lezat, tapi juga pulau-pulau menakjubkan yang menunggu untuk dieksplorasi.

Salah satu pulau terkenal di Thailand adalah Phuket. Pulau ini diberkahi pantai berpasir putih, air laut biru, dan pemandangan alam yang memesona. Di sini, kamu bisa berenang, berselancar, menyelam, atau sekadar bersantai di tepi pantai.

Selain Phuket, kamu juga bisa mengunjungi Pulau Koh Samui yang pesona alamnya yang tidak kalah menawan. Di sini, kamu bisa menikmati keindahan Pantai Chaweng, melihat patung-patung Buddha raksasa di Wat Phra Yai, atau mengagumi keelokan Air Terjun Na Muang. Semuanya akan meninggalkan kesan tak terlupakan.

Untuk liburan hemat selama empat hari tiga malam di Thailand, kamu bisa mempersiapkan bujet sekitar Rp 4 juta – Rp 11 juta.

Biaya tersebut meliputi tiket pesawat pergi pulang Jakarta-Thailand dengan asumsi biaya mulai dari Rp 2 juta-Rp 5 juta tergantung waktu dan maskapai.

Kemudian, penginapan selama dengan asumsi biaya Rp 300.000-Rp 750.000 per malam tergantung tipe kamar dan lokasi. Lalu, transportasi lokal, termasuk taksi, mulai dari Rp 60.000-Rp 180.000 per hari.

Selanjutnya, makanan di resto lokal dengan kisaran Rp 40.000 – Rp 130.000 per makan dan biaya wisata, seperti tur pulau, dengan kisaran Rp 300.000-Rp 750.000 per orang.

Vietnam

Vietnam menawarkan beragam destinasi wisata menarik yang wajib dikunjungi. Salah satunya adalah Kota Ho Chi Minh yang sebelumnya dikenal sebagai Saigon.

Kota terbesar dan paling modern di Vietnam itu menawarkan perpaduan menarik antara sejarah yang kaya dan budaya yang kental. Di sini, kamu bisa menyaksikan bangunan kolonial Prancis, menjelajahi museum perang, menyusuri kuil kuno, dan menikmati suasana pasar tradisional.

Vietnam juga terkenal akan kelezatan kulinernya, seperti hidangan ikonik pho (sup daging dan bihun), banh mi (roti lapis daging dan sayuran), dan ca phe sua da (kopi susu dingin).

Adapun untuk liburan ke Vietnam, kamu perlu mempersiapkan biaya tiket pesawat pergi dan pulang mulai dari Rp 2 juta-Rp 4,2 juta, penginapan Rp 250.000-Rp 650.000 per malam, transportasi lokal Rp 30.000-Rp 120.000 per hari, makan di restoran lokal Rp 30.000-Rp 120.000 per makan, tiket masuk wisata ke Cu Chi Tunnels atau Mekong Delta sekitar Rp 150.000-Rp 450.000.

Total pengeluaran untuk perjalanan hemat ke Vietnam: IDR 3,5 hingga 8,6 juta untuk perjalanan 4 hari 3 malam per orang.

Kamboja

Terkenal dengan kuil-kuil warisan dunia kuno, Kamboja menawarkan pengalaman menarik untuk wisata sejarah. Siem Reap menjadi kota yang menonjol sebagai pusat atraksi sejarah Kamboja.

Di Siem Reap, terdapat kompleks kuil Angkor Wat yang memesona dan menjadi salah satu situs arkeologi terbesar dan paling indah di dunia. Di sana, kamu dapat melihat arsitektur dan relief kuil-kuil yang dibangun pada abad ke-9 hingga ke-15 oleh Kerajaan Khmer.

Selain eksplorasi sejarah, Kota Siem Reap menawarkan berbagai kegiatan menarik lainnya. Contohnya, belanja oleh-oleh pasar malam, menonton pertunjukan tari tradisional, atau mencicipi makanan khas Kamboja, seperti amok (ikan kukus dengan santan dan rempah-rempah).

Untuk merencanakan liburan ke Kamboja dengan hemat, kamu perlu mengalokasikan anggaran untuk berbagai pengeluaran. Jumlahnya sekitar Rp 5 juta-Rp 11 juta per orang untuk empat hari tiga malam.

Adapun persiapan itu meliputi tiket pesawat pergi dan pulang sekitar Rp 2,8 juta-Rp 5,6 juta, penginapan Rp 250.000-Rp 800.000 per malam, transportasi umum Rp 30.000-Rp 150.000 per hari, makan di resto lokal Rp 30.000-Rp 120.000 per kali makan, dan tiket masuk kompleks Angkor Wat mulai dari Rp 530.000 per hari dan Rp 890.000 untuk tiga hari.

Sebagai platform perjalanan digital terkemuka, Agoda dapat menjadi teman perjalanan kamu dalam merencanakan liburan dengan bujet hemat. Dengan menggunakan fitur pencarian Agoda, kamu dapat memilih kategori harga sesuai anggaran dan menemukan berbagai pilihan hotel bertarif terjangkau.

Situs Platform Perjalanan Digital Agoda Dok. Agoda Situs Platform Perjalanan Digital Agoda

Selain itu, Agoda juga menyediakan ulasan dan rekomendasi dari pengguna lain sehingga kamu dapat memperoleh informasi yang berguna dalam memilih akomodasi yang tepat. Kamu dapat membandingkan harga, fasilitas, dan lokasi hotel untuk memastikan liburanmu lebih ekonomis dan menyenangkan.

Jadi, jangan ragu untuk berlibur. Dengan Agoda, kamu tak perlu khawatir akan biaya perjalanan yang mahal. Nikmati liburanmu dengan hemat anggaran sambil tetap membuat kenangan tak terlupa di negara-negara yang menawarkan keindahan alam, budaya yang kaya, dengan pengalaman perjalanan mengesankan.

Untuk mendapatkan penawaran menarik, kamu dapat memanfaatkan fitur paket pesawat dan hotel di Agoda.

Agoda memudahkan pengguna untuk menemukan paket penawaran terbaik untuk pemesanan grup penerbangan, akomodasi, dan aktivitas dalam satu platform untuk memaksimalkan liburanmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com