Advertorial

6 Cara Menjual Rumah Tanpa Ribet agar Cepat Laku

Kompas.com - 01/07/2023, 13:10 WIB

KOMPAS.com – Menjual rumah atau hunian bukan perkara mudah. Pasalnya, butuh banyak pertimbangan dan persiapan.

Selain menentukan harga jual, Anda juga harus mengurus berbagai hal, mulai dari surat-surat rumah hingga pemasaran.

Terkait pemasaran rumah, ada beberapa cara yang bisa dipraktikkan untuk menarik perhatian pembeli. Sebagai contoh, menggunakan jasa agen properti, media sosial (medsos), beriklan, hingga pasang iklan rumah di situs jual beli properti, seperti 99.co.

Berikut adalah 6 cara yang bisa dilakukan untuk memasarkan rumah agar cepat terjual.

  1. Menggunakan jasa agen properti

Agen properti merupakan pihak yang menjembatani antara penjual dan pembeli. Agen properti juga bertugas untuk mencari listing dan menjual properti.

Bagi Anda yang ingin menjual rumah, agen akan membantu memasarkan, mencarikan pembeli yang sesuai, dan membantu proses transaksi hingga selesai. Sementara, bagi pembeli, agen akan merekomendasikan properti yang sesuai kriteria dan membantu pembelian sampai transaksi rampung.

Ketika memutuskan memakai jasa agen properti, Anda harus memahami bahwa ada komisi yang mesti dibayarkan. Dalam Peraturan Menteri Perdagangan Nomor 51/M-DAG/PER/7/2017 disebutkan bahwa komisi agen properti berkisar 2-5 persen dari harga jual rumah.

Meski begitu, Anda tidak perlu repot memikirkan cara memasarkan rumah secara efektif jika menggunakan jasa agen properti. Pasalnya agen properti berpengalaman biasanya memiliki jaringan luas dan metode penjualan properti yang efektif.

  1. Manfaatkan medsos

Medsos dapat menjadi media yang efektif untuk memasarkan rumah. Sebab, Anda bisa menampilkan informasi tentang rumah yang ingin dijual lewat satu postingan, mulai dari foto, video, hingga detail spesifikasi rumah di bagian caption.

Agar lebih menarik, Anda bisa membuat konten yang menonjolkan keunggulan rumah. Sebagai contoh, lokasi rumah yang hanya berjarak lima menit dari stasiun kereta api atau pusat perbelanjaan modern.

Ilustrasi media sosial.dok. Pixabay/200degrees Ilustrasi media sosial.

Saat ini, beberapa medsos juga telah memiliki fitur untuk beriklan dengan biaya yang cukup terjangkau. Dengan memanfaatkan fitur ini, postingan mengenai rumah yang dijual berpotensi dilihat oleh lebih banyak pengguna medsos.

Bahkan, ada pula medsos yang memberikan fitur "hubungi kami" untuk memudahkan calon pembeli menghubungi pengiklan.

  1. Menjual melalui marketplace

Anda bisa pula memanfaatkan situs lokapasar (marketplace) yang menjadi wadah untuk aktivitas jual beli barang bekas, termasuk rumah. Prinsip pada situs web ini adalah mempertemukan penjual dan pembeli dari berbagai daerah dalam satu wadah secara daring.

Sebagai contoh, pengguna yang berada di Bandung bisa mencari atau membeli barang yang dijual pengguna dari Jakarta. Meski begitu, marketplace biasanya merekomendasikan pengguna untuk membeli barang yang dijual di kota yang sama.

Dengan begitu, pengguna bisa bertemu dengan penjual untuk mengecek kondisi barang secara langsung dan melakukan transaksi.

Sama seperti di medsos, biasanya marketplace juga memiliki fitur beriklan yang akan membuat postingan pengguna muncul di pencarian berdasarkan lokasi strategis untuk beberapa waktu.

  1. Iklan berbayar di mesin pencari

Cara cepat menjual rumah berikutnya adalah dengan memanfaatkan fitur iklan berbayar di mesin pencari, seperti Google. Dengan cara ini, iklan Anda bisa muncul di posisi teratas saat pengguna memasukkan kata kunci tertentu di halaman pencarian.

Untuk beriklan di mesin pencari, Anda perlu menyiapkan situs web yang dilengkapi materi promosi, seperti deskripsi properti, foto, kontak yang dapat dihubungi, dan cara untuk membeli unitnya.

Selain itu, dana yang harus diinvestasikan untuk menggunakan fitur iklan berbayar di mesin pencari bisa lebih mahal ketimbang Anda beriklan di medsos atau lokapasar.

Jika tak memiliki kemampuan dalam beriklan di mesin pencari secara mandiri, Anda bisa bekerja sama dengan ahli pembuat situs dan ahli pemasaran digital.

  1. Andalkan fitur broadcast di aplikasi pesan instan

Fitur broadcast message yang dimiliki sejumlah aplikasi pesan instan juga bisa dimanfaatkan untuk memasarkan rumah. Seperti diketahui, fitur ini memungkinkan pengguna untuk mengirimkan pesan ke banyak pengguna sekaligus.

Jika memiliki banyak kontak di aplikasi pesan instan, seperti WhatsApp atau Telegram, Anda dapat menggunakan fitur broadcast tersebut.

Sebagai catatan, karena pesan yang dikirimkan langsung diterima oleh pengguna lain, pastikan pesan yang ditulis sopan. Tulis pesan yang berisi ucapan salam dan permohonan maaf karena mengganggu waktu pengguna. Setelah itu, Anda bisa menuliskan tentang promosi rumah.

Sebaiknya jangan membuat pesan terlalu panjang di aplikasi pesan instan. Tulis materi promosi rumah secara singkat dan hanya mencakup intinya sehingga tidak mengganggu penerima pesan.

  1. Menjual melalui situs jual beli properti

Anda juga bisa memanfaatkan situs khusus jual beli properti untuk memasarkan rumah pribadi, seperti situs www.99.co/id

Situs jual beli properti yang merupakan bagian dari 99 Group itu memiliki fitur pasang iklan gratis bagi pemilik rumah, baik untuk menjual atau menyewakan properti.

Situs jual beli properti 99.co menawarkan fitur pasang iklan praktis bagi pengguna yang ingin menjual rumah.dok. 99.co Situs jual beli properti 99.co menawarkan fitur pasang iklan praktis bagi pengguna yang ingin menjual rumah.

Pemasangan iklannya pun mudah dan praktis. Hanya dengan beberapa langkah melalui smartphone, iklan properti Anda bisa langsung tayang.

Jangkauan iklan di salah satu situs jual beli properti terbesar di Indonesia itu pun cukup luas. Sebab, terdapat lebih dari 20.000 orang yang telah menjual properti dan aktif mencari properti setiap hari melalui 99.co.

Keunggulan lain, pengguna bisa memasang iklan rumah dalam jumlah tidak terbatas tanpa biaya.

Itulah 6 cara yang bisa dicoba untuk menjual rumah agar cepat laku. Anda yang sedang menjual rumah bisa memanfaatkan berbagai fitur di situs 99.co.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com