Advertorial

Edukasi Pengemudi Online, Astra IAABL Adakan Profesional Safety Riding Kendaraan Roda Dua

Kompas.com - 05/07/2023, 18:14 WIB

KOMPAS.com – Astra Indonesia Ayo Aman Berlalu Lintas (IAABL) yang ada di bawah naungan divisi Environment and Social Responsibility (ESR) PT Astra International bersama ShopeeFood menggelar acara Kelas Bintang 5 dan Bazar SobatJos pada Sabtu (17/6/2023).

Acara itu diikuti oleh 250 mitra pengemudi ShopeeFood yang ada di Jakarta, Bogor, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek).

Mereka diundang secara khusus untuk mendapatkan pelatihan Profesional Safety Riding Kendaraan Roda Dua. Dalam pelatihan ini, peserta diberikan informasi tentang pentingnya keselamatan berkendara sesuai anjuran pemerintah dan hukum yang berlaku.

Pelatihan tersebut meliputi persiapan berkendara, perlengkapan kendaraan roda dua, penyampaian materi tentang peraturan dan tata tertib yang berlaku di jalan secara umum, dan tips menghindari kecelakaan di jalan.

Adapun sesi pelatihan tersebut dilakukan oleh PT Astra Honda Motor (AHM) selaku trainer Profesional Safety Riding Kendaraan Roda Dua

Program Manager Corporate Social Responsibility (CSR) Pendidikan Astra Dewi Paramita mengatakan, Astra merasa bangga dengan kegiatan perusahaan layanan online yang memberikan perhatian kepada karyawannya tentang keselamatan berkendara.

Menurutnya, hal tersebut sejalan dengan visi yang diusung oleh Astra IAABL, yakni menjadi pelopor untuk selalu aman dalam berlalu lintas agar dapat menurunkan tingkat kecelakaan di Indonesia.

“Kami berharap, perusahaan-perusahaan lain juga mau ikut berperan dalam menurunkan tingkat kecelakaan di jalan raya,” ujar Dewi dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Rabu (5/7/2023).

Dewi menambahkan, acara yang diisi dengan kegiatan internal itu juga dikemas dengan suasana kekeluargaan.

Selain itu, banyak dari para peserta yang mengaku senang karena bisa manfaat atas ilmu yang didapatkan dari tata cara berkendara.

“Kami senang bisa membantu mereka menambah wawasan yang memiliki dampak positif bagi masyarakat sekitar. Para peserta pun juga merasa demikian. Sebab, kapan lagi bisa berkumpul bersama rekan mitra dan mendapatkan serta ilmu dan wawasan yang sangat bermanfaat?” kata Dewi.

Sementara itu, Marketing Manager ShopeeFood Indonesia Regita Van Empel menjelaskan bahwa pihaknya gembira lantaran dapat mengadakan pelatihan offline kembali untuk para mitranya.

Pasalnya, ShopeeFood selama ini lebih sering mengadakan pelatihan secara online akibat terjadinya pandemi Covid-19.

“Kami berharap, kegiatan serupa dapat terus berlanjut bersama Astra IAABL dan AHM di beberapa kota besar lain, seperti Yogyakarta, Medan dan Surabaya. Peserta akan mendapatkan sertifikat sebagai Pelopor Safety Riding tingkat Dasar dan dapat dipergunakan sebagai pengemudi yang akan menjadi Pelopor IAABL,” jelas Regita.

Para mitra ShopeeFood yang mengikuti pelatihan dari Astra IAABL. Dok. Astra IAABL Para mitra ShopeeFood yang mengikuti pelatihan dari Astra IAABL.

Untuk mengikuti pelatihan, lanjut Regita, peserta hanya perlu melakukan pendaftaran sebagai Pelopor IAABL (melalui scan barcode) dan hadir saat acara berlangsung.

“Kami harap, acara dan program pelatihan safety riding yang kami adakan bagi mitra pengemudi dapat bermanfaat dan membantu kegiatan operasional mereka sehari-hari serta memberikan dampak positif bagi masyarakat sekitar. Ini demi Indonesia Aman Berlalu Lintas di jalan raya ke depan. Terima kasih (kami ucapkan) pada trainer profesional dari pihak Astra IAABL,” terang Regita.

Sebagai informasi, Astra IAABL adalah unit yang membidangi keselamatan berkendara di jalan raya.

Astra IAABL secara konsisten membantu masyarakat agar mendapatkan pengetahuan terkait keselamatan berkendara melalui sejumlah upaya, mulai dari kampanye, penyuluhan, hingga pelatihan.

Program Astra IAABL selalu berupaya untuk menjaring pelopor pengendara yang baik agar dapat menjadi contoh pengemudi yang memiliki tingkat kesadaran tinggi dalam berkendara.

Hal tersebut dilakukan agar tingkat pelopor yang dapat memberikan penyuluhan kepada masyarakat tentang arti penting keselamatan di jalan raya semakin bertambah.

Sejauh ini, Astra IAABL telah melakukan kerja sama dengan banyak pihak, di diantaranya AHM dan Astra World yang juga tergabung dalam Group Astra.

Astra IAABL juga bekerja sama dengan Kepolisian Republik Indonesia (Polri) dan Ikatan Motor Indonesia (IMI) untuk mewujudkan Indonesia aman berlalu lintas dan menurunkan tingkat kecelakaan di Indonesia.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com