Advertorial

Punya Masalah Infertilitas? Segera Konsultasikan ke Morula IVF Makassar

Kompas.com - 06/07/2023, 10:04 WIB

KOMPAS.com – Memiliki momongan merupakan salah satu kebahagiaan terbesar bagi setiap pasangan suami istri (pasutri) yang telah berumah tangga.

Oleh karena itu, tak heran jika banyak pasutri yang langsung merencanakan program kehamilan agar mereka bisa dapat segera memiliki keturunan.

Namun, tak semua pasutri dapat mewujudkan impian tersebut lantaran memiliki sejumlah permasalahan. Salah satunya, masalah infertilitas.

Seperti diketahui, infertilitas adalah ketidakmampuan untuk hamil setelah pasangan berhubungan seksual secara teratur tanpa menggunakan alat kontrasepsi selama lebih dari setahun. Masalah ini dapat dialami oleh pria dan wanita.

Terdapat beberapa faktor yang dapat menyebabkan masalah tersebut, seperti gangguan hormon, penyakit menular seksual, endometriosis, varikokel, kista ovarium, dan polip rahim.

Infertilitas jelas jadi masalah yang harus diselesaikan oleh setiap pasangan. Ini diperlukan agar setiap pasangan tidak merasakan dampak negatif yang ditimbulkan, seperti stres, depresi, rasa bersalah, rendah diri, konflik, dan bahkan perceraian.

Maka dari itu, penting bagi pasangan untuk dapat mengatasi masalah infertilitas dengan cara-cara yang sehat dan efektif.

Adapun salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan meminta bantuan secara medis.

Jika Anda dan pasangan telah mencoba untuk mendapat momongan selama satu tahun tanpa hasil, sebaiknya konsultasikan dengan dokter spesialis kandungan dan andrologi untuk mengetahui penyebab infertilitas dan pilihan pengobatan yang sesuai.

Penanganan masalah infertilitas dapat dilakukan melalui berbagai cara. Salah satunya dengan fertilisasi in vitro (bayi tabung).

Bayi tabung adalah prosedur untuk membantu wanita agar bisa hamil. Prosedur ini diperuntukkan bagi pasangan yang sulit memiliki anak karena mengalami gangguan kesuburan.

Selain untuk mendapatkan momongan, prosedur bayi tabung juga bisa dilakukan untuk menurunkan risiko kelainan genetik yang diderita oleh orang tua menurun kepada janin.

Bagi yang mengalami infertilitas dan ingin segera memiliki momongan, Anda dapat segera mencoba prosedur tersebut di sejumlah klinik yang menyediakan layanan itu. Contohnya, seperti di Morula IVF Indonesia.

Untuk diketahui, Morula IVF Indonesia adalah bagian dari Bundamedik Healthcare System yang fokus pada pengembangan klinik fertilitas di Tanah Air.

Klinik itu pun kini telah menjadi salah satu klinik fertilitas terbesar di Indonesia karena terus mengalami pertumbuhan. Utamanya, dari jumlah pasien yang ingin mengikuti program bayi tabung, yakni mencapai 30 persen per tahun.

Perlu diketahui, berdasarkan data Perhimpunan Fertilisasi In Vitro Indonesia (Perfitri), total siklus program IVF di Indonesia pada 2022 mencapai lebih dari 14.000 siklus.

Morula IVF Indonesia sendiri memberikan kontribusi sekitar 50 persen market share pada industri bayi tabung nasional. 

Saat ini, terdapat sekitar 11 klinik Morula IVF yang tersebar di seluruh Indonesia

Adapun Morula IVF Makassar menjadi salah satu klinik bayi tabung terbesar di Indonesia Timur dan pusat bayi tabung nasional yang menghadirkan berbagai macam pelayanan.

Direktur dan dokter Obgyn Morula IVF Makassar Prof Dr dr Nusratuddin Abdullah SpOG K-FER MARS mengatakan, Morula IVF Makassar dilengkapi dengan sejumlah program hamil berkualitas dan memiliki berbagai teknologi canggih untuk meningkatkan keberhasilan bayi tabung.

“Teknologi yang digunakan pada Morula IVF Makassar adalah teknologi bayi tabung generasi ke-3 yang dapat mendukung keberhasilan program bayi tabung dengan pregnancy rate 75 persen keberhasilan. Teknologi ini setara dengan teknologi yang digunakan di Malaysia, Singapura, dan Thailand,” ujar Nusratuddin dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Selasa (4/7/2023).

Tak hanya itu, lanjut Nusratuddin, Klinik Morula IVF Makassar juga menghadirkan sejumlah layanan yang dapat diakses sesuai kebutuhan, seperti seperti konsul ultrasonografi (USG), inseminasi, analisis sperma, dan percutaneous epididymal sperm aspiration (PESA) testicular sperm aspiration (TESA).

Kemudian, akupuntur, induksi ovulasi, Preimplantation Genetic Testing for Aneuploidies (PGTA), dan pembekuan sperma. 

“Berkat kualitas pelayanan tersebut, tingkat kepercayaan masyarakat terhadap Morula IVF Makassar terus mengalami pertumbuhan, yakni 14 persen per tahun,” jelas Nusratuddin karena banyak Pasien yang mengikuti program bayi tabung di morula IVF Makassar berasal dari seluruh provinsi di Indonesia seperti Sulawesi, Kalimantan, Sumatera, Bali dan bahkan Sampai daerah papua.

Bagi yang ingin berkunjung ke Morula IVF Makassar, silakan datang ke Rumah Sakit (RS) Sentosa di lantai 5 Jalan Jenderal Sudirman No.52 Kota Makassar.

Klinik tersebut buka setiap hari, mulai pukul 07.00 hingga pukul 22.00. Untuk yang mau berkunjung, silakan buat janji terlebih dahulu dengan menghubungi nomor Whatsapp +62 853-9830-0053 atau ikuti dan kirim pesan lewat Instagram @morula_ivfmakassar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com