Advertorial

Sukseskan Gerakan Pembagian 10 Juta Bendera Merah Putih, Pemkab Bulukumba Ajak Warga Gotong Royong

Kompas.com - 07/07/2023, 16:24 WIB

KOMPAS.com – Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) melalui Direktorat Jenderal Pemerintahan dan Umum menginisiasi gerakan “Pembagian 10 Juta Bendera Merah Putih” dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-78 Republik Indonesia (RI) mulai Kamis (1/6/2023) hingga Kamis (31/8/2023).

Direktur Jenderal Politik dan Pemerintahan Umum Kemendagri Bahtiar mengatakan, gerakan Pembagian 10 Juta Bendera Merah Putih dapat menggalang partisipasi serta swadaya masyarakat, baik secara pribadi maupun kelompok, organisasi kemasyarakatan, partai politik, unsur pemerintahan dan swasta, dalam memperingati HUT Kemerdekaan Indonesia.

Adapun puncak gerakan tersebut bakal digelar di Pantai Bira, Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan (Sulsel), pada Kamis (10/8/2023) hingga Minggu (13/8/2023).

”Acara puncak Pembagian 10 Juta Bendera Merah Putih direncanakan diikuti oleh 50.000 orang,” ujar Bahtiar dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Jumat (7/7/2023).

Para peserta, lanjut Bahtiar, terdiri dari kementerian/lembaga, badan usaha milik negara (BUMN), kedutaan/konsulat jenderal/atase perdagangan, Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin), gubernur, dan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Sulawesi Selatan.

Peserta juga berasal dari perwakilan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sulsel, DPRD Kabupaten Bulukumba, sekretaris daerah (sekda) provinsi dan perangkat daerah provinsi seluruh Indonesia, bupati/wali kota dan perangkat daerah kabupaten/kota seluruh Indonesia, camat seluruh Indonesia, Kadin provinsi dan kabupaten/kota seluruh Indonesia, organisasi masyarakat (ormas)/NGO, serta Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB).

“Ada pula Forum Pembauran Kebangsaan (FPK), Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM), pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) Sulsel, perwakilan mahasiswa seluruh Sulsel, guru, dan pelajar se-Kabupaten Bulukumba,” terangnya.

Pada kesempatan sama, Sekda Kabupaten Bulukumba Muhammad Ali Saleng mengatakan, pihaknya siap menyukseskan puncak gerakan Pembagian 10 Juta Bendera Merah Putih.

“Kami bersama masyarakat akan menyukseskan gerakan tersebut. Terima kasih kepada Kemendagri atas kepercayaan yang diberikan kepada Pemkab Bulukumba. Masyarakat sangat antusias dan mendukung gelaran tersebut,” kata Muhammad.

Muhammad mengatakan, keberhasilan Kabupaten Bulukumba terpilih sebagai tuan rumah puncak gerakan tersebut menandakan bahwa daerah ini dianggap siap untuk memajukan potensi wisata yang dimiliki.

Pihaknya pun berharap, kegiatan tersebut dapat mendukung pertumbuhan ekonomi Kabupaten Bulukumba. Terlebih, jumlah peserta yang bakal hadir sangat banyak dan berasal dari berbagai daerah.

“Momentum tersebut sekaligus menjadi kesempatan untuk mengenalkan potensi sektor pariwisata yang dimiliki Kabupaten Bulukumba ke masyarakat luas,” tambahnya.

Ajak warga gotong royong

Pada kesempatan berbeda, Bupati Bulukumba Muchtar Ali Yusuf mengatakan,

Gerakan Pembagian 10 Juta Bendera Merah Putih akan dihadiri Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Muhammad Tito Karnavian serta puluhan ribu perwakilan dari pemerintah daerah seluruh Indonesia.

Kegiatan tersebut juga bakal menjadi momentum bersejarah bagi Kabupaten Bulukumba selaku tuan rumah. Pasalnya, pemerintah provinsi dan 8 pemerintah kabupaten/kota akan hadir di Butta Panrita Lopi.

Oleh karena itu, dirinya mengajak masyarakat Bulukumba untuk bersama-sama mempersiapkan diri menyambut seluruh tamu yang hadir. Dengan begitu, para tamu akan mendapat kesan yang baik selama berada di Kabupaten Bulukumba.

“Kami mengajak seluruh jajaran pemerintahan di Kabupaten Bulukumba, mulai dari tingkat kecamatan dan desa/kelurahan, untuk bersama masyarakat bergotong royong membersihkan serta menata secara berkala di wilayah masing-masing,” kata Muchtar.

Utamanya, imbuh dia, sepanjang jalan poros yang bakal dilalui para tamu undangan, mulai dari perbatasan Bantaeng-Bulukumba hingga ke Tanjung Bira, termasuk jalan poros dari arah Kabupaten Sinjai.

Muchtar juga mengajak seluruh masyarakat Bulukumba untuk mengibarkan Bendera Merah Putih dan umbul-umbul di depan rumah masing-masing mulai Selasa (1/8/2023) sebagai bagian untuk menyemarakkan HUT Ke-78 Kemerdekaan RI sekaligus menyukseskan kegiatan berskala nasional tersebut.

“Dengan kebersamaan seluruh masyarakat serta semangat ‘We Love Bulukumba’, saya yakin Kabupaten Bulukumba dapat menjadi tuan rumah yang baik dalam menyukseskan gelaran berskala nasional. Dengan begitu, Kabupaten Bulukumba dapat dikenal masyarakat luas. Utamanya, sektor pariwisata serta keramahan masyarakatnya,” kata Muchtar. 

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com