Advertorial

Berkunjung ke Sulsel, Bupati Nganjuk Puji Program Kerja dan Kepemimpinan Gubernur Andi Sudirman

Kompas.com - 08/07/2023, 20:46 WIB

KOMPAS.com - Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel) Andi Sudirman Sulaiman menerima kunjungan kerja Bupati Nganjuk Marhaen Djumadi di Rumah Jabatan Gubernur Sulsel, Kamis (6/7/2023).

Andi mengatakan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Nganjuk merasa terkesan dengan sejumlah inovasi yang telah dilakukan oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulsel.

“Kami menerima kunjungan Bupati Nganjuk dari Jawa Timur (Jatim) sekaligus bersilaturahmi. Kami menyampaikan bahwa Sulsel itu punya memiliki beragam suku, budaya, pariwisata, pertanian, dan kekayaan alam yang melimpah,” ujar Andi dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Jumat (7/7/2023).

Andi menambahkan, Marhaen melirik sejumlah program prioritas yang dijalankan pada era pemerintahannya, seperti pengembangan wisata yang diintervensi melalui bantuan keuangan provinsi ke kabupaten atau kota dan program Mandiri Benih.

Sebagai informasi, Mandiri Benih adalah program prioritas Pemprov Sulsel yang diinisiasi oleh Andi. Program ini diwujudkan bekerja sama dengan petani penangkar. Program ini hadir melalui pemberian bantuan benih padi gratis yang unggul pada masyarakat.

Benih yang minim penggunaan bahan kimia dan penangkaran itu diproduksi di instalasi kebun benih milik Pemprov Sulsel.

“Pemprov Sulsel sudah membagikan benih padi gratis untuk 200.000 hektare (ha) lahan pertanian masyarakat sejak 2022,” kata Andi.

Program Mandiri Benih itu pun mendapat pujian dari Marhaen. Ia mengatakan, Pemkab Nganjuk berencana untuk mengarahkan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di wilayahnya untuk belajar dari program Mandiri Benih.

Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman. Dok. Pemprov Sulsel Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman.

“Ada beberapa poin yang ingin kami pelajari di Sulsel, termasuk pengembangan pertanian dan wisata. Luar biasa. kami lebih senior, tapi tidak salah kalau berguru pada yang muda-muda (seperti Andi) untuk mengembangkan wilayah yang akan saya bawa ke Kabupaten Nganjuk,” jelas Marhaen.

Selain Mandiri Benih, Marhaen juga mengapresiasi program lain dan kepemimpinan Andi dalam menjalankan tugasnya sebagai Gubernur Sulsel.

“Alhamdulillah, saya mencoba untuk belajar dari Gubernur Andi Sudirman karena masih muda. Beliau orangnya enerjik, pintar, dan cerdas. terdapat beberapa yang ingin kami pelajari dari Sulsel. Pokoknya, Sulsel hebat,” ucapnya.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com