Advertorial

Cara Tepat Atasi Eksim Kumat

Kompas.com - 10/07/2023, 11:28 WIB

KOMPAS.com – Eksim yang kumat kerap membuat penderitanya merasa tidak nyaman dan percaya diri. Sebab, saat kumat, kulit akan terasa gatal, perih, memerah, kering, dan bersisik. Bahkan, ketika sudah sembuh, eksim sering menimbulkan bekas di kulit.

Jika Anda merupakan salah satu penderita eksim, tetaplah tenang. Pasalnya, dengan penanganan tepat, eksim yang kumat bisa teratasi dengan mudah.

Sebagai informasi, eksim atau juga dikenal dermatitis atopik merupakan salah satu gangguan kulit kronis yang dialami banyak orang di seluruh dunia. Dermatitis sendiri adalah istilah untuk menyebutkan kondisi kulit yang sedang meradang.

Namun, perlu diketahui, eksim bukanlah penyakit kulit yang bisa menular antarmanusia.

Penyebab dan gejala

Dilansir dari laman resmi National Eczema Association, eksim merupakan penyakit kulit yang kompleks. Karena itu, penyebab pastinya belum diketahui hingga saat ini. Para ahli menduga masalah kesehatan ini disebabkan faktor genetik dan lingkungan.

Meski begitu, dikutip dari Medical News Today, Jumat (23/9/2023), banyak ahli kesehatan percaya bahwa eksim disebabkan faktor genetik. Untuk hal ini, biasanya gejala eksim sudah muncul sejak bayi atau anak-anak dan akan bertahan hingga dewasa. Selain itu, risiko eksim terbesar terjadi pada penderita alergi dan asma.

Selain itu, eksim juga bisa muncul akibat faktor lain. Sebut saja, paparan alergen atau mikroorganisme, lingkungan dengan suhu terlalu panas atau sebaliknya, makanan, stres, dan perubahan hormon.

Beberapa kondisi tertentu pun bisa memperparah eksim, seperti penggunaan pakaian berbahan kasar, sintetis, atau wol, serta kebiasaan menggaruk.

Terkait gejala, hal ini bisa berbeda di tiap orang. Namun, gejala umumnya diawali dengan kulit gatal, memerah, timbul ruam, menebal, bersisik, dan pecah-pecah.

Pada orang berkulit cerah, area kulit yang terkena eksim bisa berubah menjadi coklat karena sering digaruk. Sementara, pada orang berkulit gelap, eksim dapat memengaruhi pigmen dan membuat area yang terkena lebih terang atau lebih gelap.

Pengobatan

Pada dasarnya, eksim bukan penyakit yang bisa disembuhkan secara total, lalu hilang begitu saja. Pengobatan yang diberikan ketika kambuh hanyalah untuk meredakan gejalanya sehingga tidak terlalu parah.

Adapun eksim bisa diobati dengan dua cara, yaitu perawatan di rumah dan medis.

Salah satu perawatan di rumah yang dilakukan adalah rajin menggunakan pelembap setelah mandi setiap hari. Hal ini pun direkomendasikan oleh para ahli kulit.

Meski demikian, jangan sembarang memilih pelembap. Pilihlah produk yang bebas kandungan iritan, seperti alkohol, parfum, dan pewarna, serta berlabel hypoallergenic.

Untuk mengurangi gatal saat eksim kambuh, Anda bisa menggunakan produk UltracalmPRO Multipurpose Calming Cream dari ERHA Skinsitive.

ERHA Skinsitive adalah salah satu brand dari ERHA Skincare yang dikhususkan untuk menjawab kebutuhan pemilik kulit sensitif.

Seperti diketahui, ERHA telah dikenal sebagai salah satu klinik estetika dengan pengalaman lebih dari 20 tahun dalam menangani berbagai permasalahan kulit, baik wajah maupun tubuh, di Indonesia. Produk-produk perawatan kulitnya pun diformulasikan secara khusus oleh dermatolog.

ERHA Skinsitive UltracalmPRO Multipurpose Calming Cream merupakan krim pelembap multifungsi. Dok. ERHA ERHA Skinsitive UltracalmPRO Multipurpose Calming Cream merupakan krim pelembap multifungsi.

Adapun ERHA Skinsitive UltracalmPRO Multipurpose Calming Cream merupakan pelembap multifungsi yang dapat diaplikasikan di kulit wajah dan tubuh. Calamine yang terkandung di dalamnya dapat membantu menenangkan kulit gatal dengan cepat.

Selain itu, produk tersebut juga mengandung oat-derived vegan ceramide dan tamanu oil. Keduanya berfungsi dalam memperkuat sekaligus melindungi skin barrier.

Untuk diketahui, oat-derived vegan ceramide merupakan ceramide alami dari oat yang baik untuk kulit sensitif.

Tak hanya itu, UltracalmPRO Multipurpose Calming Cream juga diperkaya sodium hyaluronate, shea butter, dan phytosqualane. Bahan-bahan ini bisa memberikan kelembapan ekstra pada kulit.

Dengan label hypoallergenic, serta bebas iritan dan pewangi, UltracalmPRO Multipurpose Calming Cream aman digunakan setiap hari. Pengaplikasiannya pun bisa berkali-kali tergantung kebutuhan kulit yang teriritasi.

UltracalmPRO Multipurpose Calming Cream bisa didapatkan melalui laman https://erhaskincare.co.id atau di seluruh gerai klink ERHA, toko kecantikan atau toko resmi di sejumlah platform e-commerce, seperti Tokopedia dan Shopee.

Perawatan lain ketika eksim kambuh yang bisa dilakukan di rumah adalah mandi dengan air hangat (hindari air yang terlalu panas) dan gunakan sabun hypoallergenic, hindari menggunakan pakaian berbahan gatal. Jika memungkinkan, pasang air humidifier di dalam rumah.

Jika kekambuhan eksim dalam tingkat parah dan memicu infeksi kulit, sebaiknya segera kunjungi ahli kulit guna mendapatkan penanganan yang tepat.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com