Advertorial

Bupati Klaten Raih Penghargaan Satyalancana Wira Karya

Kompas.com - 11/07/2023, 13:01 WIB

KOMPAS.com - Bupati Klaten, Sri Mulyani mendapat penghargaan Satyalancana Wira Karya pada acara Puncak Peringatan Harganas ke-30 di Banyuasin, Sumatera Selatan (Sumsel), Kamis (6/7/2023).

Penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh Wakil Presiden Republik Indonesia (RI) Kiai Haji (KH) Ma’ruf Amin.

Sebagai informasi, Satyalancana Wira Karya adalah tanda penghormatan dari Presiden Republik Indonesia (RI) kepada warga yang mampu menjadi teladan bagi banyak orang.

Selain itu, penghargaan juga diberikan kepada individu yang dinilai telah memberikan darma bakti besar kepada negara dan bangsa.

Adapun penghargaan yang diberikan kepada Bupati Klaten tak lepas berkat komitmen dan keberhasilan dirinya dalam bidang pembangunan keluarga, kependudukan, dan keluarga berencana (KB).

Tak hanya itu, Sri juga dinilai telah melakukan berbagai upaya dan inovasi, seperti pendampingan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan peningkatan layanan fasilitas kesehatan (faskes) di sejumlah Kecamatan se-Kabupaten Klaten, Jawa Tengah (Jateng).

Dirinya juga turut menjadi bunda asuh bagi anak yang menderita stunting dan membuat inovasi berupa Dapur Sehat Atasi Stunting (DASHAT).

Sri mengatakan, dirinya sangat bersyukur telah menerima penghargaan Satyalancana Wira Karya.

"Alhamdulillah, saya menerima Penghargaan Satyalancana Wira Karya. Penghargaan ini bukan hanya untuk saya sendiri, tapi juga bagi seluruh petugas dan tenaga kesehatan Kabupaten Klaten. Mereka memiliki komitmen besar terhadap pembangunan keluarga yang baik dan menurunkan angka stunting di Kabupaten Klaten,” tuturnya seperti diwartakan Tribunnews, Sabtu (8/7/2023).

Sri berharap, penghargaan tersebut dapat menjadi penyemangat bagi dirinya dan jajaran Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Klaten dalam menurunkan angka stunting.

Lebih lanjut, Sri mengatakan bahwa penghargaan tersebut bisa diraih berkat penerapan beberapa program di wilayah Kabupaten Klaten.

Program tersebut adalah penguatan peran lintas sektoral di 81 kampung KB, pelayanan KB bergerak dengan mobil pelayanan KB, serta manajemen distribusi alat obat dan kontrasepsi (Alokon) untuk menjaga ketersediaan stok dengan inovasi diskon ojek online.

Selanjutnya, pemberian makanan tambahan (PMT) untuk balita dan ibu hamil (bumil), edukasi cara pemberian makan bagi anak melalui Program DASHAT, serta inovasi baby café.

Semua program tersebut digulirkan dalam rangka penanganan kemiskinan ekstrem.

"Kami akan terus melakukan upaya untuk menurunkan angka kemiskinan ekstrem di Kabupaten Klaten,” jelas Sri.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com