Advertorial

Cuaca Serba Tak Menentu, Jaga Imun Jangan Sampai Drop

Kompas.com - 11/07/2023, 20:46 WIB

KOMPAS.com – Kondisi cuaca di beberapa daerah Indonesia sedang tidak menentu belakangan ini. Cuaca panas pada siang hari bisa berganti secara tiba-tiba menjadi hujan pada sore hingga malam hari.

Perubahan tersebut dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh. Akibatnya, tubuh rentan terhadap infeksi virus dan bakteri. Apalagi, selama cuaca tak tentu, mikroorganisme justru berkembang dengan baik.

Bagi kaum pekerja, kondisi tubuh harus dijaga agar tidak tumbang ketika beraktivitas. Selain itu, mereka juga harus mengetahui kondisi cuaca setiap hari dan sedia payung sebelum hujan agar tubuh tetap fit selama cuaca tak tentu. Supaya tubuh tetap fit, berikut tip menjaga imun.

  1. Mengelola stres

Kaum pekerja memiliki tingkat stres yang tidak menentu setiap hari. Seperti diketahui, stres dapat mengganggu kondisi kesehatan seseorang. Pasalnya, saat stres, tubuh memproduksi hormon kortisol, adrenalin, dan neropinerin. Ketiga hormon itu dapat memicu peningkatan detak jantung.

Ketiga hormon tersebut sebenarnya punya manfaat penting bagi tubuh, seperti mengontrol kadar gila, membantu mengurangi peradangan, dan meningkatkan tekanan darah.

Akan tetapi, jika produksinya berlebihan, hal ini dapat mengganggu kesehatan mental, seperti gangguan kecemasan, serangan panik, dan depresi.

Sebagai solusi, Anda bisa mengelola stres dengan mengenali pemicu stres. Jika kerap stres saat membaca timeline media sosial, misalnya, Anda bisa mengurangi membukanya. Anda bisa berjalan sebentar mencari udara segar jika stres dengan pekerjaan. Hal ini dilakukan supaya pikiran kembali segar.

Anda dapat mengganti aktivitas itu dengan kegiatan lain, seperti berolahraga atau bermeditasi. Kedua aktivitas ini dapat merangsang hormon kebahagiaan, seperti endorfin, serotonin, oksitosin, dan dopamin.

  1. Pentingnya jaga imun tubuh

Menjaga imun tubuh merupakan hal yang penting, terutama di tengah cuaca tidak menentu. Pasalnya, perubahan suhu dan kelembaban dapat memengaruhi kemampuan tubuh untuk melawan infeksi.

Dengan menjaga imun tubuh yang optimal, Anda dapat meningkatkan daya tahan tubuh dan melindungi diri dari berbagai penyakit. Seperti diketahui, imun yang kuat dapat membantu melindungi tubuh dari serangan patogen, seperti bakteri, virus, dan jamur.

Jika mengalami dehidrasi selama cuaca tidak menentu, daya tahan tubuh dapat melemah. Oleh karena itu, Anda bisa mengonsumsi air kelapa karena kaya akan nutrisi serta mengandung rendah kalori, serta kaya kalium.

Selain itu, air kelapa juga mengandung gula alami dan elektrolit yang dapat memberikan energi alami. Hal ini menjadikan air kelapa asli Hydro Coco sebagai salah satu pilihan minuman penyegar saat beraktivitas atau berolahraga intensif.

  1. Jaga pola makan sehat dengan gizi seimbang

Hal pertama yang perlu dilakukan adalah menjaga pola makan sehat dengan gizi seimbang. Berdasarkan panduan Kementerian Kesehatan (Kemenkes), pola makan sehat diaplikasikan dengan konsep “Isi Piringku”.

Konsep itu merupakan strategi penyajian makanan dalam satu porsi atau piring. Adapun pembagiannya adalah sebagai berikut.

  • 2/3 dari setengah piring dengan makanan pokok sebagai sumber karbohidrat.
  • 2/3 dari setengah piring untuk sayuran sebagai sumber vitamin, serat, dan mineral.
  • 1/3 dari setengah piring untuk buah-buahan sebagai sumber vitamin, serta, mineral.
  • 1/3 dari setengah piring untuk lauk-pauk sebagai sumber protein.

Adapun makanan pokok dapat bersumber dari jagung, nasi, singkong, ubi, serta umbi-umbian. Porsi makanan pokok yang dianjurkan sekitar 3 sampai 4 porsi dalam satu hari. Satu porsi nasi idealnya berukuran sekitar 100 gram.

Kemudian, anjuran konsumsi sayur per hari biasanya adalah 3 porsi sampai 4 porsi dalam satu hari. Sementara itu, porsi buah disarankan untuk dikonsumsi sebanyak 2 sampai 3 porsi dalam satu hari.

Selanjutnya, lauk-pauk sebagai sumber protein bisa didapat dari protein hewani dan nabati. Sumber protein hewani bisa diperoleh dari ikan dan ayam. Sementara, protein nabati bisa diperoleh dari produk olahan kedelai, seperti tahu dan tempe. Adapun porsi protein yang disarankan sebanyak 2 porsi hingga 4 porsi setiap hari.

Selama menjaga gizi seimbang, Anda dapat menghindari berbagai makanan yang tidak baik untuk tubuh, seperti makanan dengan banyak garam, gula, serta lemak jenuh.

Penting juga untuk menjaga pola makan teratur dan tepat waktu. Pasalnya, makan secara teratur dan tepat waktu memiliki berbagai manfaat untuk tubuh, seperti menjaga kesehatan pencernaan, mengontrol kadar asam, serta mencegah obesitas.

  1. Berolahraga

Selain menjaga pola makan sehat, olahraga juga memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Sebut saja, menjaga berat badan, mengurangi risiko penyakit, memperkuat tulang dan otot, serta meningkatkan sistem imun. Oleh karena itu, sesibuk apa pun Anda, sempatkan diri berolahraga setidaknya 30-45 menit setiap hari.

Sebagai permulaan, Anda tidak perlu berolahraga dengan intensitas tinggi. Lakukan aktivitas fisik dengan intensitas ringan hingga sedang.

Untuk mengukur intensitas, Anda cukup mengecek detak jantung dan frekuensi pernapasan. Intensitas rendah biasanya ditandai dengan detak jantung dan pernapasan stabil.

Kemudian, intensitas sedang bisa dirasakan saat Anda mulai berkeringat, detak jantung lebih cepat, dan napas terasa berat.

Beberapa olahraga yang dapat dipilih antara lain adalah senam, yoga, bersepeda, serta angkat dumbbell.

Jika tidak sempat berolahraga, usahakan tetap aktif bergerak setiap hari, baik berjalan kaki maupun membersihkan rumah.

  1. Tidur berkualitas

Tidur yang berkualitas menjadi salah satu aspek penting dalam menjaga kesehatan. Pasalnya, tidur bermanfaat untuk menjaga fungsi otak dan regulasi tubuh.

Saat tidur, organ tubuh juga mengeluarkan zat-zat beracun dalam tubuh. Sistem imun pun dapat bekerja secara efektif dalam melawan infeksi virus ataupun bakteri.

Jika kualitas tidur kurang, kinerja sistem imun melemah. Kondisi ini bisa meningkatkan risiko terkena berbagai keluhan kesehatan dan penyakit.

Adapun ciri-ciri tidur berkualitas di antaranya adalah nyenyak saat tidur, memiliki jam tidur dan bangun teratur, memenuhi durasi tidur sesuai kriteria usia (untuk orang dewasa 7-8 jam), merasa segar saat bangun, serta memiliki mood yang baik.

Untuk mendapatkan tidur berkualitas, Anda sebaiknya menetapkan jadwal tidur secara konsisten. Hindari berbagai distraksi yang dapat mengganggu jadwal tidur, seperti bermain ponsel atau menonton televisi, supaya tidur Anda berkualitas.

Itulah beberapa cara yang bisa Anda lakukan supaya tidak tumbang saat kondisi cuaca tidak menentu. Supaya tetap JAIM atau JAga IMun dan lancar beraktivitas, yuk konsumsi Hydro Coco yang memiliki segala kebaikan air kelapa asli.

Hydro Coco terbuat dari 100 persen air kelapa asli yang diproduksi oleh KALBE Nutritionals, perusahaan yang ahli di bidang kesehatan dan nutrisi. Hydro Coco mengandung berbagai nutrisi yang bermanfaat bagi tubuh, seperti vitamin C, B3, B5, dan B6, kalsium, magnesium, serta tinggi serat dan rendah kalori.

Selain itu, produk tersebut juga dibuat tanpa bahan pengawet dan pemanis buatan. Dengan demikian, Hydro Coco aman dikonsumsi setiap hari, terutama untuk jaga imun atau (Jaim).

Sebagai informasi, Hydro Coco tersedia dalam ukuran 250 ml, 3.300 ml, 500 ml, dan 1 liter yang pas untuk keluarga.

Jadi, siapkan selalu air kelapa di rumah agar tubuh tetap sehat selama cuaca tak menentu. Bagi kamu yang ingin membeli produk Hydro Coco, silakan kunjungi toko terdekat atau klik tautan berikut.

Baca tentang
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com