Kabar pos

Pos Indonesia Terima 5 Penghargaan Bergengsi Human Capital on Resilience Excellence Award 2023

Kompas.com - 12/07/2023, 21:36 WIB

KOMPAS.com - Memasuki usia ke-277, PT Pos Indonesia (Persero) terus bergerak ke arah lebih baik lewat transformasi dan inovasi pada tujuh bidang yang dicanangkan sejak 2020.

Program transformasi dan inovasi yang dijalankan itu mencakup berbagai aspek, mulai dari business, product and channel, process, technology, human capital, organization, hingga culture.

Bagi perseroan, human capital dinilai sebagai penentu keberhasilan sebuah organisasi. Pasalnya, aspek ini bertanggung jawab pada tiga transformasi dan inovasi organisasi, budaya, serta human capital.

Selama tiga tahun terakhir, Pos Indonesia melakukan berbagai upaya guna memperbaiki pengelolaan ketiga hal tersebut demi mencapai target bisnis.

Upaya itu pun tak sia-sia. Pos Indonesia dianugerahi penghargaan bergengsi di ajang Human Capital on Resilience Excellence Award (HCREA) 2023 pada Rabu (5/7/2023).

Pengakuan tersebut menjadi bukti bahwa perusahaan mampu merealisasikan komitmennya dalam memperbaiki pengelolaan human capital.

Penyerahan penghargaan kepada Pos Indonesia.Dok. Pos Indonesia Penyerahan penghargaan kepada Pos Indonesia.

Sebagai informasi, HCREA 2023 merupakan ajang penghargaan di bidang human capital. Dalam penilaiannya, tim juri melakukan pemetaan persoalan dan tantangan yang dihadapi departemen human capital di tengah tantangan digitalisasi.

Tahun ini, HCREA mengusung tema “Resilient Human Capital with Global Competitiveness”. Tema ini dipilih dengan harapan perusahaan yang masuk ke dalam nominasi bisa menjadi perusahaan yang adaptif serta berdaya saing global.

Adapun Pos Indonesia meraih lima penghargaan di HCREA 2023, yakni The Best Recruitment of Logistics Specialist, The Most Innovation HR, The Best Company of Culture and Employee Experience, The Most Resilience Company 2023, dan The Best Leadership Development Focus on HC untuk Direktur Human Capital Management Tonggo Marbun.

Tonggo mengatakan, penghargaan tersebut menjadi pelecut perseroan untuk terus mendorong batas-batas, merangkul inovasi, serta menetapkan standar baru dalam mengelola human capital yang kian baik.

"Kami sangat senang dan rendah hati menerima penghargaan tersebut. Capaian ini adalah prestasi buah dari kerja keras seluruh teman-teman human capital Pos Indonesia," kata Tonggo dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Rabu (12/7/2023).

Ia pun berharap, Pos Indonesia bisa terus memberikan pelayanan dan produk yang relevan sesuai kebutuhan konsumen.

Direktur Human Capital Management Tonggo Marbun meraih predikat sebagai The Best Leadership Development Focus on HC.Dok. Pos Indonesia Direktur Human Capital Management Tonggo Marbun meraih predikat sebagai The Best Leadership Development Focus on HC.

Perbaiki pengelolaan human capital

Penghargaan-penghargaan HCREA 2023 diberikan kepada organisasi yang menunjukkan kinerja luar biasa dan berkontribusi penting bagi industri masing-masing.

Torehan kinerja Pos Indonesia sendiri terlihat dari upayanya dalam mempersiapkan sumber daya manusia (SDM) berkualitas tinggi guna kelancaran mencapai tujuan bisnis.

Selama 2022 dan semester I 2023, HC Pos Indonesia juga berfokus untuk mulai merambah bisnis logistik, enterprise, wholesale, dan internasional demi mengembangkan bisnis.

Dalam realisasi usaha itu, perseroan melakukan restrukturisasi organisasi dengan membentuk subdirektorat baru dan memperkuat subdirektorat existing yang mengelola keempat bidang tersebut.

Pos Indonesia juga menjalankan strategic workforce planning untuk menyiapkan kapasitas dan kapabilitas human capital sehingga mampu membawa perusahaan kembali berjaya.

Saat itu, perusahaan juga melakukan remodelling karyawan menjadi kemitraan, mengakselerasi karier, serta menyediakan program talent development guna meningkatkan kompetensi teknis dan leadership.

Pos Indonesia pun punya fokus terhadap pengelolaan kinerja dengan membangun performance management system berbasis objective and key results (OKR). Metode tersebut membuat pengelolaan kinerja karyawan dan manajemen lebih mudah, adil, serta transparan.

Ke depan, metode itu akan digunakan untuk mengukur benefit bagi karyawan sesuai kinerjanya. Hal ini dilakukan demi membentuk budaya berprestasi di perusahaan.

Untuk mempersiapkan bisnis di masa depan dan menjaga sustainability, Pos Indonesia mulai membangun kompetensi digital melalui rekrutmen digital talent, mapping digital mindset karyawan, menetapkan direktori kompetensi digital, dan menyiapkan regulasi khusus digital talent.

Sejumlah pelatihan, sertifikasi, dan bootcamp digital kepada karyawan pun digelar.

Hal paling penting, Pos Indonesia pun berkomitmen untuk berfokus pada pembangunan employee experience yang positif melalui digitalisasi layanan human capital.

Digitalisasi layanan human capital dilakukan di berbagai aspek pengelolaan karyawan, mulai dari perekrutan, pembelajaran, development, penempatan, pengukuran kinerja, pemberian penghargaan, hingga purnatugas.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com