Advertorial

ESG Festival Bank Mandiri: Komitmen Menuju Netral Karbon (NZE) 2060

Kompas.com - 13/07/2023, 14:59 WIB

KOMPAS.com – PT Bank Mandiri Tbk mengadakan ESG Festival pada Rabu (12/7/2023). Kegiatan ini merupakan bentuk komitmen Bank Mandiri untuk mendukung target pemerintah dalam mencapai net zero emission (NZE) operational 2030 dan emisi pembiayaan pada 2060, serta memberdayakan digipreneurship.

Acara tersebut dilakukan dengan mengedepankan prinsip environment, social, and governance (ESG). Perwujudan keuangan berkelanjutan dalam kerangka kerja ESG merupakan salah satu bentuk dukungan penting dalam menciptakan pertumbuhan ekonomi berkelanjutan.

Dalam menyukseskan pencapaian NZE 2060, Bank Mandiri tak hanya melibatkan nasabah, tetapi juga para stakeholder.

Direktur Utama Bank Mandiri Darmawan Junaidi mengatakan, pihaknya meluncurkan empat inisiatif pada ESG Festival.

Pertama, Digital Carbon Tracking. Lewat inisiatif ini, seluruh stakeholder dapat secara langsung memantau jejak karbon atau emisi yang berhasil dikurangi melalui operasional Bank Mandiri, mulai dari pusat hingga ke level cabang.

Untuk memantau hasil Digital Carbon Tracking, para stakeholder dapat mengaksesnya melalui situs esg.bankmandiri.co.id.

“Inisiatif ini menjadikan Bank Mandiri sebagai bank pertama di Indonesia dengan penerapan Digital Carbon Tracking. Lewat upaya ini, kami berusaha untuk memperkuat komitmen agar dapat menurunkan emisi berbasis ESG yang sudah dilakukan sejak 2019,” ujar Darmawan dalam siaran pers yang diterima Kompas.com (12/7/2023).

Kedua, meluncurkan recycled polyvinyl chloride (R-PVC) untuk kartu prabayar e-money serta kartu debit dan kredit nirsentuh (cardless)

Bank Mandiri juga menjadi bank pertama di Indonesia yang menerbitkan cardless untuk kartu debit dan kartu kredit, serta kartu prabayar e-money dari bahan plastik PVC daur ulang.

“Peluncuran kartu ramah lingkungan (sustainable cards) tersebut adalah bentuk komitmen Bank Mandiri pada sustainability, khususnya untuk mendukung pertumbuhan ekonomi rendah karbon dan pencapaian target NZE Indonesia 2060,” ucap Wakil Direktur Utama Bank Mandiri Alexandra Askandar.

Ketiga, Carbon Insetting melalui aktivitas restorasi lahan dengan metode natural based solution.

Senior Vice President (SVP) ESG Group Citra Amelya menjelaskan bahwa salah satu upaya yang dilakukan Bank Mandiri lewat inisiatif tersebut adalah dengan telah menanam mangrove di lahan sekitar seluas 20 hektare pada 2022.

Bank mandiri luncurkan empat inisiatif untuk bantu pemerintah capai target NZE 2060. Dok. Bank Mandiri Bank mandiri luncurkan empat inisiatif untuk bantu pemerintah capai target NZE 2060.

“Ke depan, Bank mandir akan melakukan restorasi lahan lagi. Jadi, kami akan berusaha menyerap emisi dan melakukannya sesuai dengan komitmen yang sudah dibuat,” jelas Citra.

Keempat, mempromosikan kendaraan listrik. Untuk hal ini, Bank Mandiri bersama anak perusahaannya pada bidang pembiayaan, yakni Mandiri Tunas Finance dan Mandiri Utama Finance, ikut berkolaborasi dalam menciptakan ekosistem kendaraan listrik atau electronic vehicle (EV).

Hal tersebut ditunjukkan melalui kehadiran fitur EV di Livin’ Sukha, termasuk ragam promosi EV di Livin’ dan Kopra yang bakal berlangsung hingga Agustus 2023.

Itulah empat inisiatif yang diluncurkan Bank Mandiri pada ESG Festival 2023. Bagaimana, menarik bukan?

Ayo segera bergabung dengan Bank Mandiri untuk membantu pemerintah mencapai target NZE 2060.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com