Advertorial

Program Executive Data Analytics dari Kuncie dan SBM ITB Siap Bekali Pemimpin dengan Kemampuan Data Analytics

Kompas.com - 14/07/2023, 16:08 WIB

KOMPAS.com - Platform pengembangan keterampilan talenta muda, Kuncie, bersama Sekolah Bisnis dan Manajemen (SBM) Institut Teknologi Bandung (ITB) merilis program Executive Data Analytics.

Program tersebut dihadirkan untuk membantu sejumlah talenta di bidang bisnis, mulai dari eksekutif hingga profesional, agar dapat memperdalam kemampuan analisis data.

Selain itu, kehadiran program Data Analytics juga sebagai bentuk komitmen kedua pihak untuk membuka akses pendidikan berkualitas yang lebih inklusif bagi talenta Indonesia.

Chief Executive Officer Kuncie Hendra Saputra mengatakan, program Executive Data Analytics merupakan program nondegree berupa materi kelas master business administration (MBA) yang dipadatkan.

Program tersebut dirancang untuk mengajarkan cara mengolah serta menyajikan data yang tepat sehingga bermanfaat pada aspek-aspek dasar pengelolaan perusahaan.

Selain itu, peserta juga akan diajarkan untuk memahami manfaat penting memiliki kemampuan beradaptasi terhadap setiap perubahan dalam fungsi-fungsi perusahaan. Utamanya, terkait dengan penyajian data untuk menunjang strategi bisnis perusahaan.

“Kami berharap, program Executive Data Analytics tidak hanya dapat meningkatkan kemampuan seseorang dalam melakukan analisis data, tapi juga dalam menerapkan business intelligence dalam perusahaan,” ujar Hendra dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Jumat (14/7/2023).

Hendra menambahkan, Executive Data Analytics juga dapat membantu leader untuk berkontribusi lebih pada perencanaan, pengelolaan data, dan penyediaan informasi bisnis agar lebih mudah dipahami oleh seluruh stakeholder.

Adapun dengan kemampuan analisis data yang baik, perusahaan dapat dengan efektif dan efisien dalam menentukan strategi pemasaran.

“Dengan mengikuti program Kuncie Executive Data Analytics, peserta akan mengikuti pembelajaran dengan tiga metode belajar yang dikombinasikan. Kombinasi metode ini dirancang untuk memperkuat pemahaman terhadap pemecahan masalah jangka pendek ataupun jangka panjang yang dihadapi organisasi sehari-hari,” jelas Hendra.

Ilustrasi mempelajari analisis data. Dok. Istimewa Ilustrasi mempelajari analisis data.

Salah satu metode belajar tersebut, tambah Hendra, adalah self-guided learning. Metode ini merupakan sesi belajar mandiri dengan menonton video pembelajaran teori yang mudah dipahami.

Sesi self-guided learning memungkinkan peserta untuk mengatur jadwal belajar sesuai dengan kesibukan masing-masing.

Kemudian, ada metode live in-class atau pertemuan online bersama pengajar. Pada sesi ini, pengajar akan membahas materi yang telah dipelajari sebelumnya pada sesi self-guided learning.

Peserta akan mendapatkan case study assignment dan assessment dari pengajar pada saat live in-class learning.

Metode terakhir adalah experiential learning yang merupakan pertemuan online untuk memberikan pengalaman mendalam bagi para peserta melalui praktikum atau simulasi.

“Setelah mengikuti program Kuncie Executive Data Analytics, peserta diharapkan memiliki wawasan dan keterampilan yang lebih mendalam mengenai analisis data. Selain itu, wawasan baru yang dimiliki diharapkan dapat menunjang kompetensi dalam bidang manajerial berbasiskan data sehingga mereka dapat membawa perusahaan mencapai kinerja unggul,” kata Hendra.

Sebagai informasi, pendaftaran peserta program Kuncie Executive Data Analytics dibuka pada Kamis (13/7/2023) hingga Jumat (1/9/2023).

Kegiatan belajar akan dimulai pada Senin (4/9/2023) dengan durasi pembelajaran selama 4 minggu.

Adapun biaya pendaftaran program Kuncie Executive Data Analytics adalah Rp 5 juta.

Bagi yang tertarik mengikuti program tersebut, silakan mendaftar melalui tautan berikut.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com