Advertorial

Sampaikan Pesan Presiden, Mendagri Minta Langkah Pengendalian Inflasi Harus Detail

Kompas.com - 17/07/2023, 17:29 WIB

KOMPAS.com - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Muhammad Tito Karnavian menyampaikan pesan Presiden Jokowi yang meminta stakeholder, termasuk pemerintah daerah (pemda), untuk melakukan langkah pengendalian inflasi secara detail.

Tito mengatakan, hal tersebut dapat dilakukan dengan memantau komoditas dan daerah yang mengalami inflasi.

“Meski per Juni 2023 rerata angka inflasi nasional sebesar 3,5 persen, tetapi ada sejumlah daerah yang berada di atas angka tersebut. Jumlahnya pun cukup banyak. Bahkan, ada daerah yang memiliki angka inflasi mencapai lebih dari 6 persen,” ujar Tito dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Senin (17/7/2023).

Tito pun meminta kepada pemda dengan memiliki angka inflasi di atas 3,5 persen untuk segera melakukan langkah penurunan.

Langkah tersebut bisa dilakukan dengan cara menggali berbagai informasi terkait inflasi di daerahnya sekaligus mencarikan solusinya.

“Misalnya, dengan bekerja sama dengan Badan Pusat Statistik (BPS) untuk melihat komponen yang membuat inflasi di daerah itu tinggi. Umumnya, inflasi di daerah tinggi akibat suplai yang kurang atau distribusinya yang macet,” kata Tito.

Untuk membantu pengendalian, Tito mengaku sudah menurunkan tim ke sejumlah daerah yang masih memiliki angka inflasi tinggi.

Selain itu, dirinya juga telah berkomunikasi dan berdiskusi secara langsung dengan beberapa kepala daerah untuk melakukan pengendalian inflasi.

“Saya imbau kepala daerah untuk mengaktifkan satuan tugas (satgas) pangan dan rutin mengecek komoditas di banyak pasar. Itu yang dimaksud detail oleh Presiden. Setiap berkunjung ke daerah, beliau pasti akan ke pasar dan mengecek harga,” jelas Tito.

Pada kesempatan itu, Tito juga mengapresiasi pemda yang berhasil mengendalikan inflasi hingga di bawah rerata nasional. Ia pun menginginkan daerah yang mampu mengendalikan inflasi agar dapat menjadi rujukan bagi daerah lain.

“Presiden sangat gembira dengan capaian inflasi pada Juni 2023 yang mampu mencapai angka 3,5 persen. Namun, inflasi harus tetap dikendalikan hingga mencapai target 3 persen. Angka ini dianggap imbang karena menyenangkan produsen dan konsumen,” ucapnya.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com