Advertorial

Mendagri Minta Kepala Daerah Aktif Turun ke Pasar demi Kendalikan Harga Komoditas dan Inflasi

Kompas.com - 17/07/2023, 18:06 WIB

KOMPAS.com – Dalam mengendalikan harga komoditas, Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Muhammad Tito Karnavian meminta para kepala daerah untuk tidak hanya mengandalkan satuan tugas (Satgas) Pangan. Ia pun mendorong kepala daerah turun langsung ke lapangan dan mengecek kondisi pasar.

Menurutnya, kehadiran kepala daerah di pasar akan memberikan efek psikologis kepada pedagang dan konsumen, serta meningkatkan isu stabilitas harga.

Hal itu disampaikan Tito dalam Rapat Koordinasi (Rakor) Pengendalian Inflasi Daerah yang digelar di Gedung Sasana Bhakti Praja Kantor Pusat Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Jakarta, Senin (17/7/2023).

Mendagri mengatakan, langkah tersebut sejalan dengan contoh yang ditunjukkan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang sering mengunjungi pasar-pasar di berbagai daerah.

“Kalau ada kenaikan harga, kita harus segera mencari tahu penyebabnya, misalnya karena suplai kurang atau distribusi terhambat. Kita bisa kerja sama dengan Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) dan melibatkan forum koordinasi pimpinan daerah (forkopimda). Kalau ada masalah hukum, kita bisa manfaatkan Kejaksaan, TNI, dan Polri,” jelasnya dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Senin.

Mendagri juga menyampaikan bahwa Kementerian Keuangan (Kemenkeu) telah menyiapkan insentif bagi daerah yang berhasil mengendalikan inflasi.

Saat ini, ia menjelaskan, Kemenkeu sedang melakukan penilaian terhadap kinerja daerah dalam hal pengendalian inflasi dengan melibatkan lintas instansi. Hasil penilaian, baik daerah yang berhasil maupun gagal mengendalikan inflasi, akan diumumkan dalam acara penghargaan.

“Jadi, mudah-mudahan hal tersebut bisa memotivasi rekan-rekan untuk mengendalikan inflasi,” ucap Tito.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com