Advertorial

"Sulsel Andalan Indonesia" Jadi Tema Peringatan HUT Ke-354 Provinsi Sulsel

Kompas.com - 17/07/2023, 21:47 WIB

KOMPAS.com – Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) akan merayakan Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-354. Perayaan ini akan diisi dengan sejumlah kegiatan. Salah satunya adalah Pekan Raya Sulsel (PRS) yang terdiri dari rangkaian festival kuliner, lomba memasak, business matching, dan lomba tradisional.

Hal itu disampaikan Ketua Panitia HUT Ke-354 Provinsi Sulsel Ahmadi Akil dalam rapat panitia pelaksana di Ruang Rapat Pimpinan (Rapim) Kantor Gubernur Sulsel, Senin (17/7/2023).

Pada kesempatan itu, Ahmadi didampingi oleh Sekretaris Panitia Idham Kadir, Kepala Dinas (Kadis) Perumahan, Kawasan Permukiman, dan Pertanahan (Perkimtan) Sulsel Andi Bakti Haruni, serta Staf Ahli Gubernur Malik Faisal Mujiono Mappatoba.

“Tema perayaan HUT Sulsel kali ini adalah ‘Sulsel Andalan Indonesia,’” ujar Ahmadi dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Senin (17/7/2023).

Menurut dia, tema tersebut dipilih lantaran saat ini Sulsel merupakan salah satu provinsi dengan perkembangan terpesat di Indonesia, khususnya pada bidang ekonomi, industri, pertanian, perkebunan, dan jasa.

“Secara nyata, Sulsel memiliki tingkat pertumbuhan yang cukup pesat, khususnya di kawasan timur Indonesia. Tak heran, provinsi ini pun menjadi andalan Indonesia,” ujar Ahmadi.

Semua itu, lanjut dia, tak lepas dari campur tangan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulsel. Misalnya, lewat program Benih Mandiri yang digagas Gubernur Sulsel Andi Sudirman dan inovasi industri hilirisasi.

HUT Ke-354 Provinsi Sulsel dirayakan dengan Pekan Raya Sulsel (PRS).Dok. Pemprov Sulsel HUT Ke-354 Provinsi Sulsel dirayakan dengan Pekan Raya Sulsel (PRS).

Pada rapat tersebut, panitia pelaksana HUT Ke-354 Sulsel juga membahas logo yang akan digunakan pada perayaan tersebut.

Kepada Bidang (Kabid) Persandian Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian (Diskominfo SP Sulsel) Sultan Rakib mengatakan, logo yang dipakai menggunakan huruf Lontara, yakni huruf yang dipakai oleh suku Bugis dari Sulsel.

“Angka 3 yang ditulis dengan huruf Lontara mengilustrasikan karst pada obyek wisata Rammang-Rammang Pangkep Maros. Wisata ini masuk dalam daftar UNESCO Geopark 2023,” jelas Sultan.

Sementara itu, angka 5 menggambarkan liukan rel kereta di Sulsel. Adapun kereta tersebut telah menjadi moda transportasi baru warga Sulsel yang diresmikan pada 2023. Kereta ini pun diproyeksi menjadi rel kereta api Trans-Sulawesi.

“Angka 4 menggambarkan layar kapal pinisi yang merupakan kapal air legendaris suku Bugis, Makassar, Toraja, dan Mandar di Sulsel,” ujar Sultan.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com