Advertorial

Pemkab Klaten Raih Juara 5 Lomba Video BBWI Kemenparekraf

Kompas.com - 18/07/2023, 20:22 WIB

KOMPAS.com - Kabupaten Klaten berhasil memboyong penghargaan karena berhasil menjadi juara lima dalam lomba video Bangga Berwisata di Indonesia (BBWI) pada ajang Apresiasi Pemasaran Pariwisata Indonesia (APPI) 2023. Ajang ini digelar Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia (Kemenparekraf) di Gedung Sapta Pesona Jakarta, Senin (17/07/2023).

Penghargaan tersebut diserahkan langsung Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno kepada Sekretaris Daerah Kabupaten Klaten Jajang Prihono.

Kepala Dinas Pariwisata Kebudayaan Pemuda Dan Olahraga Kabupaten Klaten (Disbudporapar) Sri Nugroho menyampaikan, Kabupaten Klaten mengirimkan karya untuk lomba video kreatif BBWI dengan menyorot destinasi wisata Girpasang di Desa Tegalmulyo, Kecamatan Kemalang.

“Alhamdulillah, Kabupaten Klaten mendapatkan juara lima dalam kategori tingkat kabupaten atau kota dari 514 peserta se-Indonesia,” jelas Sri Nugroho dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Selasa (18/7/2023).

Sri Nugroho juga menjelaskan persiapan yang dilakukan pihaknya dalam mengikuti ajang lomba Kemenparekraf tersebut. Adapun produk video kreatif dikerjakan selama satu bulan.

Kabupaten Klaten menjadi juara lima dalam lomba video BBWI. DOK. Pemkab Klaten Kabupaten Klaten menjadi juara lima dalam lomba video BBWI.

Lewat video tersebut, pihaknya berharap agar ke depan, desa-desa di Kabupaten Klaten, baik yang dikelola pemerintah kabupaten (pemkab) maupun Badan Usaha Milik Desa (BUMDes), dapat tergali potensinya dan juga menjadi peluang bagi kesejahteraan dan pemberdayaan masyarakat.

Sebagai informasi, Pemkab Klaten terus berinovasi untuk pemasaran pemenuhan atraksi obyek wisata sesuai potensi lokal yang dimiliki. Untuk mengakomodasi hal ini, Pemkab Klaten mempromosikannya melalui media digital. Tujuannya, supaya obyek wisata di Klaten bisa dikenal masyarakat, baik di tingkat nasional maupun internasional.

“Saya berharap, penghargaan tersebut dapat memunculkan destinasi-destinasi pariwisata baru di Klaten. Terlebih, saat ini, jumlah Desa Wisata yang memiliki Surat Keputusan (SK) Bupati Klaten berjumlah 34 desa dan Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) sebanyak 29 dari 391 desa di Kabupaten Klaten,” tuturnya.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com