Advertorial

Tips dan Produk Skincare untuk Atasi Pori-Pori Wajah yang Besar

Kompas.com - 19/07/2023, 11:55 WIB

KOMPAS.com – Apakah kamu merasa tidak percaya diri dengan pori-pori besar pada wajah? Jangan putus asa karena kamu tidak sendirian.

Pori-pori besar menjadi masalah banyak orang. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan menggunakan produk perawatan kulit (skincare) yang tepat.

Nah, kebetulan banget, Shopee sedang menggelar promo 8.8. Lewat promo ini, kamu bisa mendapatkan skincare untuk mengecilkan pori-pori wajah dengan harga terjangkau.

Namun, sebelum berbelanja skincare, ketahui dulu tips yang bisa dilakukan untuk membantu mengecilkan pori-pori besar yang mengganggu penampilan. Berikut adalah ulasannya.

  1. Bersihkan wajah dengan rutin

Dokter kulit bersertifikat dan spesialis dermatologi dr Linsey mengatakan bahwa membersihkan kulit dengan cara yang benar dapat mencegah penumpukan dan memperbaiki kondisi pori-pori.

Dia menyarankan untuk membersihkan wajah pada pagi dan malam hari sebelum tidur. Pada pagi hari, gunakan pembersih yang lembut dan air hangat. Sementara, malam hari, bersihkan muka dengan double cleansing.

Metode double cleansing adalah membersihkan kulit wajah dengan dua tahapan, yaitu menggunakan minyak pembersih, seperti micellar water atau cleansing balm, kemudian lanjutkan mencucinya dengan sabun yang lembut seperti pada pagi hari.

Meskipun terdengar aneh, pembersih berbahan dasar minyak efektif untuk menghapus riasan dan membantu membersihkan pori-pori serta menghilangkan komedo yang tersumbat.

  1. Cuci muka sebelum dan sesudah olahraga

Ahli kesehatan kulit dan pendiri Niche Dermatology di New York, Amerika Serikat, dr Shari Marchbein menjelaskan bahwa pori-pori di sekitar kulit dikelilingi oleh pembuluh darah dan dapat melebar ketika terpapar panas dan keringat. Hal inilah yang membuatnya terlihat lebih terbuka.

Oleh karena itu, penting untuk membersihkan wajah sebelum dan setelah olahraga agar riasan, kotoran, dan bakteri tidak terjebak dalam pori-pori yang melebar tersebut.

Saat pori-pori wajah bersih, kulit akan dengan mudah menyerap produk skincare atau obat topikal. Dengan begitu, kamu bisa mendapatkan manfaat lebih dari perawatan yang dilakukan.

  1. Gunakan produk make-up dengan tepat

Menyamarkan pori-pori bisa dilakukan dengan menggunakan produk make-up yang tepat. Misalnya, alas bedak (foundation) yang dapat memberikan efek poreless, pelembap berwarna (tinted moisturizer), atau bedak yang mengandung bahan penyerap minyak.

Meski bersifat sementara, solusi itu mampu memberikan efek pori-pori tersamarkan dan kulit lebih halus dengan cepat. Kamu bisa menerapkannya kala menghadapi situasi tertentu. Misalnya, menghadiri undangan, rapat dengan klien, atau sekadar hang-out dengan teman.

  1. Eksfoliasi kulit dengan skincare mengandung AHA atau BHA

Alpha-hydroxy acid (AHA) dan beta-hydroxy acid (BHA) berperan penting dalam meluruhkan sel-sel kulit mati penyumbat pori-pori wajah (eksfoliasi). BHA juga memiliki kemampuan dalam melarutkan minyak dan kotoran yang terperangkap di pori-pori dan membantu meregangkannya.

Adapun turunan AHA yang memiliki efektivitas tersebut di antaranya asam glikolat, asam mandelat, dan asam laktat. Sementara, BHA adalah asam salisilat.

Namun, perlu diingat, pori-pori akan terisi kembali dengan sel-sel kulit mati seiring waktu berjalan. Maka dari itu, rutinlah untuk melakukan eksfoliasi kulit dengan bahan-bahan tersebut.

  1. Gunakan retinoid

Pori-pori wajah yang besar juga dipengaruhi oleh produksi kolagen pada kulit. Sayangnya, seiring waktu berjalan, kemampuan tubuh untuk memproduksi senyawa protein ini berkurang.

Untuk merangsang produksi kolagen dan memperkuat dinding pori-pori, dr Marchbein merekomendasikan penggunaan serum atau krim retinoid ke dalam rutinitas perawatan kulit.

Adapun retinoid yang kerap diresepkan dokter kulit di antaranya adalah tretinoin, tazorac, dan retin-A micro. Selain itu, kamu bisa mencoba retinol yang dijual bebas.

Namun, kamu perlu berhati-hati karena retinoid dan retinol memiliki efek samping cukup tinggi. Jadi, gunakan sesuai dosis pada awal pemakaian. Setelah kulit beradaptasi, kamu bisa tingkatkan dosis dan frekuensi penggunaannya.

Setelah mengetahui cara-cara tersebut, yuk cari tahu rekomendasi produk skincare untuk mengecilkan pori-pori. Simak ulasannya berikut.

  1. Wardah Nature Daily Witch Hazel Purifying Serum

Jika kamu mencari serum yang dapat membantu mengatasi pori-pori besar, cobalah produk perawatan kulit dari Wardah ini.

Diperkaya ekstrak rumput laut dan witch hazel dengan konsentrasi tinggi, Wardah Nature Daily Witch Hazel Purifying Serum dapat membersihkan, melembapkan, dan merapatkan pori-pori. Serum ini cocok untuk tipe kulit normal, berminyak, atau kombinasi.

  1. Bioderma Sebium Pore Refiner

Kandungan fluidactiv dalam krim wajah ini memiliki kemampuan biologis untuk meningkatkan kualitas sebum dalam kulit. Hal ini membantu mencegah penyumbatan pori-pori dan memperbaiki kerusakan yang terjadi di dalamnya.

Selain itu, Bioderma Sebium Pore Refiner juga mengandung asam yang memberikan efek segar dan memperbaiki tekstur kulit.

  1. Avoskin Miraculous Refining Series

Rangkaian produk yang terdiri dari toner dan serum ini dikhususkan untuk mengatasi pori-pori besar.

Toner-nya sendiri mengandung aloe vera, AHA, BHA, dan polyhydroxy acid (PHA) yang membantu mengangkat sel-sel kulit mati. Sementara itu, serumnya mengandung niacinamide dan ceramide yang berfungsi untuk menyamarkan pori-pori, memberikan efek mencerahkan, dan membantu meratakan warna kulit.

Dengan menggunakan Avoskin Miraculous Refining Series secara teratur, kamu dapat mendapatkan kulit yang lebih baik.

  1. Viva Astringent Cucumber

Jenama perawatan kulit legendaris ini juga punya produk untuk membantu mengecilkan pori-pori besar.

Viva Astringent Cucumber berbentuk penyegar yang terbuat dari ekstrak mentimun yang dapat mengurangi kelebihan minyak pada kulit. Selain itu, produk ini juga mengandung pore tightening agent yang membantu merapatkan pori-pori wajah.

Dengan menggunakan produk tersebut, pori-pori wajah tidak hanya dapat terlihat lebih kecil, tapi kulit wajah juga terjaga kekencangannya.

Itulah tips dan rekomendasi produk untuk mengatasi pori-pori wajah yang besar. Terapkan secara rutin tips di atas agar efek yang dihasilkan maksimal.

Seluruh rekomendasi produk skincare di atas bisa kamu temukan di Shopee 8.8 Grand Beauty & Fashion Festival.

Lewat program belanja itu, kamu bisa menikmati gratis ongkos kirim (ongkir) dan diskon hingga 50 persen untuk semua produk Shopee mulai dari pukul 20.00.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com