Advertorial

Dinas Pendidikan Kabupaten Klaten Gelar Gebyar Inovasi Pendidikan SD

Kompas.com - 20/07/2023, 18:35 WIB

KOMPAS.com - Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Klaten, Jawa Tengah (Jateng), menggelar Gebyar Inovasi Pendidikan Sekolah Dasar (SD), pada Kamis (20/7/2023).

Adapun kegiatan tersebut diikuti oleh perwakilan siswa serta guru dan tenaga pendidik dari 26 koordinator wilayah (korwil) pendidikan Kabupaten Klaten.

Karya serta inovasi yang dihasilkan tenaga pendidikan dan guru dipamerkan dalam Gebyar Inovasi Pendidikan SD tersebut.

Kepala Disdik Klaten Titin Windiyarsih mengatakan, Gebyar Inovasi Pendidikan digelar dalam rangka mempercepat implementasi kurikulum merdeka belajar yang dicanangkan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia (Kemendikbud Ristek RI).

“Kegiatan tersebut juga ditujukan untuk mengolaborasi insan pendidikan, masyarakat, dan dunia usaha dalam mendorong fasilitasi guru dalam menciptakan profil belajar Pancasila,” ujar Titin dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Kamis (20/7/2023).

Selain itu, imbuh Titin, gelaran tersebut juga bertujuan untuk membangun kesadaran masyarakat serta insan pendidikan pentingnya investasi dan inovasi di bidang pendidikan.

Untuk diketahui, kegiatan tersebut dihadiri serta dibuka langsung oleh Bupati Klaten Sri Mulyani.

Pada kesempatan tersebut, Sri memaparkan sejumlah tantangan di era digital. Utamanya, bagi sektor pendidikan.

Menurutnya, para siswa harus dibekali pengetahuan serta keterampilan yang relevan dan kemampuan beradaptasi. Selain itu, siswa juga perlu ditunjang pengembangan karakter serta akhlak mulia sehingga dapat menjadi insan yang berbudi.

“Pendidikan pada era digital ini harus membekali siswa dengan pengetahuan, keterampilan yang relevan, dan kemampuan beradaptasi dengan cepat,” ungkapnya.

Ia juga menyampaikan apresiasi terhadap inovasi di bidang pendidikan. Salah satunya, guru penggerak, pengembangan sekolah interaktif terpadu, serta platform merdeka belajar.

Sri berharap, inovasi tersebut dapat melahirkan siswa yang berkarakter. Melalui inovasi pendidikan yang telah ditampilkan, Klaten tidak hanya memiliki lahan pertanian yang subur, tetapi juga mempunyai ide-ide segar, kreativitas, dan semangat berjuang dalam menciptakan perubahan dan peningkatan yang signifikan di bidang pendidikan.

“Saya ingin melihat Kabupaten Klaten menjadi wilayah yang cerdas, tangguh, bermartabat, dan mampu meraih penghormatan lebih tinggi melalui keberhasilan pendidikan,” kata Sri.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com