Advertorial

Perluas Akses Pembayaran Premi, BRI Jalin Kolaborasi dengan Prudential

Kompas.com - 21/07/2023, 15:02 WIB

 

KOMPAS.com – PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI menjalin kerja sama dengan PT Prudential Life Assurance (Prudential Indonesia) dan PT Prudential Sharia Life Assurance (Prudential Syariah) dalam proses collection angsuran premi atau kontribusi asuransi.

Kerja sama tersebut ditandai dengan penandatanganan memorandum of understanding (MoU) oleh Director of Institutional and Wholesale Business BRI Agus Noorsanto, President Director Prudential Indonesia Michellina Laksmi Triwardhany, dan President Director Prudential Syariah Omar Sjawaldy Anwar di Jakarta, Kamis (20/7/2023).

Adapun kolaborasi tersebut merupakan wujud komitmen BRI untuk menjangkau lebih banyak nasabah serta meningkatkan kemitraan strategis.

Tak hanya itu, dukungan fasilitas layanan perbankan yang diberikan merupakan bentuk nyata kehadiran BRI dalam mendukung inklusi keuangan di Indonesia. Upaya ini bertujuan untuk memberikan kenyamanan dan keamanan transaksi bagi para nasabah.

Agus mengatakan, kerja sama tersebut tidak hanya memberikan kemudahan bagi nasabah, tetapi juga bagi Prudential Indonesia dan Prudential Syariah dalam proses collection angsuran premi. Tak hanya itu, transaksi keuangan, seperti klaim asuransi, pun menjadi lebih efektif dan efisien.

“BRI berkomitmen memberikan integrated banking solution kepada nasabah. Salah satunya, dengan memberikan kemudahan pengelolaan transaksi keuangan yang dapat diakses melalui platform Qlola by BRI,” ujarnya dalam rilis pers yang diterima Kompas.com, Jumat (21/7/2023).

Sebagai informasi, Qlola by BRI merupakan solusi keuangan digital bagi perusahaan yang terintegrasi dengan satu kali sign on, seperti financial dashboard, cash management, supply chain management, dan foreign exchange (forex). Platform ini dilengkapi dengan fungsi multi-language.

Terkait solusi cash management, volume layanan Cash Management BRI tumbuh signifikan pada akhir Desember 2022, yakni sebesar 39,50 persen secara tahunan (year on year/yoy) ketimbang periode sebelumnya.

Untuk jumlah transaksi, tumbuh 71,85 persen yoy dari periode Desember 2022. Selain itu, Cash Management BRI juga telah digunakan lebih dari 60.000 perusahaan.

Tidak hanya proses collecting angsuran premi, kerja sama tersebut juga mencakup jasa layanan perbankan yang meliputi layanan pembayaran premi dan kontribusi asuransi melalui autodebit rekening BRI, direct debit BRI, serta kartu kredit BRI.

Selain itu, ada pula layanan transaksi BRI API Fund Transfer BRI dan BI-Fast yang memudahkan Prudential Indonesia dalam melakukan transaksi operasional perusahaan, seperti pembayaran klaim asuransi sehingga dapat memudahkan pemberian layanan kepada nasabah.

Perluasan kerja sama tersebut pun disambut baik oleh Prudential Indonesia dan Prudential Syariah. Untuk diketahui, keduanya telah menjalin kerja sama dengan BRI selama lebih dari satu dekade.

“Kerja sama ini sejalan dengan tujuan kami untuk mewujudkan masyarakat lebih sehat dan sejahtera. Salah satunya, membuka akses perlindungan yang lebih luas bagi nasabah dengan memberikan kemudahan pembayaran premi melalui autodebit rekening dan kartu kredit BRI yang tersedia pada platform PRUPaylink,” ungkap Michellina.

Fitur autodebit tersebut, imbuhnya, dapat membantu nasabah Prudential memastikan bahwa polis asuransi mereka tetap aktif sehingga perlindungan optimal tetap berjalan.

Selain itu, Michellina berharap, perluasan kerja sama melalui platform Qlola dapat memudahkan pengelolaan transaksi perusahaan menjadi lebih efektif dan efisien, terutama dalam pencatatan pembayaran premi yang dilakukan nasabah.

Senada dengan Michellina, Omar juga mendukung penuh kerja sama tersebut. Menurutnya, kolaborasi itu akan mempermudah sistem pembayaran premi para nasabah.

“Upaya ini juga sejalan dengan strategi perusahaan, yaitu inovasi, kolaborasi, dan digitalisasi yang berfokus pada kebutuhan nasabah yang beragam,” ujarnya.

Omar menambahkan, BRI telah menjadi partner strategis Prudential untuk jasa perbankan. Selain memberikan value added bagi pertumbuhan bisnis perusahaan, kerja sama itu juga memberikan kemudahan bagi nasabah kedua perusahaan dalam melakukan pembayaran premi ataupun kontribusi asuransi.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com