Advertorial

PEM Akamigas Wisuda 217 Mahasiswa Sarjana Terapan

Kompas.com - 21/07/2023, 16:05 WIB

KOMPAS.com - Politeknik Energi dan Mineral (PEM) Akamigas menggelar prosesi Wisuda Sarjana Terapan Tahun Ajaran 2022/2023 di Gedung Grha Oktana, Selasa (18/7/2023). Ini merupakan gelaran wisuda ke-52 yang dilaksanakan PEM Akamigas.

Sebanyak 217 sarjana terapan sektor minyak dan gas bumi (migas) mengikuti prosesi wisuda tersebut. Rinciannya, wisudawan dari Program Studi (Prodi) Teknik Produksi Migas sebanyak 42 orang, serta Teknik Pengolahan Migas 52 orang.

Selanjutnya, wisudawan dari Prodi Teknik Mesin Kilang 25 orang, Teknik Instrumentasi Kilang 44 orang, dan Logistik Migas 54 orang. Dari seluruh wisudawan tahun ini, 70 orang di antaranya mendapat predikat cum laude.

Direktur Jenderal (Dirjen) Migas Kementerian Energi dan Sumber daya Mineral (ESDM) Tutuka Ariadji hadir dalam gelaran wisuda tersebut mewakili Menteri ESDM Arifin Tasrif.

Turut hadir pula Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Kementerian ESDM Prahoro Nurtjahyo serta Direktur PEM Akamigas Erdila Indriani.

Prahoro mengatakan, alumnus PEM Akamigas memiliki potensi besar dalam mendukung pengembangan keanekaragaman penggunaan sumber energi di Tanah Air.

“Salah satu isu energi di Indonesia saat ini adalah perkembangan serta diversifikasi energi. Lulusan PEM Akamigas dididik untuk peka terhadap isu energi di Tanah Air serta adaptif dengan perkembangan energi. Mereka juga dituntut mampu memahami dan mengembangkan teknologi tersebut,” ujar Prahoro dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Kamis (20/7/2023).

Dalam rangka menuju world class polytechnic, PEM Akamigas menerapkan terobosan baru untuk meningkatkan kualitas pendidikan. Salah satunya, melalui penyusunan kurikulum untuk menyesuaikan dengan kebutuhan industri. (Dok. PEM Akamigas)

Strategi gaet industri

Pada kesempatan sama, Erdila Indriani mengatakan bahwa PEM Akamigas sebagai perguruan tinggi di bidang migas berhasil menerapkan pendidikan berkualitas. Hal ini terbukti dari sejumlah wisudawan yang telah diterima bekerja sebelum pelaksanaan wisuda.

Erdila menyebutkan, 1 wisudawan berhasil diterima sebagai karyawan di PT Tiara Vibrasindo Pratama, serta 11 wisudawan di PT SLB.

Adapun keberhasilan tersebut tak lepas dari upaya PEM Akamigas dalam mengimplementasikan business matching antara para wisudawan dengan sektor industri migas guna menyesuaikan kebutuhan pelaku industri.

“Kami melakukan sejumlah langkah agar alumnus dapat diserap oleh industri. Salah satunya, mempromosikan lulusan terbaik kepada industri energi dan industri penunjang energi. Tidak hanya itu, PEM Akamigas juga menjalankan program pembentukan karakter yang terintegrasi serta program lain untuk menyiapkan alumnus agar siap kerja,” terangnya.

Untuk diketahui, pada wisuda PEM Akamigas Tahun Ajaran 2022/2023, komposisi wisudawan terdiri dari jalur reguler sebanyak 74 orang (34 persen), wisudawan yang berasal dari pembiayaan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Aceh 19 orang (9 persen), serta Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kepulauan Aru 47 orang (22 persen).

Selain itu, Pemkab Kepulauan Talaud sebanyak 1 orang (1 persen), Pemkab Tanimbar 26 orang (12 persen), Pemkab Maluku Barat Daya 4 orang (2 persen), Pemkab Tanjung Jabung Barat 7 orang (3 persen), dan Pemerintah Kota (Pemkot) Prabumulih 25 orang (12 persen).

Tidak hanya itu, ada pula wisudawan yang berasal dari pembiayaan PT Petrochina International Jabung Ltd sebanyak 9 orang (4 persen), PT SAKA Indonesia Pangkah Ltd 3 orang (1 persen), serta pembiayaan Kementerian ESDM 2 orang (1 persen).

Deretan prestasi

Selain menyelenggarakan pendidikan bermutu, PEM Akamigas berhasil menorehkan sederet prestasi selama Tahun Ajaran 2022/2023.

Pertama, Gold Medal dan Special Award Tingkat Internasional oleh Tim Energie Verte pada World Invention Competition and Exhibition (WICE) 2022. Kompetisi ini diselenggarakan oleh Indonesian Young Scientist Association (IYSA) bekerja sama dengan Segi University Malaysia

Kedua, Medali Emas Internasional yang diraih Tim Kolonial Vyatra PEM Akamigas pada The 26th Moscow International Salon of Invention and Innovation Technologies “Archimedes” 2023.

Ketiga, Medali Emas Internasional yang dimenangkan Tim Azzurium PEM Akamigas dalam kompetisi Malaysia Technology Expo (MTE) 2023.

Ardila menambahkan, dalam rangka menuju world class polytechnic, PEM Akamigas menerapkan terobosan baru untuk meningkatkan kualitas pendidikan. Salah satunya, melalui penyusunan kurikulum untuk menyesuaikan dengan kebutuhan industri.

“PEM Akamigas senantiasa memperbarui kurikulumnya agar selalu relevan dengan kebutuhan industri saat ini. PEM Akamigas kini tengah menyiapkan kurikulum baru dengan menitik beratkan pada konsep Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) dan pemagangan. Kurikulum tersebut akan diterapkan pada Tahun Ajaran 2023/2024,” terangnya.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com