Advertorial

Tingkatkan Kompetensi Penanganan Kebakaran, Damkar Klaten Gelar Klaten Fire Safety Challenge 2023

Kompas.com - 22/07/2023, 19:48 WIB

KOMPAS.com - Pemadam Kebakaran (Damkar) Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Klaten menggelar Klaten Fire Safety Challenge 2023, Sabtu (22/7/2023).

Kepala Satpol PP Klaten Joko Hendrawan mengatakan, kompetisi tersebut bertujuan untuk meningkatkan kompetensi petugas penanganan gawat darurat kebakaran.

“Kompetisi ini merupakan yang perdana digelar di Klaten dan diikuti oleh tim penanganan bencana kebakaran dari berbagai instansi,” ujarnya dalam siaran pers, Sabtu.

Joko menjelaskan, 26 grup respons cepat penanganan kebakaran mengikuti Klaten Fire Safety Challenge 2023.

Mereka berasal dari instansi pemerintahan, Badan Usaha Milik Daerah (BUMD), perusahaan perbankan, rumah sakit, serta perusahaan-perusahaan di Kabupaten Klaten.

Masing-masing grup saling beradu skill penanganan kebakaran dalam ajang yang digelar di Jalan Sidoluhur, Alun-alun Klaten.

Joko berharap, kegiatan tersebut makin meningkatkan keselamatan dan antisipasi terhadap bencana kebakaran.

“Pengelola gedung harus selalu menjaga safety, menjaga keselamatan, dan antisipasi terhadap bahaya kebakaran sehingga mewujudkan ketangguhan,” paparnya.

Dia juga menyebutkan, kegiatan itu sekaligus menjadi evaluasi bersama terhadap pengelolaan dan manajemen keselamatan gedung.

Joko menyampaikan, dalam kondisi tertentu, sesuai dengan regulasi yang berlaku, pengelola gedung wajib membentuk tim penanganan cepat kebakaran.

“Ini menjadi kepentingan bersama, terutama berkaitan dengan keamanan penghuni gedung,” katanya.

Terdapat lima jenis lomba yang dipertandingkan dalam kompetisi tersebut, yakni pemadaman dengan teknik penyelimutan, pemadaman menggunakan alat pemadam api ringan (APAR), teknik menggelar menggulung selang, penyemprotan metode hidran, dan penyelamatan atau evakuasi korban kebakaran dan kondisi darurat.

Klaten Fire Safety Challenge 2023 juga digelar untuk memeriahkan hari jadi ke-219 Kabupaten Klaten dan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 Republik Indonesia.

Kegiatan itu dibuka Bupati Klaten Sri Mulyani bersamaan dengan senam zumba massal yang diikuti kader kesehatan di Alun-alun Klaten, Sabtu pagi.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com