Advertorial

Lewat Pesta Rakyat Simpedes, BRI Ajak UMKM “Pede Raih Peluang”

Kompas.com - 24/07/2023, 15:23 WIB

KOMPAS.com – PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI kembali menggelar acara tahunan Pesta Rakyat Simpedes (PRS). Kali ini, PRS diadakan di Stadion Siliwangi, Bandung, Jawa Barat (Jabar), pada Sabtu (22/7/2023) dan Minggu (23/7/2023).

Mengangkat tema “Pede Raih Peluang”, PRS menjadi upaya BRI untuk mendukung sektor usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) agar dapat mengembangkan pangsa pasar secara lebih luas.

Direktur Bisnis Mikro BRI Supari mengatakan, perseroan berkomitmen untuk mengajak seluruh UMKM semakin pede meraih peluang dan menjadi pemenang di masa depan.

“Penyelenggaraan PRS diharapkan mampu mengedukasi pengunjung dan UMKM untuk menggerakkan perekonomian nasional,” ujar Supari dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Senin (24/7/2023).

Supari melanjutkan, salah satu agenda PRS adalah gerebek pasar. Kegiatan ini diharapkan bisa meningkatkan literasi digital pelaku UMKM, terutama melalui penggunaan Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) sebagai metode pembayaran. Dengan demikian, jangkauan bisnis UMKM pun semakin meluas.

Adapun kegiatan tersebut menyasar 12 pasar tradisional Kota Bandung, yakni Pasar Ciroyom, Pasar Kosambi, Pasar Cihapit, Pasar Sadang Serang, Pasar Induk Gedebage, Pasar Ujungberung, Pasar Kiaracondong, Pasar Kembar Mas, Pasar Sederhana, Pasar Panorama Lembang, Pasar Sayati, dan Pasar Induk Caringin.

Upaya lain yang juga dilakukan BRI untuk memberdayakan UMKM adalah menginisiasi pengembangan ekosistem pasar secara digital lewat platform pasar.id. Kehadiran ekosistem pasar.id diharapkan dapat membantu pedagang tradisional go digital.

“Dengan pasar.id, pedagang pasar dapat berjualan secara daring sehingga menjangkau target pasar secara lebih luas,” kata Supari.

Sama seperti penyelenggaraan tahun lalu, PRS 2023 juga mengusung enam pilar. Pertama, jelas Supari, pilar Pawai yang memberikan sarana literasi digital kepada pelaku UMKM melalui penggunaan aplikasi BRImo beserta fitur-fiturnya. Pada pilar ini juga dimeriahkan dengan karnaval seni dan budaya.

Kedua, pilar Pasar, yakni bazar UMKM unggulan binaan BRI di Kota Bandung yang menghadirkan berbagai kategori produk, mulai dari makanan dan minuman, fesyen, hingga kerajinan. Semua transaksi pembelian produk UMKM ini wajib menggunakan aplikasi BRImo dan QRIS.

Ketiga, pilar Panen, yakni acara undian hadiah Simpedes untuk pengunjung dan pelaku UMKM, serta simbolis penyerahan hadiah program Panen Hadiah Simpedes.

Keempat, pilar Pojok X’Sis, yakni spot menarik untuk pengunjung beraktivitas dan menikmati keseruan PRS melalui photo box, kelas UMKM, pasar malam, kompetisi, dan game edukasi keuangan digital.

Kelima, pilar Peduli. Pilar ini merupakan salah satu bentuk kepedulian BRI untuk masyarakat sekitar.

“Kami menyediakan layanan pengecekan kesehatan gratis, program donor darah, tebus sembako murah, serta face painting dan nail art gratis. Pengunjung juga dapat menukar botol atau sampah plastik dengan voucer ratusan ribu rupiah,” ucap Supari.

Keenam, pilar Panggung yang dimeriahkan deretan artis Tanah Air, seperti Dewa 19 feat Virzha, Maliq & D’essentials, Feby Putri, dan Raissa Anggiani.

Sebagai informasi, pembelian tiket Pesta Rakyat Simpedes 2023 bisa dilakukan melalui laman www.pestarakyatsimpedes.com. Pengunjung juga bisa membeli tiket secara langsung di lokasi acara (on the spot) senilai Rp 1 dengan scan QRIS menggunakan aplikasi BRImo.

Jika belum memiliki aplikasi BRImo, pengunjung dapat mengunduh aplikasi dan menuju area registrasi.

Untuk diketahui, Pesta Rakyat Simpedes BRI 2023 berlangsung mulai Juli hingga September 2023 di 20 kota dan 362 titik di seluruh Indonesia.

Acara tersebut diselenggarakan secara langsung melalui kanal Youtube BRI dan siaran televisi nasional.

Informasi lebih lengkap mengenai penyelenggaraan Pesta Rakyat Simpedes 2023 dapat diakses melalui Instagram @bankbri_id atau laman bbri.id/PRS2023.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com