Advertorial

Ini Deretan Pemenang Sayembara Novel dan Manuskrip Puisi Dewan Kesenian Jakarta 2023

Kompas.com - 24/07/2023, 19:49 WIB

KOMPAS.com - Komite Sastra Dewan Kesenian Jakarta (DKJ) kembali menyelenggarakan Sayembara Sastra pada 2023.

Perhelatan yang telah dinantikan para publik sastra itu terdiri dari dua kategori, yakni Sayembara Novel dan Sayembara Manuskrip Puisi. Adapun sayembara ini dimulai pada Selasa (14/2/2023) dan ditutup pada Kamis (20/4/2023). 

Menurut Ketua Komite Sastra DKJ Hasan Aspahani mengatakan, program unggulan Komite Sastra itu masih menjadi acara yang dinanti-nanti dengan antusias oleh publik sastra. Sebab, acara ini dinilai dapat mewadahi minat dan semangat penulis Indonesia.

“Sejak awal pembukaan sayembara, jumlah peserta sudah cukup banyak. Itu artinya, minat dan energi para penulis kita ini masih tinggi. Secara tema juga beragam, dan ini juga menggembirakan. Kami memang ingin melihat bagaimana penulis menggarap tema-tema yang variatif dengan pendekatan dan penggarapan yang segar,” tutur Hasan dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Senin (24/7/2023).

Sayembara Novel sendiri telah menerima 366 naskah dari seluruh wilayah Indonesia dan mancanegara, seperti Jerman, Kamboja, Amerika Serikat, dan Turki. Ketimbang tiga gelaran sebelumnya, sayembara kali ini berhasil mengumpulkan entri naskah terbanyak.

Sementara itu, Sayembara Manuskrip Puisi telah menerima 431 naskah puisi dari seluruh Indonesia dan mancanegara, termasuk Amerika Serikat, Jerman, Italia, dan Rusia. 

DKJ menghadirkan tiga juri untuk masing-masing kategori. Dhianita Kusuma Pertiwi, Azhari Aiyub, dan Zaky Yamani bakal menjadi juri untuk Sayembara Novel. Sementara, juri Sayembara Manuskrip Puisi terdiri dari Inggit Putria Marga, Kiki Sulistyo, dan Royyan Julian.

Hasan menyatakan bahwa Sayembara Sastra DKJ menjanjikan pilihan gaya kepenulisan, genre, dan tema yang berbeda. Sayembara ini juga menjadi bukti kehadiran DKJ di ekosistem kesenian Indonesia. 

“Sejak 1974, sayembara DKJ telah beberapa kali berganti konsep, dari penghargaan buku ke naskah. Sayembara ini juga sempat vakum untuk waktu yang lama karena dianggap tidak ada naskah yang memenuhi standar kualitas. Sejak 1997 hingga 2023, sayembara novel terselenggara secara teratur setiap dua tahun, dan karya-karya yang terpilih semakin banyak ditawarkan. Sayembara ini berfungsi untuk mengingat tujuan awal pembentukan DKJ pada 1968, yaitu untuk menyelaraskan hubungan antara seni-hiburan dan seni-kreatif,” jelasnya.

Sayembara Novel DKJ 2023 telah menentukan tiga pemenang, yakni "Tersesat Setelah Terlahir Kembali" karya Yoga Zen sebagai pemenang pertama, "Leiden (2020–1920)" karya Hasbunallah Haris sebagai pemenang kedua, dan "Tukang Intip" karya Ida Fitri sebagai pemenang ketiga.

Adapun lima naskah yang menarik perhatian dewan juri, di antaranya "Melawat" karya Agil Fathurrohman, "Raksasa" karya Darwanto (Mashdar Zainal), "Rahim" karya Lila Prasasti Ratu Asih, "Teori Datangnya Tiga Wanita dan Keheningan Hari Minggu" karya Muh Syahrul Padli, dan "Tak Ada Embusan Angin" karya Aveus Har.

Sementara itu, tiga pemenang Sayembara Manuskrip Puisi DKJ 2023 adalah "Selamat Malam, Kawan!" karya Muhaimin Nurrizqy sebagai pemenang pertama, "Suatu Hari di Batas Ilmu Pengetahun" karya Heru Joni Putra sebagai pemenang kedua, dan "Gentayangan Puitika" karya Amos Ursia sebagai pemenang ketiga.

Lima naskah yang menarik perhatian dewan juri dalam kategori tersebut, antara lain "Kemana Perginya Benda-Benda yang Sudah Tiada" karya Darwanto (Mashdar Zainal), "Kutu-Kutu Joni" karya Lale Julia Fitri Gerhani Arungan, "Balai Desa dan Hantu-Hantu Nippon" karya Moh Romzul Falah Al Fillaily, "Antariksa Infinitium Absurdum" karya Nanda Alifya Rahmah, dan “Syekh Siti Jenar dan Sepinggan Puisi dalam Kobaran Api” karya Syaiful Alim.

Total hadiah untuk pemenang Sayembara Novel dan Manuskrip Puisi DKJ 2023 adalah Rp 100 juta. Rinciannya, Rp 25 juta untuk pemenang pertama, Rp 15 juta untuk pemenang kedua, dan Rp 10 juta untuk pemenang ketiga. Adapun penulis yang karyanya mendapat perhatian dari dewan juri mendapatkan Rp 3 juta.

Hadiah tersebut diserahkan dalam Malam Anugerah Sayembara Novel dan Sayembara Manuskrip Puisi DKJ 2023 yang digelar di Teater Kecil, Taman Ismail Marzuki, Jakarta, Sabtu (22/7/2023). Acara ini turut dimeriahkan oleh penampilan musisi ternama Tanah Air, Mondo Gascaro dan Oscar Lolang.

Acara tersebut didukung oleh Bank Mandiri, Gramedia, Penerbit Gramedia Pustaka Utama, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, Dinas Kebudayaan DKI Jakarta, Unit Pengelola Pusat Kesenian Jakarta Taman Ismail Marzuki (UPPKJ TIM), dan PT Jakarta Propertindo.

Malam Anugerah Sayembara Novel dan Sayembara Manuskrip Puisi DKJ 2023 juga didukung oleh sejumlah partner media, seperti Tempo.co, Kompas.com, Harian Kompas, Republika, The Finery Report, dan Dari Halte ke Halte.

Sebagai informasi, Komite Sastra juga mengadakan kelas penulisan kelas novel dan puisi yang bekerja sama dengan Gramedia Pustaka Utama.

Kelas yang diampu oleh Joko Pinurbo dan Eka Kurniawan tersebut berlangsung dari pukul 14.00 hingga 16.00 WIB di Gedung Ali Sadikin, Taman Ismail Marzuki. Kelas ini pun mendapat antusiasme besar dari para penggila sastra. Terbukti, kuota pendaftaran penuh dalam waktu kurang dari tiga puluh menit.

Laporan pertanggungjawaban Dewan Juri Sayembara Novel dan Sayembara Manuskrip Puisi DKJ 2023 dapat diakses melalui website resmi DKJ www.dkj.or.id.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com