Advertorial

Gelar Sambang Warga, Bupati Klaten Resmikan Taman Kuliner dan Salurkan Bantuan untuk Desa Katekan

Kompas.com - 25/07/2023, 18:55 WIB

KOMPAS.com – Bupati Klaten Sri Mulyani meresmikan Taman Kuliner Griya Sari Buana dengan melakukan penandatanganan prasasti di Pendopo Taman Kuliner Griya Sari Buana, Desa Katekan, Gantiwarno, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah, Selasa (25/7/2023).

Kegiatan tersebut turut dihadiri Asisten I Sekretaris Daerah Klaten, Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Direktur Utama Aneka Usaha, Kepala Puskesmas, camat wilayah dua, karang taruna, relawan desa, tokoh masyarakat, tokoh agama, dan tamu undangan.

Sri Mulyani menjelaskan, Desa Katekan merupakan daerah strategis karena berbatasan langsung dengan Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Oleh karena itu, pembangunannya harus diperhatikan.

“Pembangunan Taman Kuliner ini harus diselesaikan. (Oleh karena itu), mari bersama- sama kita berkolaborasi dengan bantuan bupati dan dana desa,” ujarnya dalam rilis pers yang diterima Kompas.com, Selasa.

Sri Mulyani bercerita, ia pernah mendatangi taman kuliner tersebut pada 2020 untuk acara pengukuhan karang taruna. Kini, setelah fasilitasnya dibangun, kondisinya jauh berbeda.

Camat Gantiwarno Lilis Yuliati mengatakan, Taman Kuliner Griya Sari Buana dibangun pada 2021 dengan anggaran dana desa dan bantuan keuangan Kabupaten Klaten.

“Di taman kuliner ini, ada 12 lapak kuliner produk unggulan desa, pendopo, musala, kolam renang anak, tujuh buah gazebo, pantry, gudang, dan meeting room,” terang Lilis.

Meski begitu, Lilis mengaku, masih ada beberapa fasilitas yang belum terbangun, yakni pagar keliling taman, ruang Badan Usaha Milik Desa (BUMDes), dan panggung.

“Kami mengucapkan terima kasih (atas) terwujudnya taman kuliner. (Kami juga) berharap ada bantuan lagi untuk melanjutkan pembangunan sehingga bisa dimanfaatkan masyarakat Katekan dan sekitarnya,” harap Lilis.

Bupati Klaten Sri Mulyani bantuan untuk 10 anak SD sejumlah Rp 4 juta di Pendopo Taman Kuliner Griya Sari Buana, Desa Katekan, Gantiwarno, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah, Selasa (25/7/2023).Dok. Pemkab Klaten Bupati Klaten Sri Mulyani bantuan untuk 10 anak SD sejumlah Rp 4 juta di Pendopo Taman Kuliner Griya Sari Buana, Desa Katekan, Gantiwarno, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah, Selasa (25/7/2023).

Selain meresmikan Taman Kuliner Griya Sari Buana, Sri Mulyani juga menggelar kegiatan Sambang Warga. Pada kesempatan ini, ia mengecek pembangunan, menyerap aspirasi warga, menghadirkan bazar murah, menghadirkan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) Gantiwarno, serta memberikan pelayanan gratis, seperti kesehatan, pelayanan kependudukan, dan pendidikan.

Dia juga menyerahkan bantuan dari Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) untuk 15 orang marbot dan muazin sebesar Rp 3 juta, dua jambanisasi senilai total Rp 5 juta, dan bantuan untuk 10 anak SD sejumlah Rp 4 juta.

Kemudian, bantuan dari Bank Klaten untuk 10 anak yatim dan tidak mampu dengan total Rp 2 juta dan bantuan dari Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Merapi kepada 10 warga miskin sejumlah Rp 2 juta.

Ada pula bantuan dari Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) berupa tanaman tembakau, cultivator, dan pupuk, serta bantuan dari Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk Dan Keluarga Berencana (Dinsos P3APPKB) Kabupaten Klaten untuk disabilitas, Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT DD), dan bantuan dari Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Klaten berupa bendera.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com