Advertorial

Tinjau Kawasan Bakauheni Harbour City, YLKI : Harus Terus Bersinergi untuk Tingkatkan Pelayanan

Kompas.com - 25/07/2023, 21:18 WIB

KOMPAS.com – PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) terus meningkatkan fasilitas dan layanan di Kawasan Terpadu Bakauheni Harbour City (BHC), Kabupaten Lampung Selatan, Lampung.

Hal tersebut merupakan upaya perseroan dalam menghadirkan wisata waterfront destination yang menarik bagi masyarakat dan wisatawan di wilayah Lampung Selatan.

Ketua Pengurus Harian Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) Tulus Abadi menilai, ASDP telah mempersiapkan konsep peningkatan pelayanan dengan matang. Konsep yang diusung pun sejalan dengan visi perseroan untuk menghubungkan masyarakat dan pasar melalui jasa penyeberangan-pelabuhan terintegrasi serta tujuan wisata waterfront kawasan BHC.

“Empat pilar yang harus diutamakan, seperti proses bisnis, product knowledge, infrastruktur, dan hospitality, setiap bagiannya harus bersinergi untuk meningkatkan pelayanan. ASDP telah menghadirkan pilihan bagi pengguna jasa dalam objektivitasnya meningkatkan pelayanan pelanggan,” ujar Tulus dalam rilis pers yang diterima Kompas.com, Selasa (25/7/2023).

Untuk diketahui, saat ini, pengembangan destinasi wisata waterfront di Pelabuhan Bakauheni masih terus berlangsung. Dengan kehadiran destinasi wisata ini, pengguna jasa dapat berlibur bersama keluarga dengan menyambangi Kawasan Menara Siger sambil menunggu jadwal keberangkatan.

Waterfront destination itu juga dilengkapi dengan Masjid BSI yang mampu mengakomodasi hingga 2.000 jemaah, area usaha mikro kecil dan menengah (UMKM), Menara Siger, creative hub, serta Housing Development dan Entrepreneurship Center BHC.

Selain itu, kawasan BHC juga terintegrasi dengan akses transportasi penyeberangan Merak-Bakauheni sebagai penghubung Pulau Sumatera dan Jawa.

Corporate Secretary ASDP Indonesia Ferry Shelvy Arifin mengatakan, BHC telah menjadi tujuan wisata baru bagi masyarakat dan wisatawan di wilayah Lampung Selatan. Kawasan ini dapat menjadi ikon wisata baru yang memberikan sumbangsih dalam meningkatkan jumlah pengguna jasa secara signifikan.

Hal tersebut tidak hanya menguntungkan ASDP dari segi pendapatan, tetapi juga kapal-kapal swasta yang menggunakan jasa sandar pelabuhan ASDP dan masyarakat sekitar.

"Salah satu destinasi theme park, yakni Krakatau Park, mampu menarik hingga 3.000 pengunjung pada hari pertama dibuka dan mencapai 4.477 pengunjung pada libur Idul Adha. Kehadiran BHC secara keseluruhan juga merupakan upaya perusahaan sebagai BUMN untuk turut menggerakkan perekonomian dan UMKM daerah,” katanya.

Dengan kehadiran area wisata baru yang mampu menarik wisatawan, imbuh Shelvy, perekonomian masyarakat juga akan meningkat.

Tak hanya itu, kawasan BHC juga akan memberikan multiplier effect, mulai dari membangkitan transportasi, penyerapan tenaga kerja lokal selama pembangunan dan saat pengoperasian, mengangkat seni dan budaya Lampung, hingga mengangkat produk unggulan UMKM lokal dan kuliner khas lampung.

Ke depan, ASDP melalui kawasan pariwisata terintegrasi BHC akan terus membangun kawasan pariwisata terintegrasi nasional sehingga dapat berkontribusi membangkitkan ekonomi rakyat, serta mewujudkan Lampung berjaya dan Indonesia yang maju dan sejahtera.

Diskon tiket masuk Krakatau Park

Sebagai informasi, Krakatau Park merupakan taman bermain yang mengusung konsep taman belajar dan rekreasi. Destinasi wisata ini punya beragam wahana yang siap menemani pengunjung. Saat ini, sebanyak 22 dari 26 wahana sudah beroperasi.

Salah satu wahana yang terdapat di Krakatau Park.Dok. ASDP Indonesia Ferry Salah satu wahana yang terdapat di Krakatau Park.

Berbagai wahana yang tersedia, di antaranya ferris wheels, taman bunga, galeri Krakatau, wahana air, 4D cinema, ghost house, bumper car, air bike, tornado, giant slide, airborne shoot, animal coaster, rodeo, dan dark side Krakatau.

Selain itu, Krakatau Park juga menyediakan wahana edutainment yang dapat memberikan wawasan baru bagi para pengunjung.

Harga tiket masuk reguler Krakatau Park pada Senin-Jumat (weekdays) dijual seharga Rp 180.000 per orang. Sementara, pada Sabtu-Minggu (weekend) dan hari libur nasional dibanderol Rp 200.000 per orang.

Pengunjung juga dapat memilih paket hemat dengan harga Rp 60.000 per orang untuk weekdays dan Rp 65.000 per orang saat weekend. Dengan paket hemat ini, pengunjung dapat menikmati lima wahana pilihan sepuasnya, seperti Galeri Sains, Taman TikTok, Istana Anak, Istana Air, dan Kebun Bermain.

Krakatau Park tengah menghadirkan promo berupa diskon tiket sebesar 50 persen yang berlaku hingga 31 Oktober 2023. Selain, pengunjung juga bisa menikmati potongan harga tambahan sebesar Rp 10.000 jika melakukan pembayaran secara nontunai melalui kartu debit, kredit, dan QRIS.

Melalui kehadiran Krakatau Park, ASDP menawarkan alternatif wisata dan hiburan yang menarik bagi pengguna jasa dan masyarakat umum dengan akses transportasi yang nyaman.

Informasi lebih lanjut tentang layanan Krakatau Park dapat diakses melalui website resmi https://bakauheniharbourcity.com/ dan akun Instagram @bakauheni.harbour.city.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com