Advertorial

Segudang Manfaat Quality Time dan Bonding dengan Si Kecil

Kompas.com - 26/07/2023, 09:05 WIB

KOMPAS.com – Istilah quality time bukanlah hal asing lagi, terutama dalam konteks hubungan orangtua dan anak. Dengan segudang manfaat, banyak pakar kesehatan menyarankan aktivitas tersebut dilakukan sesering mungkin.

Quality time adalah waktu yang dihabiskan orangtua dan anak dengan penuh perhatian, kasih sayang, dan kesenangan. Meski begitu, pelaksanaannya tidak selalu berupa aktivitas yang mahal atau mewah.

Orangtua bisa mewujudkan quality time bermakna hanya lewat hal-hal sederhana. Contohnya, makan bersama, bermain bersama, atau bercerita sebelum tidur. Intinya, Anda dan anak saling fokus satu sama lain dan bisa mengobrol dalam suasana penuh kehangatan.

Beragam manfaat quality time untuk anak

Quality time sangat penting bagi perkembangan fisik, emosional, dan kognitif anak. Dilansir dari artikel bertajuk “Building Social Bonds Connections That Promote Well-Being” yang dipublikasikan buletin News in Health pada April 2018, aktivitas tersebut dapat mendorong sistem imun anak bekerja lebih baik. Hal ini menjadikannya sehat sehingga tumbuh kembangnya lancar.

Selain itu, quality time juga dapat membantu anak untuk terbiasa menjalani hidup sehat, seperti makan teratur, berolahraga, atau tidur cukup. Kebiasaan baik ini bisa mengurangi risiko stres dan obesitas pada anak.

Dengan rajin melakukan quality time, anak juga akan merasa lebih dicintai dan dihargai, serta bahagia. Kepercayaan diri, kemandirian, dan empatinya pun akan meningkat.

Lebih dari itu, bila diisi dengan kegiatan edukatif, quality time bisa meningkatkan kecerdasan anak. Edukasi seperti mengenalkan warna, huruf, angka, tumbuhan, atau hewan, akan merangsang otak dan memori Si Kecil untuk semakin berkembang. Begitu pula dengan kreativitasnya.

Tip quality time berkualitas

Ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui agar quality time bersama Si Kecil tidak sekadar soal kebersamaan, tapi juga berkualitas sehingga ada dampak luar biasa bagi tumbuh kembangnya.

Pertama, tetapkan waktu khusus untuk melakukan quality time bersama Si Kecil. Misalnya, setiap malam selepas Anda bekerja atau pada jam tidur anak. Opsi lain, bisa dilakukan setiap akhir pekan. Pastikan Anda tidak melewatkan waktu atau mengubah agenda yang sudah ditentukan.

Jika Anda sibuk dengan pekerjaan atau urusan lainnya, akali dengan mencari waktu luang di antara kesibukan. Misalnya, Anda bisa menelpon atau mengirim pesan kepada anak saat istirahat kerja atau saat perjalanan pulang. Anda juga bisa memanfaatkan waktu libur atau cuti untuk menghabiskan waktu lebih lama dengan anak.

Kedua, matikan gawai, seperti ponsel, laptop, ataupun televisi. Hal ini akan membuat Anda dan anak lebih fokus dan tidak terdistraksi hal-hal lain. Anda juga bisa menghindari pekerjaan atau urusan rumah tangga yang bisa menunda atau mengurangi waktu bersama anak.

Ketiga, ikuti minat anak. Anda bisa menanyakan kepada Si Kecil mengenai aktivitas yang ingin dilakukan bersama saat quality time. Jika anak punya kesenangan melukis, menonton, atau bermain bola, temanilah ia melakukan hal tersebut.

Jika Anda dan anak memiliki perbedaan pendapat atau minat, carilah jalan tengah dengan mengajaknya berkompromi. Anda bisa bergantian memilih aktivitas yang ingin dilakukan bersama anak atau mencoba aktivitas yang disukai meskipun Anda tidak terlalu menyukainya.

Anda juga bisa menghargai dan mendengarkan pendapat anak meskipun berbeda dengan Anda.

Tidak ada salahnya juga bila Anda ingin mencoba hal-hal baru bersama anak selama ia menyukai. Contoh, berkemah, memasak cookies, atau berkebun.

Banyak bukan manfaat dari quality time dan bonding dengan si kecil? Aktivitas ini pun menjadi salah satu cara terbaik untuk menunjukkan cinta dan perhatian Anda kepadanya. Bila dilakukan secara rutin dan berkualitas, Anda dapat membantu anak tumbuh cerdas, sehat, dan bahagia.

Sembari mengagendakan quality time bersama anak, jangan lupa juga untuk memperhatikan asupan nutrisinya. Pasalnya, nutrisi yang baik turut berpengaruh pada kecerdasannya. Anda bisa memberikan susu pertumbuhan, seperti Morinaga MoriCare+ Triple Bifi, ke dalam menu hariannya.

Morinaga MoriCare+ Triple Bifi adalah susu pertumbuhan anak usia 1-3 tahun yang kaya akan arachidonic acid (AA) dan docosahexanoic acid (DHA). Seperti diketahui, kedua nutrisi tersebut punya peran penting dalam mengoptimalkan kecerdasan otak.

Tak hanya itu, susu tersebut juga diperkaya dengan probiotik triple bifidus dan serat pangan galakto-oligosakarida (GOS) yang dapat membantu kerja sistem saluran cerna.

Morinaga MoriCare+ Triple Bifi pun tinggi whey dan alfa-laktalbumin. Kandungan protein ini dapat membantu anak bertumbuh dan berkembang dengan ideal.

Lalu, beragam vitamin dan mineral esensial, seperti kalsium, magnesium, dan vitamin D, dengan formula disempurnakan juga ada dalam Morinaga MoriCare+ Triple Bifi.

Dengan sediaan varian rasa Madu dan Vanila, serta zero sugar, Morinaga MoriCare+ Triple Bifi disukai dan aman untuk anak.

Informasi lebih lanjut mengenai Morinaga MoriCare+ Triple Bifi bisa Anda dapatkan dengan mengeklik tautan ini.

Baca tentang
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com