Advertorial

Bosan di Rumah? Ini 7 Spot Wisata Menarik di Puncak Bogor untuk Manjakan Diri

Kompas.com - 27/07/2023, 07:00 WIB

KOMPAS.com - Akhir pekan merupakan waktu terbaik untuk memanjakan diri setelah disibukkan dengan urusan pekerjaan, sekolah, serta rumah tangga. Adapun aktivitas yang lazim dilakukan untuk memanjakan diri adalah berwisata.

Salah satu spot wisata yang banyak dikunjungi masyarakat di Jakarta dan sekitarnya adalah Puncak Bogor. Selain dekat, Kawasan Puncak juga menawarkan udara sejuk yang tak dapat ditemukan di kota-kota besar.

Pemandangan alam di kawasan tersebut juga masih asri sehingga dapat memanjakan mata wisatawan. Bila ingin menghabiskan waktu lebih dari satu hari, terdapat beragam pilihan villa Puncak untuk disewa.

Nah, biar momen liburanmu ke Puncak makin berkesan, inilah 7 kegiatan seru yang tak boleh kamu lewatkan selama berada di sana.

1. Mengunjungi Tea Bridge

Tea Bridge Gunung Mas berlokasi di Desa Tugu Selatan, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Kawasan ini merupakan tempat rekreasi berupa trek jembatan kayu sepanjang 260 meter yang membentang di tengah-tengah kebun teh.

Kawasan tersebut selalu ramai pengunjung yang ingin mencari spot foto Instagramable atau sekadar ingin bersantai pada akhir pekan. Selain menyaksikan hamparan kebun teh, pengunjung juga bisa melihat langsung kemegahan Gunung Pangrango.

Bila kondisinya sedang ramai, pihak pengelola biasanya akan membatasi jumlah orang yang akan naik ke jembatan. Adapun tiket masuk Tea Bridge Gunung Mas dibanderol Rp 15.000 per orang.

2. Memetik stroberi di Puncak Pass Farm

Ingin merasakan sensasi memetik stroberi langsung dari pohon? Kamu bisa mampir ke ke Puncak Pass Farm Bogor. Dengan membayar tiket masuk sebesar Rp 15.000, kamu bisa memetik stroberi sepuasnya dan menikmati jus stroberi gratis.

Bila hendak ke sini, sebaiknya kamu datang pada pagi hari. Tujuannya, supaya tidak kehabisan stroberi untuk dipetik. Selain kebun outdoor, Puncak Pass Farm juga menyediakan kebun indoor. Kamu bisa membawa pulang stroberi hasil panen dengan biaya Rp 80.000.

3. Mencicipi Sate Kambing Hanjawar

Selain identik dengan wisata alam, Puncak juga memiliki berbagai spot wisata kuliner yang lezat. Salah satunya adalah Hanjawar. Beroperasi sejak 1973, tempat makan ini memiliki hidangan sate kambing dan sup kambing yang mampu memanjakan lidah.

Tak heran bila warung makan tersebut seolah tak pernah sepi pengunjung, apalagi saat liburan. Kedai Sate Kambing Hanjawar buka pada pukul 10.00-02.00 WIB dan tidak memiliki cabang di tempat lain.

Selain sate dan sup, pengunjung juga bisa menikmati tongseng ayam atau kambing, olahan gurame, nasi goreng, dan karedok.

4. Menyantap Bakso Simpang Tugu 2

Rekomendasi tempat makan enak di Puncak berikutnya adalah Bakso Simpang Tugu 2. Kedai yang berlokasi dekat pintu keluar tol Ciawi dan Gadog ini sempat viral karena menyediakan aneka menu bakso enak dengan harga terjangkau.

Pengunjung bisa memilih berbagai menu bakso yang tersedia, mulai dari bakso daging seharga Rp 18.000, bakso urat Rp 18.000, bakso daging atau urat iga Rp 30.000, hingga bakso jumbo Rp 50.000. Terdapat juga menu ekstra tulang rangu yang dibanderol Rp 10.000. Tertarik mencoba?

5. Menikmati keindahan Telaga Saat

Telaga Saat bisa menjadi tempat wisata yang bisa dikunjungi bersama keluarga. Selama berada di sini, pengunjung akan disambut pemandangan asri Telaga Saat yang meneduhkan.

Keindahan tempat itu semakin eksotis dengan keberadaan kebun teh dan perbukitan yang mengelilingi danau.

Untuk menambah keseruan, pengunjung bisa mencoba wahana perahu rakit dan kano yang disewakan oleh pengelola. Kamu juga bisa menginap di Camp Hill atau menjajal glamping dengan infinity pool. Adapun tiket masuk tempat wisata ini seharga Rp 20.000.

6. Bermain paralayang

Ingin memicu adrenalin selama berwisata di Puncak? Kamu bisa mencoba wahana permainan paralayang. Olahraga ini cocok untuk kamu yang suka menguji keberanian atau ingin menikmati keindahan Puncak dari sudut berbeda.

Sejatinya, terdapat berbagai tempat paralayang di Puncak. Sebut saja, Fly Indonesia Paragliding di Bukit Paralayang, Flypuncak Air, Wisata Paralayang Puncak Cisarua, Paralayang Puncak Official, Paralayang Tandem Family, dan Paralayang Puncak Bogor. Selama mencoba paralayang, kamu akan dipandu oleh instruktur profesional.

Harga paralayang di Puncak pun bervariasi tergantung dari operator yang dipilih.

7. Wisata Bareng Keluarga di Taman Matahari

Jika ingin liburan santai bareng keluarga atau anak-anak, Taman Matahari layak dijadikan pilihan. Pasalnya, tempat wisata yang diresmikan pada 2007 ini merupakan tempat rekreasi keluarga terbesar dan terlengkap di Puncak.

Dengan membayar tiket seharga Rp 60.000, pengunjung bisa menjelajahi setiap wahana permainan sepuasnya.

Sebut saja, agrosawah atau sayur, taman burung, perahu kayak, water ball, sepeda air, perahu naga, paddle boat, menaiki roller coaster, X-Dimo, wahana trampolin, Citra Play Park, Fantasy Land, Glow in the Dark, motor all-terrain vehicle (ATV), serta rumah hantu.

Itulah tujuh kegiatan seru yang bisa kamu lakukan selama di Puncak. Sekarang kamu tidak perlu khawatir jika mencari tempat menginap di Puncak. Kini, kamu bisa #StaycationJadiHemat pakai Traveloka.

Lewat platform tersebut, kamu bisa menikmati diskon sampai Rp 500.000 setiap hari untuk pemesanan hotel dalam negeri dengan kode kupon STAYDIID. Promo ini juga berlaku untuk pemesanan hotel dekat Taman Safari Bogor. Jadi, tunggu apa lagi? Ayo, pesan kamarnya di Traveloka sekarang.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com