Advertorial

Cycling de Jabar 2023, Kolaborasi Wujudkan Kejuaraan Olahraga dan Dongkrak Potensi Daerah Kelas Dunia

Kompas.com - 27/07/2023, 09:08 WIB

KOMPAS.com – Kolaborasi Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat (Jabar) dan PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat dan Banten Tbk atau Bank BJB dengan Harian Kompas kembali menggelar ajang balap sepeda tahunan Cycling de Jabar 2023.

Sebagai informasi, etape pertama Cycling de Jabar 2023 digelar pada Sabtu (8/7/2023). Etape sepanjang 199,7 kilometer (km) ini dimulai dari Pantai Palangpang, Geopark Ciletuh, Kabupaten Sukabumi dan finis di Simpang 4 Rancabuaya, Kabupaten Garut.

Sementara itu, etape kedua digelar pada Minggu (9/7/2023). Etape sepanjang 169,3 km ini serta dimulai dari Villa Jaya Sakti, Rancabuaya, dan finis di Alun-alun Paamprokan, Pangandaran.

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengatakan, Cycling de Jabar merupakan langkah nyata Pemprov Jabar dalam mempromosikan keunggulan daerah. Pesepeda memulai perjalanan dari Sukabumi hingga Pangandaran. Selama perjalanan, 146 pesepeda akan melintasi Cianjur, Garut, dan Tasikmalaya.

“Ratusan kreativitas dan potensi wisata dari selatan Jabar bisa dikembangkan lewat gelaran Cycling de Jabar 2023. Semakin banyak promosi, semakin banyak pula masyarakat mengenal potensi wisata, pertanian, perikanan, dan peran wilayah selatan Jabar dalam menekan dampak perubahan iklim,” ujar pria yang akrab disapa Kang Emil itu dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Rabu (26/7/2023).

Kang Emil berharap, gelaran Cycling de Jabar 2023 dapat terus berlanjut dan menjadi event kelas dunia dengan berbagai peningkatan, baik dari segi peserta, penyelenggaraan, jumlah hadiah, maupun infrastruktur.

“Semoga Cycling de Jabar 2023 dapat melegenda. Ketika (mendengar soal) Jabar, orang akan teringat Cycling de Jabar,” kata Kang Emil.

Klasifikasi umum

Pada Cycling de Jabar 2023, Angga Dwi Wahyu Pramesta menjadi pemenang klasifikasi umum Men Elite dengan total catatan waktu 11 jam 2 menit 28 menit dari hasil etape pertama dan etape kedua.

Posisi kedua ditempati oleh Maulana Astnan Al Hayat dengan catatan waktu 11 jam 4 menit 51 detik. Sementara itu, Jamalidin Novardianto harus puas berada pada posisi ketiga dengan catatan waktu 11 jam 7 menit 53 detik.

Ratusan kreativitas dan potensi wisata dari selatan Jabar bisa dikembangkan lewat gelaran Cycling de Jabar 2023.Dok. Bank BJB Ratusan kreativitas dan potensi wisata dari selatan Jabar bisa dikembangkan lewat gelaran Cycling de Jabar 2023.

Adapun juara klasifikasi umum Women Elite diraih oleh pebalap sepeda jebolan pelatihan nasional (pelatnas), yakni Magh Firotika Marenda. Dia mencatatkan total waktu 12 jam 51 menit 45 detik.

Kemudian, posisi kedua diraih Gita Widya Yunika dengan catatan waktu 13 jam 12 menit 33 detik. Adapun Ghea Agustin berada pada posisi ketiga dengan catatan waktu 13 jam 28 menit 23 detik.

Ngawulang Elmu

Untuk diketahui, dalam rangkaian menyambut Cycling de Jabar 2023, Harian Kompas juga menggelar diskusi bertajuk “Ngawulang Elmu”.

Acara diskusi yang digelar di Balai Desa Ciwaru, Ciletuh, Palabuhanratu, Jumat (23/6/2023), itu menghadirkan tiga orang pembicara.

Pertama, Ketua Bidang Edukasi Ciletuh Palabuhanratu Unesco Global Geopark (CPUGGp) Yudi Panca Yoga yang mengangkat tema “Dari Rumah Jadi Singgah”.

Kedua, General Manager Santika Sukabumi Willy Hizkia yang mengangkat tema “Uniknya Homestay berstandar Hotel”.

Ketiga, perwakilan Sentra Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Wilayah Bandung Bank bjb Eka Yudhistira yang mengangkat tema “Financial Management”.

Diskusi tersebut digelar sebagai sarana edukasi untuk memaksimalkan potensi daerah dan memberdayakan masyarakat di Ciletuh.

Sebagai informasi, Cycling de Jabar 2023 diselenggarakan oleh Harian Kompas berkat kerja sama Bank BJB, Pemprov Jabar, Smiling West Java, Geopark Ciletuh, , PLN, Kahf, Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan, Counterpain, Isoplus, Aqua, Redbull, Siloam Hospital, Sasana Husada, SNP, SRAM, Cyclopedia, Grand Pangandaran, dan Villa Allure.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com